Cara Setting Server ARD dengan Benar

Cara setting server ARD – Di era teknologi informasi ini, hampir semua instansi menggunakan bantuan teknologi informasi, mulai dari pengolahan data, publikasi hingga pekerjaan lainnya. Begitu juga dengan pengolahan data di instansi pendidikan seperti sekola. Saat ini sudah hampir seluruh sekolah menggunakan teknologi informasi untuk berbagai kebutuhan pengolahan data seperti pengisian raport, input nama siswa, input nilai siswa dan lain sebagainya. Biasaya mereka menggunakan client server ARD atau aplikasi raport Digital. Nah bagi Anda yang belum mengetahui apa itu ARD, berikut penjelasannya beserta cara setting server ARD.

Pengertian ARD

ARD atau yang biasa disebut dengan Aplikasi Raport Digital merupakan aplikasi client server yang berfungsi untuk memudahkan guru atau sekolah untuk menginput hasil belajar para siswa. Aplikasi ini dibuat agar para guru tidak kesulitan atau membuat kesalahan saat melakukan input hasil belajar para siswa.

ARD sendiri menjadi salah satu aplikasi yang wajib dikuasai penggunaanya saat ini. Ditambah kurikulum 2013 yang di keluarkan oleh pemerintah sebagai peningkatan mutu pendidikan mewajibkan guru menginput semua data hasil belajar siswa melalui aplikasi ARD ini. Walau menjadi salah satu aplikasi yang wajib digunakan oleh para guru, namun masih saja banyak sekolah yang tidak menggunakan aplikasi ini dengan alasan tidak tahu cara setting bahkan tidak tahu cara menggunakannya.

Karena hal tersebut, banyak perusahaan IT yang memanfaatkan hal itu dengan menawarkan jasa setting ARD, tentunya dengan harga yang cukup mahal. Bagi Anda yang ingin belajar cara setting server ARD, berikut langkah-langkah instalasi dan settingnya.

Cara setting Server Dan Client ARD

Jika di sekolah Anda sudah terdapat jaringan LAN atau Wifi, langkah yang harus Anda perhatikan adalah mengkonfigurasi  server dan client. Proses ini bertujuan agar para guru bisa mengakses database dan juga sekaligus menginput data yang diperlukan, berikut langkah-langkahnya.

  • Instal aplikasi ARD offline yang didapat melalui situs sikurma.kemenag.go.id/ard/
  • Setelah itu masukan nama sekolah dan serial number yang ada di dalam file download.
  • Ikuti proses instalasi seperti biasa
  • Setelah itu, Anda bisa mencoba masuk ke aplikasi dengan cara mengetikkan IP server contoh 192.168.5.100:88/madrasah

Jika Anda tidak mengetahui ip server, lakukan langkah di bawah ini.

  • Klik tombol windows + R, lalu akan muncul kotak dialog
  • Ketikan CMD lalu tekan enter
  • Akan terlihat koak dialog bewarna hitam,
  • Setelah itu ketikan IP config dan tekan enter
  • Akan keluar data mengenai IP, mac address dan lain sebagainya
  • Lihat tulisan IPv4 address, angka pada baris tersebut adalah IP server ARD tersebut.

Untuk mengkoneksikan ke jaringan LAN dan menjadikan computer Anda sebagai server agar computer atau laptop lain bisa mengakses data yang sama, Anda bisa memberitahukan IP addres Anda kepada client yang berada dalam jaringan yang sama.

ARD saat ini hanya tersedia dalam aplikasi offline dan hanya bisa diakses melalui jaringan local. Jadi, Anda harus mengetahui alamat IP server agar tidak terjadi redudansi atau data double nantinya. Komputer server berfungsi untuk menyimpan semua data yang diinput oleh client dalam jaringan yang sama. Jadi, aplikasi ini tidak perlu di install di banyak computer karena berbasis client server. Itulah cara setting server ARD yang mungkin bermanfaat bagi Anda semua.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *