Jenis Topologi yang Baik untuk Sebuah Perusahaan

Topologi Ring

Topologi yang baik untuk sebuah perusahaan – Ketika akan menginstalasi jaringan komputer, kita diharuskan mengetahui terlebih dahulu topologi mana yang terbaik untuk dipakai. Bagi yang belum tahu, topologi adalah konsep atau cara yang dipakai untuk menyambungkan beberapa komputer ke dalam satu jaringan. Dan topologi jaringan pada setiap komputer memiliki perbedaan, baik dari segi fisik maupun kecepatan transfer datanya.

Topologi jaringan ini juga memiliki beberapa jenis sehingga masing-masing jenisnya punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Dan jenis yang ada saat ini sangatlah banyak, namun pada ulasan kali ini kami hanya akan membahas beberapa jenis topologi yang baik untuk sebuah perusahaan. Sehingga Anda bisa mempertimbangkan topologi mana yang akan dipakai. Untuk leih jelasnya langsung saja simak ulasan berikut ini.

Topologi Ring

Topologi Ring
Topologi Ring

Sesuai namanya yang berarti cincin, maka topologi ini memiliki sistem jaringan yang berputar melingkar dari satu komputer server ke beberapa komputer dan kembali lagi ke server tersebut. Seluruh informasi data yang diperoleh akan diperiksa IP Addressnya oleh setiap terminal yang dilewati.

Topologi ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya yaitu proses instalasi yang mudah ketika hendak menghubungkan dengan perangkat baru. Penggunaan kabel LAN pada Topologi Ring ini juga cenderung sedikit sehingga bisa lebih efisien, terutama dari segi pengeluaran biaya.

Namun topologi ini memiliki kekurangan, terkadang ada tabrakan data yang terjadi akibat penghubungan server yang bergerak secara searah. Namun hal ini masih bisa ditoleransi karena pada dasarnya hal seperti itu tidak mengganggu secara signifikan dan masih bisa dibenahi.

Jadi untuk perusahaan dengan skala kecil, yaitu penggunaan komputer yang tidak terlalu banyak masih bisa menggunakan topologi ini secara efektif. Terutama bagi perusahaan yang masih belum memiliki manajemen IT tersendiri, maka topologi ini bisa digunakan karena mudah proses instalasinya.

Topologi Bus

Topologi Bus

Topologi yang satu ini cocok untuk perusahaan yang ingin setiap komputer memiliki akses tersendiri, seperti misalnya untuk print naskah atau memiliki kuasa mengoperasikan sebuah komputer secara penuh. Pada dasarnya sistem pengoperasian topologi bus seperti halnya terminal yang mana setiap data akan transit di seluruh komputer yang terhubung pada terminal server utama.

Topologi ini juga tidak terlalu banyak menggunakan kabel sehingga proses instalasinya cukup mudah. Bahkan untuk menambahkan komputer client yang baru juga bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Topologi Star

Topologi Star
Topologi Star

Jaringan topologi star memiliki pola hubungan yang terpusat pada HUB/Switch sebagai konsentrator. Dari sini komputer server utama akan mentransfer file ke konsentrator dan kemudian dihubungkan ke semua komputer client.

Kelebihan dari topologi ini adalah tingkat keamanan data yang sangat tinggi. Karena data yang ada tidak terhubung langsung dari server ke berbagai komputer, maka ketika ada salah satu kabel komputer yang rusak, hal itu tidak akan mempengaruhi kinerja komputer client yang lainnya. Bisa dikatakan jika topologi star adalah jenis topologi yang cocok untuk perusahaan database dengan skala menengah yang mana membutuhkan tingkat keamanan data tinggi.

Namun walau demikian, topologi jaringan ini juga dinilai memiliki beberapa kelemahan. Seperti halnya tingkat instalasi yang rumit, baik di tahap awal maupun saat ingin menambahkan client baru. Sehingga bagi Anda yang ingin menerapkan topologi ini sebaiknya menggunakan jasa pelayanan IT manajemen yang profesional.

Nah, demikianlah ulasan singkat seputar pemilihan topologi yang baik untuk sebuah perusahaan. Pastinya pemilihan topologi ini harus disesuaikan dengan kebutuhan agar jaringan tetap aman dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *