Kenali 3 Cara Mudah Mengatasi Laptop Bergaris Sendiri

Layar Laptop Bergaris

Cara mudah mengatasi laptop bergaris sendiri – Garis halus memanjang dan mendatar seringkali muncul tak terduga pada layar laptop. Hal tersebut jelas mengganggu sebab menghalangi penglihatan. Jadi, apa yang bisa dilakukan untuk membasmi garis-garis tak diinginkan itu? Berikut akan kami informasikan 3 cara mudah mengatasi laptop bergaris sendiri.

Penyebab Layar Laptop Bergaris

Layar Laptop Bergaris
Layar Laptop Bergaris

Garis yang muncul pada layar laptop bisa disebabkan oleh berbagai hal. Entah itu konsleting pada komponen dalam laptop atau faktor dari luar bisa saja terjadi. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

  1. Layar terkena air

Jika layar terkena air sehingga membuat kondisinya basah, efek yang paling kasat mata adalah timbulnya garis pada layar. Bahkan jika air yang mengendap cukup banyak, tidak menutup kemungkinan laptop Anda akan mengalami blank screen. Itulah mengapa Anda harus ekstra hati-hati dalam meletakan laptop.

  1. Kerusakan pada panel screen LCD laptop

Penyebab layar laptop menampilkan garis-garis berikutnya adalah adanya kerusakan pada panel screen LCD. Ciri mencolok dari kerusakan komponen tersebut ialah garis yang muncul berupa garis lurus vertikal berwarna, umumnya berwarna hitam atau putih. Selain itu, garis tersebut juga tidak bergerak.

  1. Kabel LCD bermasalah

Jika layar laptop menampilkan garis bergelombang memanjang dan mendatar, artinya masalah terletak pada kabel LCD yang terhubung dengan Motherboard. Berbeda dengan sebelumnya, tipe garis akibat konsleting kabel LCD biasanya bergerak naik turun secara halus dan terkadang cepat.

  1. Masalah pada hardware laptop

Kerusakan pada hardware laptop yang mempengaruhi kinerja LCD seperti VGA dan RAM juga bisa mengakibatkan garis-garis kecil dan acak muncul pada layar.

Cara Mengatasi Laptop Bergaris

Penampakan garis pada layar laptop memang mengganggu. Tapi, ada beberapa cara mudah mengatasi laptop bergaris sendiri yang bisa Anda coba. Berikut penjelasan lengkapnya:

  1. Gunakan Pixel Repairer

Untuk tipe garis lurus berwarna yang tidak bergerak, Anda bisa mencoba memperbaikinya dengan menginstal Pixel Repairer. Software tersebut bekerja mendeteksi dead pixel pada laptop ber OS windows. Tidak hanya mendeteksi, Pixel Repairer juga dapat memperbaiki permasalahan layar bergaris.

Cara mengecek dan memperbaiki dead pixel menggunakan Pixel Repairer cukup mudah. Berikut langkah-langkah nya:

  • Jalankan program Pixel Repairer yang telah terinstal pada laptop Anda.
  • Pada menu Patern, pilih jenis pixel yang Anda inginkan
  • Klik Enable untuk menampilkan warna yang telah dipilih pada layar.
  • Perhatikan layar, jika Patern yang Anda pilih tidak nampak pada layar, itu mengindikasikan jika ada dead pixel. Sebaliknya jika seluruh layar menampilkan patern yang Anda pilih, berarti laptop Anda dalam kondisi prima.
  • Jika ditemukan dead pixel, langkah berikutnya adalah kembali ke kotak dialog Pixel Repair dan pilih ikon Repair.
  • Klik Add untuk mengatur area perbaikan.
  • Tarik kotak repair ke area yang mengalami dead pixel.
  • Gunakan mode konfigurasi repairer solid atau noise. Anda bisa mencobanya satu persatu sampai berhasil.
  • Pilih ukuran yang mencakup area dead pixel.
  • Untuk frekuensi, defaultnya adalah 60 Hz, tapi Anda bisa merubahnya.
  • Tunggu dan biarkan software melakukan perbaikan.
  1. Cek Kabel Fleksibel Layar

Cara mudah mengatasi layar laptop bergaris sendiri berikutnya adalah dengan melakukan pengecekan kabel fleksibel layar yang terhubung dengan Motherboard. Perhatikan dengan seksama apakah kabel sudah terpasang dengan benar atau mungkin ada yang rusak.

Agar lebih efisien, coba hubungkan laptop dengan layar monitor eksternal (PC). Apabila garis-garis tetap muncul, maka bisa dipastikan kondisi kabel fleksibel dalam kondisi baik. Itu juga mengindikasikan bahwa kerusakan terletak pada komponen lain yang berhubungan dengan layar.

  1. Periksa RAM, VGA, atau Hardisk

Setelah memastikan tidak ada masalah dengan kabel fleksibel, Anda harus mencoba memeriksa hardware laptop, mulai dari RAM, VGA, hingga hardisk.

Untuk mengecek komponen diatas, Anda harus membuka casing laptop terlebih dahulu. Periksa RAM dan bersihkan pin-pin menggunakan penghapus karet, lalu pasang kembali. Anda juga bisa mencoba memasang RAM pada slot berbeda dari sebelumnya.

Jika setelah RAM dibersihkan dan garis-garis tetap ada, Anda harus mengecek VGA. Seperti halnya RAM, pin-pin VGA juga harus dibersihkan. Jika garis-garis tetap muncul, mungkin Anda juga harus mengecek Hardisk. Ganti kabel Hardisk atau gunakan hardisk lain untuk tahu kondisinya.

Cara mudah mengatasi laptop bergaris sendiri seperti diatas bisa Anda praktikan kapanpun. Jika semua cara tersebut gagal, sebaiknya bawa laptop ke service center terdekat untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan tepat.

 

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *