Kelebihan Wired dan Wireless Yang Perlu Anda Ketahui

Jaringan Kabel Atau Wired

Kelebihan Wired dan Wireless dapat mendukung kita dalam mendapatkan koneksi internet. Di era kemajuan teknologi seperti saat ini, penggunaan internet tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Seperti kita ketahui bahwa koneksi internet dapat diperoleh dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan kabel LAN atau biasa dikenal dengan Ethernet atau fixed broadband dan dengan cara kedua yaitu Wifi atau jaringan nirkabel. Agar lebih mengenal kedua jenis jaringan tersebut, Anda dapat menyimak kelebihan jaringan Wired dan Wireless berikut ini!

Kelebihan Jaringan Kabel Atau Wired

Jaringan Kabel Atau Wired

  1. Memiliki transmisi yang tinggi

Wired LAN memiliki kecepatan transmisi yang tinggi, terlebih jika kabel yang digunakan adalah kabel fiber optik. Cara kerja fiber optik sebagai media transmisi yang relatif cepat. Hal ini yang menjadi daya tarik bagi user untuk menggunakan jaringan Wired ini.

  1. Biaya pemasangan dan implementasi yang lebih murah dibandingkan dengan Wireless

Biaya yang diperlukan untuk memasang dan mengimplementasikan jaringan Wired cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan jaringan Wireless. Dengan menggunakan jaringan Wired LAN, Anda tentu saja dapat menekan budget yang harus dikeluarkan.

  1. Kabel mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau

Kabel jaringan merupakan perangkat keras yang dibutuhkan oleh jaringan Wired LAN. Untuk mendapatkan kabel jaringan tersebut, biasanya harganya relatif terjangkau. Jaringan yang berbasis kabel merupakan bentuk jaringan komputer yang sangat ekonomis sehingga sangat cocok digunakan oleh sebuah usaha berskala kecil ataupun rumahan.

  1. Kondisi jaringannya lebih stabil

Jaringan menggunakan kabel dinilai lebih memiliki kondisi yang lebih stabil dan lebih tahan terhadap cuaca. Meskipun cuaca sedang buruk, jaringan Wired tidak akan terpengaruh dan biasanya lebih stabil jika dibandingkan dengan jaringan Wireless.

  1. Compatible dengan banyak alat elektronik

Jaringan Wired sangat compatible dengan berbagai macam alat elektronik, seperti laptop maupun smartphone. Jadi para user tidak perlu khawatir apakah perangkatnya dapat terhubung atau tidak dengan jaringan kabel tersebut karena jaringan ini didesain untuk compatible dengan peralatan elektronik.

Kelebihan Jaringan Wireless

Kelebihan Jaringan Wireless
Kelebihan Jaringan Wireless

Kelebihan Wired dan Wireless memudahkan kita dalam menikmati akses internet. Nah, sebelumnya kita telah membahas tentang kelebihan jaringan kabel, selanjutnya kita akan membahas tentang kelebihan jaringan Wireless.

  1. Tidak memerlukan instalasi kabel yang panjang

Untuk bisa digunakan, jaringan Wireless tidak membutuhkan kabel seperti pada jaringan Wired LAN. Hal ini merupakan kelebihan yang utama dari jaringan Wireless. Karena itu,  Anda tidak akan merasa kerepotan menyiapkan kabel yang panjang dan memakan banyak space di ruangan.

  1. Cocok untuk digunakan pada jaringan yang cakupan areanya luas

Karena tanpa kabel alias bersifat nirkabel, Wireless dapat diaplikasikan pada sebuah jaringan yang memiliki cakupan area yang sangat luas. Maka dari itu, jaringan Wireless ini memungkinkan setiap orang yang berada di belahan dunia manapun dapat terhubung ke dalam jaringan.

  1. Memiliki kecepatan transfer data yang cenderung stabil

Meskipun ada yang berpendapat bahwa transmisi data pada jaringan Wired lebih cepat dibandingkan jaringan Wireless, namun sebenarnya jika Anda menerapkan tipologi jaringan komputer yang baik, maka jaringan Wireless juga bisa memiliki kecepatan transfer data yang stabil.

  1. Memungkinkan sebuah hardware bekerja di dalam jaringan portable

Karena tidak adanya kabel pada perangkat elektonik membuat peralatan elektronik tersebut sangat mudah untuk dibawa kemanapun Anda pergi. Sifatnya yang portable membuat Anda tak lagi harus repot-repot membawa kabel untuk perangkat yang Anda gunakan. Hal ini akan meningkatkan kepraktisan serta utilitas dari sebuah perangkat elektronik yang Anda pakai sehari-hari.

  1. Kekuatan sinyal masih dapat diperkuat dengan menggunakan alat seperti antena

Jika Anda merasa sangat terganggu dengan masalah sinyal Wireless pada perangkat telekomunikasi Anda, kini Anda tak perlu terlalu khawatir. Saat ini sudah ada solusi yang cukup mudah untuk mengakali masalah sinyal Wireless yang jelek. Anda dapat menggunakan beberapa peralatan tambahan, seperti antena tambahan, maupun peralatan penguat sinyal yang lainnya agar sinyal Wireless pada perangkat Anda menjadi lebih baik. Dengan demikian Anda tak akan lagi merasa kesal saat tiba-tiba sinyal Wireless pada perangkat Anda menjadi  tidak stabil.

Demikianlah beberapa kelebihan Wired dan Wireless. Semoga artikel ini menambah wawasan bagi Anda.

 

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *