Cara Patching ARD Dengan Benar Agar Berjalan Dengan Baik

Cara patching ARD – Karena terjadi masalah pada aplikasi raport digital online, maka pemerintah pun mengatasinya dengan meluncurkan aplikasi ARD offline. Namun, walau dirubah menjadi offline, banyak para guru yang tetap tidak bisa login. Banyak yang mengeluh mengenai masalah ini, namun ternyata permasalahannya cukup sederhana. Para perator aplikasi ARD hanya cukup menginstall patch yang sudah disediakan oleh pemerintah agar nantinya aplikasi bisa digunakan dengan baik tanpa ada masalah. Nah, yang belum mengetahui cara patching ARD, berikut Langkah-langkahnya.

Mendownload patch aplikasi ARD

Bagi yang sudah menginstal aplikasi ARD Offline sebelumnya, berartiA nda  tinggal mendownload dan juga memasang patch ARD. Namun untuk yang belum menginstall aplikasi ARDnya, silakan download aplikasi ARD lengkap beserta patch-nya di laman situs sikurma milik kemenag. 

Tersedia beberapa link alternatif yang bisa Anda download. Anda bisa mendownload aplikasi ARD saja, ARD + PatchingRapor, atau hanya file patching rapornya saja. Download patch dengan versi terbaru agar aplikasi ARD bisa berjalan dengan baik. Selain itu, patch terbaru juga memiliki fitur terbaru dan juga perbaikan bug bagi yang sebelumnya mengalami kendala baik saat mengakses aplikasi maupun saat akan input data.

Patching Pada Aplikasi ARD

Proses patching ini dilakukan hanya bagi sekolah yang guru-gurunya tak bisa mengakses aplikasi ARD. Jika di sekolah Anda bisa mengakses ARD, berarti hanya perlu melakukan update saja agar mendapatkan fitur terbari dari aplikasi ARD ini. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan pada cara patching ARD ini, berikut langkah-langkahnya.

  • Buka file rar “PatchingRapor” yang sudah Anda unduh
  • Setelah itu ekstrak file itu dengan cara menggunakan aplikasi WinZip, WinRar, 7Zip, ataupun sejenisnya
  • Hasil ekstrak adalah berupa tiga buah folder yakni ma, mi, dan juga mts.
  • Setelah itu buka folder dengan nama jenjang madrasah yang Anda inginkan
  • Copy folder dengan nama “application”
  • Buka lokasi drive dimana aplikasi ARD Madrasah diinstal (biasanya didalam drive C:)
  • Pilih dan juga buka folder “htdocts”
  • Lalu Pilih dan buka folder dengan nama sesuai jenjang yang Anda inginkan (ma, mi, atau mts)
  • Pastekan folder “application” yang sudah di copy dari folder PatchingRapor tadi ke dalam folder tersebut
  • Folder dengan nama application yang lama nantinya akan tertimpa oleh folder yang baru
  • Patching selesai

Intinya, yang Anda ganti (replace) adalah folder application yang sebelumnya ada di folder sesuai dengan jenjang sekolah. Jika jenjang MA, copylah application pada folder “ma” yang ada di patchingrapor) lalu pastekan ke dalam folder “ma” yang ada di folder htdocts. Saat melakukan patch ini, usahakan semua antivirus yang ada di computer atau laptop Anda di hidupkan, karena antivirus akan menganggap file patch ini sebagai virus karena banyak enxtensi file patching yang sama dengan database virus pada software antivirus yang Anda gunakan.

Selain itu, sebelum melakukan patch, pastikan semua data di folder ARD lengkap, karena bisa saja antivirus menghapus salah satu filenya. Setelah Anda melakukan patching, Anda bisa mencoba melakukan akses ke aplikasi ARD tersebut, jika masih ada masalah apda login ataupun masalah lain, segera hubungu admin terkait. Itulah beberapa langkah cara patching ARD yang bisa Anda praktekkan saat kesulitan mengakses aplikasi ARD di sekolah Anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *