Pengertian dan Cara Setting Access Point dengan Mudah dan Cepat

Tutorial cara setting Access Point akan sangat membantu Anda dalam memasang perangkat ini untuk menunjang jaringan internet di sekitar Anda. Kini banyak lokasi yang terhubung dengan teknologi biasanya menyediakan wireless access point. Penggunaan jarian nirkabel tersebut dianggap sangat murah dan praktis jika dibandingkan dengan menggunakan kabel. Dengan menempatkan satu atau lebih access point, user atau pengguna dapat tetap terhubung ke jaringan meskipun mereka berpindah-pindah tempat. Perangkat yang digunakan oleh user secara otomatis akan terkoneksi dengan internet selama terjangkau access point ini. Anda pun dapat punya koneksi WiDi sendiri lho di rumah. Meski saat ini sudah ada berbagai macam produk MiFi yang dijual di pasaran, namun tak ada salahnya kalau Anda mencoba untuk melakukan setting Access Point untuk mendapatkan akses internet dengan lebih mudah. Namun, sebelum kita membahas bagaimana cara melakukan setting Access Point, Anda perlu mengetahui apa itu Access Point.

Pengertian Access Point

Access Point merupakan sebuah perangkat yang ada dalam jaringan komputer yang bisa menghasilkan jaringan lokal nirkabel atau WLAN (Wireless Local Area Network). Agar dapat memancarkan sinyal WiFi di lokasi tetentu, Access Point tersebut perlu dihubungkan terlebih dahulu dengan router atau hub atau switch melalui kabel Ethernet.

Access Point terdiri atas antena serta receiver. Perangkat ini berfungsi sebagai pusat pemancar dan penerima sinyal dari dan untuk client server. Access Point tersebut  tidak dapat mengatur aliran data, melainkan hanya dapat menghubungkan atau menyambungkan suatu perangkat yang mencoba untuk terhubung dengan jaringan dengan menggunakan password tertentu.

Dengan adanya Access Point, Anda dapat memiliki akses WiFi sendiri di rumah maupun kantor Anda. Penggunaan Access Point dapat memungkinkan jumlah perangkat yang terhubung dengan jaringan akan jauh lebih banyak. Meski ada banyak pengguna yang bisa terhubung ke jaringan,namun Anda tetap dapat membatasi siapa saja yang dapat terhubung karena pengguna harus mengetahui password yang diminta oleh Access Point sebagai syarat masuk ke dalamjaringan tersebut. Bagi pengguna perangkat yang tidak mengethui passwordnya, maka dia tidak dapat menikmati akses internet karena yang digunakan tidak dapat masuk ke dalam jaringan.

Cara Setting Access Point

Berikut ini adalah cara setting Access Point dengan mudah yang dapat Anda coba:

  1. Pasang Perangkatnya

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencolokkan adaptor dan kabel UTP ke port LAN AP dan ke LAN di komputer atau laptop. Jika sudah berhasil, maka akan muncul lampu indicator hijau yang berkedap-kedip. Pada umumny terdapat 4 indikator, seperti Power, System, LAN, WAN. iIndikator-indikator tersebut tergantung dari jenis dan tipe AP. Pada tutorial kali ini, AP yang digunakan adalah digunakan adalah AP TP-LINK tipe WA701N.

  1. Setting IP di komputer atau Laptop

Langkah selanjutnya adalah melakukan setting IP di komputer atau laptop dengan cara masuk ke Control Panel. Anda perlu memilih Network and Sharing Center, pilih Change Adapter Settings,pilih perangkat jaringan yang sedang aktif, setelah itu akan muncul jendela baru. Kemudian klik Properties, klik dua kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).

  1. Jadikan IP komputer Menjadikannya Statistik

Untuk menjadikan IP komputer menjadi statistik, Anda perlu memilih opsi Use the Following IP address, isikan IP address dengan network yang sama, misalnya “192.168.1.10” serta subnet mask-nya, kosongkan yang lain, kemudian pilih OK dan simpan.

Kemudian Anda harus memasukkan username dan password seperti berikut:

Userame: admin

Password: admin

Selanjutnya Anda perlu klik Next, pilih Access Point, Next, isi SSID dan password sesuai dengan keinginan Anda, klik Next.

Pilih Access Point,

Isi SSID dan Password sesuai dengan yang And inginkan, setelah itu klik Next

Langkah selanjutnya adalah pilih Enable pada DHCP Server. Anda juga bisa mengatur IP jika dirasa perlu. Klik YES dan Next.

Setelah itu akan muncul jendela seperti yang ada di bawah ini. Anda harus klik Reboot dan tunggu hingga perangkat menyala kembali. Apabila proses ini berhasil, maka perangkat Anda akan mendeteksi jaringan.

Demikianlah pembahasan tentang apa itu Acces Point serta bagaimana cara setting Access Point. Langkah-langkahnya cukupmudah bukan? Jadi, selamat mencoba ya!

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *