Jenis Secondary Storage dan Perbedaannya dengan Primary Storage

Jenis jenis secondary storage – Bagi Anda yang sering menggunakan komputer, tentunya sudah sangat paham apa yang dimaksud dengan secondary storage. Walau begitu, masih ada saja yang belum mengetahui apa saja jenis jenis secondary storage yang banyak digunakan orang banyak saat ini. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan lengkapnya.

Perbedaan Antara Secondary Storage Dengan Primary Storage

Sebelum membahas mengenai jenis secondary yang banyak digunakan saat ini, Anda harus mengetahui apa saja perbedaan primary storage dan secondary storage sehingga nantinya Anda tidak salah membeli atau menggunakan storage di komputer Anda.

Ada beberapa perbedaan yang mendasar antara primary storage dengan secondary storage. Salah satunya adalah pada kapasitas penyimpanan. Biasanya primary storage memiliki kapasitas yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan secondary storage. Hal tersebut dikarenakan primary storage hanya berfungsi untuk mengolah data sementara dan tidak menytimpan data secara permanen seperti halnya secondary storage.

 Perbedaan yang selanjutnya adalah ada pada kecepatan akses. Primary storage memiliki kecepatan akses yang sangat tinggi dibandingkan secondary storage. Pasalnya, CPU akan langsung mengambil data dari primary storage ketika si user mengambil data dari secondary storage. Data yang diambil tersebut akan langsung di proses oleh penyimpanan utama yang nantinya akan langsung di proses kembali oleh CPU.

Perbedaan yang lainnya ialah, primary storage tak bisa dipindah tempat kan, sedangkan secondary bisa dipindah tempatkan sesuai dengan keinginan user. Hal tersebut dikarenakan, primary storage adalah tempat utama untuk memproses berbagai jenis data nantinya. Sedangkan secondary storage digunakan untuk menyimpan data yang sedang tidak diproses dan juga membackup data yang sedang di proses.

Jenis Secondary Storage Yang Ada Saat Ini

Ada banyak jenis jenis secondary storage yang bisa Anda gunakan saat ini. Hal tersebut tentunya akan mempermudah Anda saat akan menyimpan berbagai jenis data yang sudah di olah. Untuk lebih jelasnya, lihat penjelasan berikut.

  • Harddisk

Harddisk merupakan jenis secondary storage yang banyak digunakan pada setiap komputer. Tugas utama dari hard disk ialah melakukan penyimpanan dari berbagai jenis data yang sudah diolah. Semua data yang akan disimpan di dalam komputer Anda akan berada di dalam harddisk. Bukan hanya data dokumen, gambar, musik, dan juga video. Namun data seperti Program, preferensi, hingga sistem operasi komputer nantinya akan tersimpan didalam harddisk komputer Anda.

Semua file yang bisa disimpan di dalam harddisk hanya diukur dari ukurannya. Sehingga kapasitas hardisk akan menentukan berapa banyak data yang bisa Anda simpanan di dalam harddiks.

  • USB Drive Atau Flask Disk

Flask Disk merupakan media penyimpanan portable yang bisa digunakan untuk menyimpan atau memindahkan berbagai jenis data. USB Drive biasanya berbentuk lebih kecil daripada harddisk sehingga lebih effisien dalam penggunaannya.

Saat ini, USB drive banyak digunakan untuk berbagai keperluan seperti memindahkan data, mengcopy data dan lain sebagainya. Biasanya, si pengguna akan menyimpan file-file pentingnya di dalam sebuah harddisk sehingga mereka bisa mengaksesnya di komputer manapun.

Namun, flaskdisk lebih rentan terinfeksi virus dan juga malware sehingga banyak para penggunanya kehilangan data pentingnya. Oleh karena itu, Anda wajib melakukan perawatan jika Anda menggunakan flaskdisk untuk menyimpan data-data Anda.

  • CD-ROM Dan DVD –ROM

Secondary storage yang satu ini memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan USB drive. Pasalnya, Anda bisa menyimpan berbagai jenis file dengan menggunakan media penyimpanan ini. Biasanya CD atau DVD-ROM berbentuk bundar atau seperti kaset CD dan DVD seperti biasanya.

Kekurangan dari media penyimpanan ini adalah, file atau data Anda rentan mengalami kerusakan jika CD atau DVD-ROM mengalami lecet pada bagian bawahnya.

Itulah jenis jenis secondary storage yang wajib Anda ketahui sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda nantinya.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *