Implementasi Teknologi Virtualisasi Pada Komputer Masa Kini

Virtualisasi Komputer Masa Kini

Teknologi virtualisasi pada komputer masa kini – Virtualisasi adalah teknologi yang bisa digunakan untuk menyimulasikan teknologi secara nyata. Bisa dikatakan bahwa virtualisasi adalah versi virtual yang kemudian menjadi sesuatu yang nyata dan bersifat fisik misalnya adalah sistem operasi, perangkat atau storage penyimpanan atau sumber daya jaringan. Virtualisasi ini mampu di implementasikan ke dalam berbagai macam bentuk seperti network virtualization memory virtualization, application virtualization, dan masih banyak lagi lainnya. Virtualisasi server menggunakan Hypervisor yang digunakan sebagai pengganti resource server fisik ke dalam banyak virtual environment atau yang lebih sering disebut Virtual Private Server.

Virtualisasi Komputer Masa Kini

Virtualisasi Komputer Masa Kini
Virtualisasi Komputer Masa Kini

Teknologi virtualisasi pada komputer masa kini digunakan oleh perusahaan dimana bisa menciptakan keamanan data dan juga efisiensi waktu untuk membuat performa perusahaan jadi meningkat. Meski begitu masih banyak CEO yang belum banyak menggunakan teknologi virtualisasi ini terutama CEO banyak yang latar belakangnya bukan dalam bidang IT sehingga tidak memahami istilah-istilah di dalam teknologi tersebut. Ahli IT harus mengomunikasikan dengan bahasa yang lebih mudah dipahami oleh CEO tersebut. Ahli IT bisa menyebutkan kelebihan yang bisa didapatkan oleh perusahaan dengan mengimplementasikan teknologi virtualisasi pada komputer masa kini seperti berikut ini:

  1. Produktivitas meningkat

Virtualisasi akan bisa meningkatkan produktivitas karena operasional di perusahaan yang bisa berjalan dengan cepat dan efisien. Sebagai contoh dengan adanya teknologi virtual ini perusahaan akan bisa mengakses data dan email dari sever kantor meski berada jauh dari kantor.

  1. Mencegah kerugian perusahaan

Dengan menggunakan teknologi virtualisasi pada komputer masa kini perusahaan akan bisa mencegah kerugian. Cloud computing yang menjadi evolusi dari teknologi virtualisasi ini akan bisa membuat cadangan data dari sebuah server berbasis cloud sehingga meski berada di lokasi yang jauh dan data tersebut bisa di akses menggunakan perangkat lainnya yang terhubung internet. Dengan adanya cadangan data ini bisa menghindarkan perusahaan dari kerugian mengingat perangkat yang digunakan untuk menyimpan data tersebut bisa rusak kapan saja, selain itu mati listrik bisa membuat perusahaan tidak mengakses data sehingga operasional bisa terhambat. Ketika hal tersebut terjadi akan menyebabkan kerugian financial perusahaan.

  1. Hemat biaya modal

Teknologi virtualisasi bisa membuat perusahaan lebih hemat modal. Dengan virtualisasi ini perusahaan tidak harus membeli sever baru untuk komputasi yang lebih cepat dan keamanan yang lebih terjamin, perusahaan justru bisa menggunakan server yang sudah ada namun di dalamnya menggunakan virtualisasi. Membeli virtualisasi jauh lebih murah dibandingkan membeli server baru. Bahkan virtualisasi ini bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki karena memiliki skalabilitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

  1. Lebih efisien

Teknologi virtual ini akan membuat operasional menjadi lebih efisien. Pekerjaan CEO yang banyak dan memakan waktu membuat penggunaan teknologi virtual ini membuat kinerja mereka lebih efisien. Sebagai contohnya adalah CEO akan bisa menggunakan video conference untuk bisa bertemu dengan client yang jaraknya jauh bahkan bisa melatih karyawan di kantor cabang agar memiliki skill sesuai dengan harapan perusahaan.

Kekurangan Virtualisasi

Meski memiliki kelebihan, virtualisasi juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan yang pertama adalah satu pusat masalah. Dengan hal ini bisa dikatakan bahwa jika server induk bermasalah maka semua sistem virtual machine di dalamnya tidak akan bisa digunakan. Selain itu spesifikasi hardware yang digunakan untuk virtualisasi lebih tinggi terutama untuk menjalankan server induk dan mesin virtual yang ada di dalamnya. Kekurangan yang terakhir adalah satu pusat serangan yang mana menempatkan semua sever dalam satu komputer akan menjadikannya sebagai target serangan.

Demikianlah kelebihan mengimplementasikan teknologi virtualisasi pada komputer masa kini, semoga informasi ini bermanfaat.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *