4 Kelebihan dan Kekurangan Printer Wireless yang Penting Diketahui

Printer Wireless

Kelebihan dan kekurangan printer wireless – Teknologi memang selalu berubah an membawa ke arah yang lebih baik atau kadang malah kurang baik.  Produk untuk komputer selalu berkembang dan  berubah ke arah yang lebih baik dan canggih. Salah satu yang berubah saat ini adalah printer. Printer yang dulunya menggunakan banyak kabel untuk melakukan koneksi sekarang sudah bisa menggunakan wireless. Wireless adalah teknologi yang terhubung tanpa kabel. Meski terlihat canggih namun teknologi ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak hanya printer saja mouse pun kini sudah ada yang wireless begitu pula dengan keyboard. Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan printer wireless ini simak kelebihan dan kekurangan printer wireless berikut ini:

Lebih Hemat

Printer Wireless
Printer Wireless

Kelebihan dan kekurangan printer wireless yang pertama adalah lebih hemat perangkat. Printer yang menggunakan teknologi wireless ini tidak perlu menggunakan komputer tambahan yang mana dijadikan sebagai server. Untuk bisa terhubung dengan host atau jaringan lain adalah printer cukup diberikan IP address dan nama setelah itu printer tersebut bisa digunakan secara bersama-sama melalui koneksi data dan juga jaringan yang ada.

Hemat Listrik

Konsumsi listrik pada printer wireless ini sangat kecil dibandingkan dengan kondisi standby atau tidak ada aktivitas. Anda bisa bayangkan jika menggunakan komputer tambahan sebagai printer server tentu biaya listriknya akan lebih besar. Dalam kondisi standby printer hanya membutuhkan kurang lebih 0 watt data, sedangkan sebuah komputer bisa di atas 100 watt, Jadi sudah bisa diketahui betapa hematnya menggunakan printer dengan teknologi wireless ini. Sedangkan un tuk komputer bisa di atas 100 watt sehingga bisa dipastikan betapa hematnya printer satu ini.

Mobilisasi yang Tinggi

Kelebihan printer wireless ini adalah mobilisasi yang tinggi. Printer jenis ini bisa diakses dimana saja selama koneksi WiFi dari printer bisa ditangkap oleh komputer host. Anda tidak perlu mencabut atau mencolok kabel printer ke komputer atau berpindah-pindah tempat. Cukup duduk di manis di tempat kerja Anda sudah bisa mencetak dokumen dan setelah selesai Anda bisa mendatangi printer untuk mengambil hasilnya.

Hemat Waktu dan Energi

Kelebihan dari printer wireless yang terakhir adalah hemat waktu dan juga energi.  Jika printer biasa menggunakan koneksi dengan USB atau secara paralel tentu banyak langkah yang harus dilakukan untuk bisa mencetak dokumen dan perangka yang tida memiliki koneksi USB dan paralel. Misal untuk bisa mencetak dokumen maupun foto dari smartphone dilakukan dengan bebera langkah tentu hal itu akan membuang waktu dan juga energi.

Anda harus menyalakan komputer terlebih dahulu kemudian menyiapkan file yang akan dicetak, kemudian lakukanlah koneksi ke printer, baru Anda bisa mencetak dokumen. Dengan menggunakan teknologi wireless ini Anda akan lebih hemat waktu dan energi karena Anda tidak perlu menyiapkan berbagai macam perangkat untuk bisa mencetak dokumen. Tidak hanya itu saja gangguan pada kabel penghubung printer dan komputer bisa diminimalisir.

Kekurangan

Selain memiliki banyak kelebihan, wireless ini juga memiliki kekurangan. Koneksi jaringan wireless ini sama dengan internet router dimana jika ada gangguan jaringan akan menyebabkan kebingungan sehingga printer bisa berjalan lebih lambat atau bahkan mengalami offline. Kekurangan yang paling terasa adalah tingkat keamanannya. Pihak luar bisa saja mengakses perangkat printer tersebut untuk menciptakan gangguan dan error. Selain itu jika Anda salah dalam mengirimkan tugas dan dokumen ke printer lain membuat dokumen tersebut menjadi tidak aman terutama jika dokumen Anda sifatnya sensitif atau bersifat rahasia.

Kekurangan yang terakhir adalah printer wireless ini harganya lebih mahal dibandingkan dengan printer biasa, selain itu fitur yang dimiliki oleh masing-masing printer ini berbeda sehingga Anda harus bersikap jeli dalam memilih printer wireless terbaik.

Kelebihan dan kekurangan printer wireless ini layak untuk Anda pertimbangkan sebelum membelinya karena jangan sampai Anda salah memilih printer terlebih lagi harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan harga printer biasa.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *