Kelebihan dan Kekurangan IP Camera yang Wajib Anda Tahu!

IP Camera

Kelebihan dan kekurangan IP camera – IP camera menjadi sebuah kamera digital yang memiliki alamat internet atau Internet Protokol dan memiliki fitur istimewa yang tidak dimiliki oleh kamera CCTV standard. Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang IP camera. IP Camera sering dibanding-bandingkan dengan CCTV analog. Kamera CCTV analog  bisa di akses dari jarak kejauhan sedangkan untuk bisa menghubungkan kamera dengan DVR harus memiliki fungsi jaringan.

Untuk IP Camera ini sudah memiliki fungsi jaringan sehingga Anda tidak harus menggunakan alat tambahan. Sistem kamera CCTV analog dan IP camera pada umumnya menyediakan fungsi akses jarak jauh serta fungsi tablet-PC dan smartphone. Yang membedakan IP camera dan CCTV analog ini adalah fungsinya jauh lebih lengkap dibandingkan dengan sistem pada kamera CCTV analog. Untuk bisa mengenal IP camera lebih jauh, simak kelebihan dan kekurangan IP camera di bawah ini:

Kelebihan

 IP Camera
IP Camera

Kelebihan dan kekurangan IP camera menjadi hal pertama yang harus dipertimbangkan jika ingin membeli IP camera ini. Tanpa mengetahui kelebihan dan kekurangannya dikhawatirkan fungsi dari IP camera ini tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.  Kelebihan yang pertama adalah solusi biaya yang rendah untuk pengawasan. Dengan menggunakan IPC camera ini Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk instalasi, komponen, biaya bulanan atau tahunan, dan juga biaya pemeliharaan.  Keuntungan selanjutnya adalah wireless sehingga Anda bisa menjaga rumah, kantor, dan ruang pribadi bersih dari kabel.

Dengan menggunakan IP camera perangkat juga bisa diakses di setiap tempat selama ada internet. Anda juga bisa melihat secara langsung apa yang sedang terjadi di rumah, di lokasi bisnis, dan di kantor secara langsung. Kelebihan yang terakhir adalah dengan IP camera ini mudah dalam melakukan penginstalan dan juga lebih user friendly. Anda bisa melakukan penginstalan dengan mengikuti instruksi yang sudah disediakan.

Kekurangan

CCTV analog dan IP camera ini memiliki kelemahan masing-masing. Meski dianggap sebagai kamera pengintai modern namun tetap saja IP camera ini juga memiliki kelemahan.  Kelemahan yang pertama adalah ketika terpasang langsung ke internet kemungkinan besar pihak lain akan bisa mengakses IP camera Anda dan sistem pada IP camera tersebut rentan untuk di hack. Kelemahan selanjutnya adalah membutuhkan bandwidth yang besar agar bisa menyimpan video. Dibutuhkan sekitar 3mbps untuk bisa menyimpan video dengan resolusi 640×400. Ketika IP camera langsung menggunakan jaringan wireless dibutuhkan infrastruktur yang kuat.

Kekurangan IP Camera
Kekurangan IP Camera

IP camera ini harganya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan CCTV analog dan kelemahan yang terakhir adalah rentan terhadap listrik yang tidak stabil. Bisa dikatakan bahwa IP camera ini sangat tidak cocok dipasang di kawasan yang listriknya tidak stabil karena harus melakukan setting ulang saat listrik mati.

Tips Memilih IP Camera

Tidak hanya kelebihan dan kekurangan IP Camera saja yang harus diperhatikan, namun tips memilih IP Camera pun harus diperhatikan. Alasannya adalah salah dalam memilih IP camera hanya akan membuat alat tersebut tidak bisa berfungsi secara maksimal. Kelebihan yang pertama adalah cek keaslian produk. Pilih IP Camera yang dijual di toko resmi atau toko yang memiliki kredibilitas yang bagus.

Tips yang terakhir adalah garansi produk. Jangan hanya tergiur dengan IP camera yang harganya murah namun pilih yang ada garansinya dimana garansi ini sangat bermanfaat untuk membuat Anda sebagai konsumen haknya lebih terlindungi. Tidak jarang ada IP camera yang memiliki cacat bawaan pabrik sehingga membuat fungsinya menjadi kurang maksimal.

Semoga dengan membaca kelebihan dan kekurangan IP camera di atas, Anda bisa mengetahui seperti apa kebutuhan Anda, apakah membutuhkan CCTV atau IP Camera karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *