Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing yang Wajib Diketahui!

cloud computing

Kelebihan dan kekurangan cloud computing – Cloud computing adalah komputasi awan yaitu menjadi gabungan memanfaatkan teknologi komputer dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet atau awan. Sederhananya adalah cloud computing ini merupakan cara bagi komputer agar bisa bekerja sama dengan layanan internet tujuannya agar bisa melakukan aktivitas yang berhubungan dengan data dimana data dari komputer akan disimpan ke dalam internet. Dinamakan cloud karena sifatnya seperti awan yaitu sesuatu yang abstrak atau disembunyikan sehingga orang lain bisa mengakses internet sistem informasi namun user tersebut tidak akan bisa melihat secara detail bagaimana prosesnya.

cloud computing
cloud computing

Komputer yang menggunakan komputasi awan itu artinya menjadikan internet sebagai pusat server untuk menyimpan data dan mengelola aplikasi pengguna.  Dalam penggunaan cloud computing tersebut tidak akan terlepas dari kekurangan dan kelebihan, sehingga sebelum memutuskan untuk menggunakannya pahami dulu kelebihan dan kekurangan cloud computing tersebut.

Kelebihan

Setiap hal pasti ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu pula dengan cloud computing ini dimana kelebihan dan kekurangan cloud computing ini bagaikan  dua sisi yang harus diketahui satu sama lain. Sebelum membahas kekurangannya ada baiknya jika membahas kelebihan dari cloud computing terlebih dahulu seperti berikut ini:

  1. Mudah di akses dan fleksibel

Kelebihan dari cloud computing yang pertama adalah mudah dan juga fleksibel.  Karena menggunakan cloud computing maka data Anda akan disimpan di internet sehingga akan mudah mengakses data tersebut kapan pun dan dimana pun asalkan perangkat yang Anda gunakan tersebut terhubung dengan internet.

  1. Murah dan hemat

Kelebihan selanjutnya dari cloud computing ini adalah murah dan hemat. Penggunaan cloud ini sangat hemat terutama untuk alokasi perangkat keras dimana memungkinkan bagi perusahaan atau instansi mengurangi infrastruktur komputer yang aman memerlukan biaya pengadaan dan juga perawatan yang cukup besar.

  1. Skala penyimpanan mudah diatur

Cloud computing menawarkan penyimpanan yang sesuai permintaan pengguna sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jika membutuhkan penyimpanan yang lebih besar Anda bisa menambah kapasitas penyimpanan pada cloud Anda begitu pula sebaliknya. Pengguna akan mudah melakukan manajemen data baik untuk mengurangi maupun mereproduksi data yang disimpan di server cloud.

  1. Aman

Kelebihan yang terakhir adalah penggunaan cloud computing ini jauh lebih aman. Anda tidak perlu ragu dalam menggunakan cloud computing karena sudah pasti aman asalkan Anda memiliki partner yang sudah memiliki sertifikat dan ter standarisasi ISO.

Kekurangan

Kekurangan dari cloud computing ini jauh lebih sedikit dibandingkan dengan kelebihannya. Kekurangan yang paling terasa adalah sangat bergantung dengan koneksi internet. Internet ini menjadi jalan satu-satunya agar bisa masuk ke cloud computing. Saat tidak ada koneksi internet maka jalur untuk menuju ke cloud computing ini menjadi bermasalah dan akses Anda ke cloud akan menjadi terputus. Di sinilah hambatan terbesar penggunaan cloud computing di Indonesia karena belum semua wilayah terjangkau dengan akses internet yang bagus.

Kekurangan yang kedua adalah dengan menggunakan cloud computing ini Anda mempercayakan sepenuhnya keamanan dan kerahasiaan data kepada cloud provider sehingga Anda harus mencari partner terpercaya yang sudah memiliki sertifikat atau sudah ter standarisasi ISO untuk menjaga keamanan data Anda.

Penerapan dalam Instansi Pendidikan

Cloud computing kini diterapkan ke dalam berbagai aspek tidak hanya dalam dunia bisnis namun juga ke dunia pendidikan, dengan cloud computing bisa memangkas biaya pembelian hardware dan juga software. Instansi pendidikan hanya perlu membayar per bulan sesuai dengan layanan yang diperoleh dan tanpa dikenakan  biaya tambahan.

Demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan cloud computing yang wajib untuk diketahui, semoga informasi in bermanfaat bagi Anda.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *