Cara Mudah Mengatasi Kursor Bergerak Sendiri Saat Mengetik

touchpad

Mengatasi kursor bergerak sendiri saat mengetik – salah satu permasalahan klasik yang sering muncul saat Anda sedang mengetik di laptop adalah kursor bergerak sendiri. Tentu saja itu menggangu aktivitas mengetik. Tapi, jangan terlalu panik sebab ada beberapa cara mudah mengatasi kursor bergerak sendiri yang bisa Anda lakukan sendiri. Selengkapnya akan kami ulas di bawah ini.

Mengenal Kursor dan Fungsinya

Sebelum membahas cara mengatasi kursor bergerak sendiri saat mengetik, Anda harus tahu apa kursor itu sendiri. Sederhananya, kursor dapat didefinisikan sebagai indikator posisi pada monitor. Secara umum, ada dua jenis perangkat kursor, yaitu touchpad dan mouse. Kursor teks merupakan piranti yang menempel pada komputer dalam bentuk garis vertikal garis bawah, atau segi empat. Sedangkan kursor mouse adalah perangkat eksternal yang memiliki fungsi sama dengan kursor teks.

Fungsi kursor sendiri ialah memasukkan teks perintah pada perangkat lunak yang ditunjuk yang berfungsi merespon kursor. Contohnya ketika Anda mengklik shortcut File Explorer pada layar, maka secara otomatis sistem akan menampilkan menu tersebut.

Cara Mengatasi Kursor Bergerak Sendiri

Kursor memiliki peran vital dalam menjalankan fungsi perangkat lain. Jika kursor eror, maka sistem juga tidak beroperasi sebagaimana mestinya. Berikut cara mengatasi kursor bergerak sendiri yang bisa Anda coba:

  1. Kurangi sensitifitas touchpad atau mouse
Pointer Speed Slow
Pointer Speed Slow

Cara mengatasi kursor bergerak sendiri saat mengetik yang pertama adalah mengurangi sensitifitas touchpad atau mouse. Sensitifitas piranti kursor yang terlalu tinggi biasanya mengakibatkan kursor bergerak tak terkendali. Untuk mengatur sensitifitasnya, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini:

  • Klik Start > Control Panel
  • Setelah berada di jendela Control Panel, pilih menu Mouse Options
  • Masuk ke tab “Buttons”, lalu geser “Double Click Speed” ke arah “Slow”
  • Selanjutnya, masuk ke tab “Pointer Options” dan geser “Pointer Speed” ke arah “Slow”
  • Terakhir, klik OK untuk menyimpan perubahan pengaturan.
  1. Bersihkan touchpad
touchpad
touchpad

Kursor bergerak sendiri juga bisa disebabkan oleh kondisi touchpad yang kotor atau basah. Jika demikian, Anda harus membersihkannya dengan kain lembut atau tisu hingga touchpad benar-benar bersih.

  1. Instal ulang driver touchpad atau mouse
driver touchpad atau mouse
driver touchpad atau mouse

Anda juga bisa mencoba untuk menginstal ulang driver touchpad atau mouse pada laptop. Caranya adalah:

  • Klik Start > Control Panel > System > Device Manager
  • Cari menu “mice and other pointing device”
  • Klik tombol segitiga yang ada di samping kemudian klik kanan pada driver touchpad “PS/2 Compatible Mouse” lalu klik menu “Uninstall”.
  • Restart laptop Anda
  • Driver touchpad yang baru akan terinstal secara otomatis ketika Windows melakukan booting.
  1. Instal driver mouse dan keyboard buatan produsen laptop Anda

Alternatif lain untuk mengatasi kursor bergerak sendiri saat mengetik ialah dengan menginstal driver touchpad yang diluncurkan oleh produsen laptop Anda. Driver tersebut dapat diunduh di website resmi produsen.

  1. Gunakan charger original

Permasalahan kursor bergerak-gerak juga bisa datang saat Anda tidak menggunakan charger original. Karena tegangan listrik dari charger tidak sesuai, laptop biasanya mengalami konsleting yang ditandai dengan kursor bergetar.

  1. Gunakan mouse pad yang lembut

Kursor eror kadang juga disebabkan oleh penggunaan alas mouse yang tidak rata atau medan berkaca dan busa. Oleh karena itu, sebaiknya anda menggunakan mouse pad yang berkualitas agar cahaya laser pada mouse dipantulkan secara teratur.

  1. Matikan touchpad yang masih aktif

Saat menggunakan mouse, sebaiknya Anda mematikan touchpad terlebih dahulu agar kursor tidak berlawanan ketika tangan kanan Anda menggulir mouse sementara tangan kiri tidak sengaja menyentuh touchpad.

  1. Periksa kondisi touchpad dan mouse

Jika penyebab kursor bergerak sendiri mengacu pada touchpad atau mouse nya, lakukan pengecekan untuk memastikan. Caranya, tekan tombol Fn + Key yang menunjukkan touchpad eror.

Jika Anda menggunakan mouse, periksa kabel, sensor, dan konektor USB nya apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Sebab jika ada kerusakan pada komponen mouse bisa menyebabkan kursor eror.

  1. Bawa ke service center

Kursor bergerak sendiri dapat terjadi saat kabel penghubung touchpad dengan Motherboard putus. Untuk mereparasinya, tentu Anda harus membongkar casing laptop. Jika Anda tidak kompeten dalam hal tersebut, sangat dianjurkan untuk membawa ke service center saja agar tidak terjadi kerusakan lain.

Demikian cara mudah mengatasi kursor bergerak sendiri saat mengetik yang bisa Anda praktikan sendiri. Lakukan dengan hati-hati setiap cara yang Anda coba agar tidak menimbulkan permasalahan yang lebih serius.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *