Cara Setting Mikrotik dengan Winbox yang Benar

cara setting mikrotik dengan winbox

Cara setting mikrotik dengan winbox – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara setting mikrotik mulai dari tahap awal untuk bisa terkoneksi dengan winbox. Pada ulasan ini, akan dijelaskan bagaimana caranya agar mikrotik siap untuk digunakan, baik di rumah, kantor, ataupun sekolah. Cakupannya juga masih sederhana, dari gateway server, ke dns server, dan dchp server.

Untuk itu bagi kalian yang sudah memahami tentang mikrotik dan definisinya, pasti langkah-langkah dari cara setting mikrotik dengan winbox ini bisa dilakukan dengan mudah. Kalau begitu daripada penasaran langsung saja kita simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Mudah Setting Mikrotik ke Winbox

Sebelum kita melakukan konfigurasi mikrotik, akan lebih baik apabila kita membuat tipologi jaringannya terlebih dulu. Setelah itu barulah kita mulai dari langkah pertama. Pertama-tama koneksikan port 1 ke modem Anda dan port 2 langsung ke PC. Jika sudah maka winbox bisa dijalankan lalu buka tab Neighbors.

Apabila langkah tersebut dijalankan maka rb akan terdeteksi oleh winbox. Selanjutnya klik pada list rb yang sudah terdeteksi tersebut. kemudian konfigurasi default mikrotik dengan menggunakan username admin dan password kosong saja. Lalu klik tombol ‘Connect’.

cara setting mikrotik dengan winbox
cara setting mikrotik dengan winbox

Selanjutnya akan muncul interface GUI dari mikrotik di sidebar sebelah kiri. Bagian itu sebagai list fungsi dari mikrotik, mulai dari bagian Wizzard Konfig hingga manual dari penggunaan mikrotik itu sendiri.

Setelah masuk ke bagian GUI-nya, kita bisa mulai dengan mengubah nama interface supaya nantinya tidak menyulitkan saat harus mencari port selanjutnya. Klik tombol interface maka akan muncul tab jendela baru, yaitu list dari interface. Kemudian double klik pada bagian interface untuk mengubah namanya. Berikan nama interface 1 dengan nama Eth_1_Internet ­ini digunakan sebagai link ke ISP/modem. Lalu untuk interface 2 beri nama Eth_2_Client yang nantinya akan digunakan untuk konfigurasi. Tetapi tahap selanjutnya nanti eth 2 akan masuk ke bagian switch/hub untuk menyebar jaringan ke client.

Apabila sudah maka akan terlihat ada 5 interface pada RB750r2. Kemudian bagian eth 3 – 5 bisa kalian gunakan untuk keperluan lain. Setelah itu kita akan masuk pada tahap pemberian ip di kedua interface tersebut. Klik menu IP > Addresses, lalu input IP yang dikehendaki.

Seperti contohnya:

  • Eth_1= 10.10.1.1.250/25 (dengan asumsi ini adalah IP public ISP).
  • Eth_2= 192.185.100.1/25 (dengan asumsi IP ke client).

Kemudian klik tombol tambah ‘+’ dan masukkan IP pada bagian address tanpa memasukkan IP Network. Lalu klik tombol ‘Apply’ maka network akan secara otomatis muncul.

Selanjutnya kita akan setting bagian DNS server. DNS ini umumnya sudah tersedia sekaligus dengan IP Public. Apabila Anda memiliki IP DNS ini, maka langsung saja masukkan pada dns tersebut.Namun apabila tidak, gunakan saca IP DNS Google, yaitu ‘8.8.8.8’ atau ‘8.8.4.4’.

Apabila sudah, kita akan mulai memberikan gateway sebagai jalur keluar jaringan internetnya. Klik menu IP > Routes dan masukkan gateway yang ada di ISP. Sedangkan konfig lainnya bisa dibiarkan saja karena itu sudah tersedia otomatis. Lalu klik tombol tambah ‘+’ dan akan muncul jendela address baru.

Di situ akan terlihat IP 0.0.0.0.0 ini artinya semua IP yang ada sudah melewati gateway 10.10.1.1. kemudian klik tombol apply untuk mengecek apakah IP tersebut sudah dijangkau oleh router. Jika sudah maka tahap selanjutnya adalah setting NAT agar IP menjadi IP Public dan berhasil tersamarkan. Dalam hal ini internet pun sudah siap digunakan dan Anda bisa menambahkan jaringan secara manual.

Nah, itulah langkah mudah dari cara setting mikrotik dengan winbox. Lakukan tahapan tersebut dan Anda pun bisa menggunakan jaringan internet yang memadai sesuai kebutuhan.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *