2 Cara Uninstall Aplikasi di Laptop dengan Mudah

uninstall Program dengan CCleaner

Cara uninstall aplikasi di laptop berbeda dengan uninstall pada android. Pada Android, Anda cukup menghapus ikon yang ada pada desktop. Namun jika Anda melakukan cara ini pada laptop, maka hal ini tidak akan menghapus aplikasi yang Anda install tersebut. Menghapus aplikasi sendiri sangat penting untuk dilakukan karena dapat memberi manfaat yang sangat signifikan untuk menunjang kinerja laptop yang Anda gunakan. Selain itu, uninstall aplikasi juga dapat memperlebar ruang pada RAM serta Memori Internal. Jika Anda tak melakukan uninstall aplikasi yang tidak penting, maka kinerja laptop akan jadi semakin berat. Maka jangan heran apabila laptop yang Anda pakai jadi lemot. Untuk itu, Anda perlu menyimak cara-cara untuk melakukan uninstall aplikasi pada laptop.

Tahap Pertama Uninstall Aplikasi di Laptop

Untuk dapat melakukan uninstall aplikasi di laptop, Anda harus melalui tahap pertama yang dilakukan melalui Control Panel. Proses uninstall aplikasi melalui Control Panel ini, nantinya masih menyisakan sampah berupa registry aplikasi sehingga Anda masih harus melakukan tahap uninstall yang berikutnya. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk  uninstall tahap pertama:

  1. Buka Control Panel
Buka Control Panel
Buka Control Panel

Untuk membuka Control Panel, klik kanan di bagian pojok kiri bawah. Apabila Anda masih merasa bingung, maka Anda juga dapat menekan tombol Windows+Tombol “R” dan selanjutnya ketik “Control Panel”, lalu klik Ok

  1. Klik Uninstall Program di Jendela Baru

Pada jendela baru, akan ada tampilan berbagai macam aplikasi yang terpasang pada laptop Anda. Misalnya, Anda ingin melakukan uninstall aplikasi Web Companion, maka Anda hanya perlu klik Web Companion. Jangan sampai Anda salah menghapus aplikasi yang ada pada sistem ataupun Driver yang ada pada laptop karena jika Anda tak hati-hati, maka bisa jadi laptop yang Anda gunakan akan mengalami kerusakan.

  1. Klik Uninstall/ Change Untuk Melakukan Proses Uninstall Apllikasi
Uninstall/ Change Untuk Melakukan Proses Uninstall Apllikasi
Uninstall/ Change Untuk Melakukan Proses Uninstall Apllikasi

Setelah Anda menemukan aplikasi yang ingin Anda uninstall, maka Anda hanya perlu klik Uninstall/ Change yang ada pada bagian atas. Selanjutnya, Anda hanya perlu mengikuti langkah uninstall bawaan aplikasi tersebut. Pada umumnya, Anda hanya perlu klik ‘Ok’.

  1. Klik Finish Untuk Mengakhiri

Untuk mengakhiri proses uninstall, Anda hanya perlu klik ‘Finish’

Cara uninstall aplikasi di laptop pada tahap pertama ini sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan Namun uninstall tahap pertama tersebut masih menyisakan registry dan tersimpan di laptop yang Anda gunakan. Untuk membersihkan sisa-sisa registry bekas aplikasi, maka Anda perlu melakukan proses uninstall tahan lanjutan.

Cara Unistall Aplikasi di Laptop Tahap Kedua

uninstall Program dengan CCleaner
uninstall Program dengan CCleaner

Untuk melakukan proses uninstall tahap kedua, Anda membutuhkan software CC Cleaner. Berikut adalah langkah-langkah proses unistal aplikasi tahap kedua:

  1. Download Software CC Clearer

Untuk membersihkan registry bekas aplikasi, Anda perlu menggunakan software yang disebut dengan CC Clearer. Untuk itu, Anda perlu mendownload software ini terlebih dahulu.

  1. Instal Software CC Clearer

Untuk menginstall CC Clearer, Anda perlu membuka software yang telah Anda download, klik Run CC Clearer.  Setelah selesai, kemudian buka CC Clearer.

  1. Scanning Registry

Selanjutnya Anda sudah dapat mulai melakukan scanning registry dengan cara masuk ke bagian registry yang ada pada bagian kiri. Kemudian klik “Scan for Issues” untuk mulai proses scanning. Setelah proses scanning selesai, akan muncul banyak registry.

  1. Melakukan Backup Registry Jika Dirasa Masih Diperlukan

Pada jendela baru,akan muncul pertanyaan apakah Anda ingin mem-backup registry atau tidak. Jika Anda merasa perlu mem-backup registry, Anda bisa klik “Yes”. Sebaliknya, jika Anda merasa sudah memerlukan registry tersebut, maka Anda bisa klik “No”.

  1. Mulai Melakukan Penghapusan Seluruh Registry

Klik “Fix selected issues” pada jendela baru untuk menghapus seluruh registry yang sudah tidak terpakai.

  1. Klik “Close” untuk mengakhiri

Demikianlah beberapa cara uninstall aplikasi di laptop yang dapat Anda coba. Semoga dengan mencoba langkah-langkah tersebut, aplikasi yang tidak terpakai di laptop Anda tidak lagi membebani kinerja PC yang Anda gunakan.

 

 

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *