Cara Setting Access Point Indihome dengan Mudah

Cara Setting Access Point Indihome

Untuk memanfaatkan modem Indihome untuk dijadikan sebagai Access point, kamu harus cari tahu dulu cara setting access point Indihome. Salah satu modem Indihome yang paling banyak digunakan sebagai access point adalah Modem Indihome ZTE F609. Modem tersebut banyak dijual di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau. Selain itu, modem Indihome ZTE F609 juga cukup mudah untuk disetting sebagai access point. Dengan demikian, hanya dengn menggunkan modem ZTE F609 Indihome, kamu sudah bisa menikmati jaringan internet dengan mudah dan murah. Untuk lebih jelasnya, simak yuk pembahasan berikut ini!

Perlengkapan yang Perlu Dipersiapkan

Cara Setting Access Point Indihome
Cara Setting Access Point Indihome

Sebelum melakukan setting modem Indihome menjadi access point (AP), kamu perlu menyiapkan hal-hal berikut ini:

  • Modem Indihome ZTE F609
  • Kabel LAN
  • Perangkat komputer ataupun laptop

Oh ya, sebelum kamu melakukan setting modem Indihome ZTE F609 menjadi sebuah access point, terlebih dulu kamu harus memastikan bahwa Anda telah menyalakan modem tersebut. Apabila modem sudah menyala, tekan tombol reset, biarkan modemnya mati hingga menyala lagi.

Cara Setting Access Point Indihome

Berikut adalah cara setting access point Indihome yang dapat Anda coba:

  1. Hubungkan Modem ZTE F609 dengan Komputer

Pertama kali yang harus kamu lakukan adalah menghubungkan modem ZTE F609 dengan perangkat komputer ataupun laptop yang kamu gunakan. Jangan lupa untuk menyalakan modemnya ya!

  1. Lakukan Login ke Halaman Admin

Langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi modem. Berikut adalah contoh default konfigurasi modem ZTE F609:

IP Adress: 192.168.1.1

Username: admin

Password: Telkomdsol123

Apabila ternyata kamu tidak bisa melakukan login ke halaman admin dengan password Telkomdsol123, maka kamu bisa coba untuk masuk dengan password lain seperti admin.

  1. Lakukan Konfigurasi Koneksi WAN

Untuk bisa dijadikan sebagai access point, modem Indihome ZTE F609, kamu perlu melakukan konfigurasi koneksi WAN dengan tipe bridge. Berikut ini adalah cara untuk melakukan konfigurasi koneksi WAN:

  • Klik menu Network
  • Klik menu WAN
  • Klik menu WAN Connection

Berikut ini adalah contoh gambar konfigurasi WAN:

Langkah selanjutnya adalah membuat koneksi baru. Berikut ini adalah contohnya:

Setelah klik Create, maka koneksi brigde sudah berhasil untuk dilakukan. Selanjutnya, Anda bisa mengikuti contoh di bawah ini untuk menggabungkan beberapa port LAN dengan WiFi.

  1. Lakukan Konfigurasi SSID WiFi
  2. Lakukan Setting SSID

Langkah selanjutnya adalah melakukan setting SSID  dengan cara sebagai berikut:

  • Klik menu Network
  • Pilih menu WLAN
  • Klik menu SSID Setting
  • Klik Submit
  1. Lakukan Konfigurasi IP Adress dan HDPC Server

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah melakukan konfigurasi IP Adress dan HDPC Server dengan cara buka menu LAN> HDPC Server, kemudian klik submit.

Berikut ini adalah contoh gambar default konfigurasi modem ZTE F609 yang konfigurasinya telah disesuaikan dengan Router utam yang digbungkan dengan modem ini.

  • Router Utama
  • IP Adress: 192.168.100.1
  • Subnet Mask: 255.255.255.0

Jika apa yang kamu lakukan sudah bear, maka kamu sudah berhasil memanfaatkan modem Indihome untuk dijadikan access point.

Demikianlah cara setting access point Indihome yang relatif mudah untuk kamu lakukan. Semoga artikel ini memberi manfaat. Selamat mencoba!

Seperti gambar di atas, ip address ZTE F609 saya ubah menjadi 192.168.100.254 dan jangan lupa matikan DHCP Server dengan cara membuang ceklist pada Enable DHCP Server.

Konfigurasi Selesai

Setelah konfigurasi WAN, WiFi dan LAN cukup sudah step by step konfigurasinya, sekarang saatnya mencoba konfigurasi yang sudah kita buat pada ZTE F609 dengan cara memeriksa apakah sinyal WiFi yang kita konfigurasi sudah muncul atau tidak. Saat praktik ini konfigurasi saya berhasil dan muncul sinyal WiFi baru dengan nama KholisX seperti pada gambar berikut.

Mudah kan konfigurasinya? Wokehlah cukup sampai di sini dulu tutorial singkat tapi panjang ini, semoga tutorial ini bermanfaat, jangan lupa share tutorial ini di sosial mediamu dan jangan lupa subscribe ke blog ini agar kalian tidak ketinggalan tulisan-tulisan dari blog saya ini.

 

 

 

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *