Cara Setting DNS Browser Agar Lebih Aman Dengan DNS 1.1.1.1

Cara setting DNS browser agar lebih aman – Saat berselancar di dunia maya, tentunya kita ingin koneksi yang aman dan cepat agar tehindar dari malware atau koneksi yang lambar karena DNS yang kurang stabil. Namun, masih banyak yang menghiraukan penggunaan DNS, sehingga mereka  mengalami berbagai masalah keamanan dan juga koneksi yang lambat. Berikut cara setting DNS browser agar lebih aman dengan menggunakan DNS 1.1.1.1

Pengenalan DNS 1.1.1.1

Sebelum kita membahas jauh lebih mendalam mengenai DNS 1.1.1.1, Anda sebaiknya harus mengetahui lebih dahulu apa yang dimaksud DNS. DNS adalah singkatan dari teknologi Domain Name System yang memiliki peran untuk mengubah IP address menjadi sebuah domain address, begitu juga sebaliknya.

Sedangkan DNS 1.1.1.1 adalah DNS yang muncul dari hasil kerja sama antara perusahaan Cloudflare dengan APNIC. DNS yang satu ini diklaim jauh lebih aman karena tak akan merekam berbagai data alamat IP yang sedang Anda gunakan. Selain itu, DNS 1.1.1.1 ini juga menjadi DNS yang digadang-gadang paling cepat di seantero dunia, dengan memiliki response time hingga memasuki angka 14.8ms.

Dengan kecepatan tersebut membuat banyak orang memilih menggunakan DNS 1.1.1.1 sebagai koneksi mereka untuk berselancar di dunia maya. DNS 1.1.1.1 akan menjaga privasi Anda saat sedang berselancar, jadi Anda tidak usah khawatir akan terjangkit malware atau mengalami hacking dengan menggunakan situs yang satu ini.

DNS 1.1.1.1 juga memiliki keamanan yang sangat tinggi bukan hanya menjaga privasi Anda, tapi juga akan menjaga Anda dari berbagai serangan malware yang mencoba masuk melalui alamat IP yang Anda gunakan, berbeda dengan DNS Google yang merupakan DNS publik dengan keamanan yang rendah.

Cara Setting DNS di PC Atau Windows

Untuk bisa melakukan setting DNS menggunakan DNS 1.1.1.1 pada PC ataupun laptop yang menggunakan OS Windows, Anda hanya membutuhkan waktu kurang dari dua menit, berikut langkah langkahnya.

  1. Langkah yang pertama adalah dengan membuka menu Settings lalu pilih Control Panel setelah itu pilih Network and Internet pada PC atau laptop Anda.
  2. Jika sudah, Pilih menu Network and Sharing Center, yang selanjutnya Anda bisa memilih pilihan Change Settings Adapter. Maka akan terlihat sebuah jendela baru. Anda coba klik kanan pada jaringan yang memang tersedia dan juga pilih Properties.
  3. Selanjutnya, Anda tinggal memilih pilihan Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4) lalu klik tombol Properties.
  4. Ubah pada opsi Obtain DNS server address automatically dan diganti menjadi Use the following DNS server addresses: Setelah itu, masukkan settingan sebagai berikut.
  5. Preferred DNS server diisi dengan 1.1.1.1
  6. Alternate DNS server diisi dengan 1.0.0.1
  7. Langkah tewrakhir, Anda tinggal mengklik tombol OK lalu Close untuk menutup halaman pengaturan.

Jika sudah mengikuti langkah diatas, Anda sudah bisa menggunakan DNS 1.1.1.1, Anda bisa mencobanya dengan cara melakukan tes kecepatan yang disediakan oleh google.

Cara Setting DNS Di Android

Selanjutnya adalah cara setting DNS browser agar lebih aman di handphone Android Anda. DNS 1.1.1.1 ini juga bisa digunakan si smartphone, berikut langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama pastikan Anda sudah tersambung dalam jaringan WiFi tertentu. Setelah itu, buka pada menu Settings, selanjutnya Anda buka halaman pengaturan jaringan koneksi Wi-Fi. Setelah itu, Anda coba tap dan juga tahan jaringan koneksi WiFi yang terhubung hingga nantinya muncul pilihan lainnya. Tap di pilihan Modify network agar bisa mulai mengubah DNS pada Android Anda.
  2. Langkah kedua adalah Anda bisa membuka pilihan menu Advanced options untuk bisa mengubah settingan tertentu. Setelah itu Anda wajib mengubah pengaturan pada IP Settings dari settingan DCHP menjadi settingan Static.
  3. Setelah itu, Anda bisa coba memasukkan IP address, Network prefix length dan gateway sama seperti halnya pengaturan awalnya. Di menu ini Anda hanya harus mengubah:
  4. DNS 1 dirubah menjadi 1.1.1.1
  5. DNS 2 dirubah menjadi 1.0.0.1
  6. Langkah terakhir adalah menekan tombol save, agar semua pengaturan yang dilakukan tersimpan.

Itulah cara setting DNS browser agar lebih aman yang bisa Anda terapkan pada computer atau laptop dan juga pada smartphone Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *