Cara Praktis Mengatasi Baterai Laptop Tidak Bisa Dicharge di Rumah

Colokan Charger

Mengatasi baterai laptop tidak bisa di charge – Permasalahan umum baterai laptop yang sering dijumpai adalah notifikasi “plugged in, not charging” saat pengisian ulang daya. Kondisi tersebut tentu saja mengganggu aktivitas pengoperasian laptop. solusinya, coba beberapa cara mengatasi baterai laptop tidak bisa di charge berikut ini agar perangkat laptop berfungsi normal kembali.

1. Lepas Baterai dari Laptop

Lepas Baterai dari Laptop
Lepas Baterai dari Laptop

Jika laptop Anda menggunakan baterai yang bisa dilepas, coba lepas dulu. Setelah beberapa saat, pasang kembali baterai pada laptop. Colokkan charger dan nyalakan laptop Anda. Tunggu sekitar 10 detik untuk memastikan pengisian daya berjalan. Meski secara teknis terdengar sederhana, cara ini terkadang cukup ampuh mengatasi baterai laptop tidak bisa di charge.

2. Periksa Colokan Charger

Colokan Charger
Colokan Charger

Jangan panik dulu ketika melihat pengisian daya tidak terhubung. Coba periksa colokan charger apakah pas atau terlalu longgar. Karena, listrik tidak akan mengalir jika koneksi charger dengan colokan tidak solid. Selain itu, koneksi bisa saja tidak berjalan maksimal jika terdapat residu lain dalam colokan. Dalam hal ini, coba bersihkan colokan menggunakan tusuk gigi lalu colokkan kembali.

3. Cabut Konektor Charger dari Laptop

Cabut Konektor Charger dari Laptop
Cabut Konektor Charger dari Laptop

Trik yang satu ini bisa Anda terapkan ketika pengisian daya tidak kunjung bertambah. Cabut konektor charger dari laptop untuk sementara waktu lalu coba pasang lagi. Kemudian, lihat indikator baterai setelah dipasang apakah berjalan atau tidak.

4. Cek Kondisi Charger

Mengecek kondisi charger adalah cara paling ampuh untuk mengatasi baterai laptop tidak bisa di charge.Bagaimanapun, jika ada kerusakan pada komponen charger maka sudah bisa dipastikan pengisian daya akan terhambat.

Periksa apakah ada kabel yang kusut atau mengelupas, konektor rusak, tercium aroma plastik terbakar, atau suhu AC adapter terlalu panas. Jika menemukan kondisi seperti itu, coba pakai charger lain karena bisa jadi charger yang Anda gunakan sudah tidak berfungsi.

5. Biarkan Laptop Dingin

Biarkan laptop dingin
Biarkan laptop dingin

Kondisi overheat pada laptop bisa mempengaruhi proses pengisian daya. Misalnya karena suhu meningkat, sensor baterai menjadi bermasalah sehingga sistem menampilkan notifikasi jika baterai telah terisi penuh atau malah hilang sepenuhnya. Oleh karena itu, coba matikan laptop terlebih dahulu dan diamkan hingga temperaturnya normal.

Alternatif lain yang bisa Anda lakukan untuk menghindari overheat ialah dengan menggunakan kipas laptop eksternal sehingga laptop tidak mudah panas.

6. Update Driver Baterai

Untuk laptop dengan OS Windows, coba upgrade driver baterai untuk mengatasi baterai laptop tidak bisa di charge. Caranya cukup mudah, yaitu: Klik Start > Pilih menu System and Security > buka menu Device Manager > cari menu Batteries. Setelah itu, Anda akan menemukan menu baterai, charger, dan Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery. Klik kanan setiap menu tersebut dan pilih Properties. Kemudian, masuk ke tab driver dan klik Update Driver. Setelah proses updating berhasil, restart laptop Anda dan colokkan charger kembali.

7. Uninstall Software Management Power

Jika Anda menginstal software yang berhubungan dengan manajemen power, coba uninstal terlebih dahulu. Setelah itu restart laptop dan colokkan charger setelah laptop menyala. Untuk beberapa kasus, cara ini cukup manjur untuk menuntas permasalahan baterai laptop tidak bisa di charge.

8. Nyalakan Laptop Tanpa Baterai

Nyalakan Laptop Tanpa Baterai
Nyalakan Laptop Tanpa Baterai

Cara lain untuk mengatasi baterai laptop tidak bisa di charge adalah menyalakan laptop tanpa baterai. Yap, lepas baterai lalu colokkan charger pada laptop. Perhatikan apakah laptop dapat menyala atau tidak. Jika ternyata laptop tidak bisa dihidupkan, artinya permasalahan terletak pada charger. Tapi, jika laptop tetap bisa beroperasi meski tanpa baterai, berarti memang baterainya yang harus diganti.

9. Periksa Jack pada Laptop

Jika semua cara diatas tidak membuahkan hasil, cara berikut mungkin bisa membantu. Periksa kondisi jack yang tersambung dengan Motherboard. Jika semua bagiannya terlepas, sebaiknya Anda bergegas ke service center untuk medapatkan diagnosis lebih pasti.

Banyak sumber menyatakan jika daya baterai akan menurun setiap tahunnya. Meski begitu, cara mengatasi baterai laptop tidak bisa di charge diatas patut untuk Anda coba untuk meminimalisir biaya.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *