Cara Menguji Koneksi PING Alamat IP di Berbagai OS

Masukkan Perintah PING wikipedia

Cara menguji koneksi PING alamat IP – Bagi anda yang bergelut di dumi jaringan komputer tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah PING. PING adalah salah satu command atau perintah dari komputer untuk menguji kecepatan koneksi atau transfer data antara satu komputer dengan komputer lain. Dengan menjalankan perintah PING, anda akan disajikan data seputar kekuatan, jarak, dan ketersediaan sambungan dari komputer yang anda gunakan dan juga jaringan internet yang terhubung. Nah, di bawah ini adalah beberapa cara menguji koneksi PING alamat IP melalui berbagai platform yang bisa anda coba.

PING Pada Windows, Mac OS X, dan Linux

Berikut adalah langkah menjalankan perintah PING pada Windows, Mac OS X, dan Linux:

  1. Buka Command Prompt atau Terminal
Buka Command Prompt
Buka Command Prompt

Setiap sistem operasi memiliki tampilan antar muka masing-masing untuk memasukkan perintah PING. Jika anda menggunakan Windows, anda bisa mulai dengan mengklik tombol start dan masukkan kata kunci CMD pada kolom pencarian. Atau jika anda sudah menggunakan Windows 8 ke atas, anda bisa langsung menuliskan CMD di kolom utama pencarian. Selain itu, anda juga bisa langsung menekan kombinasi tombol Windows dan huruf R secara bersamaan untuk memunculkan kolom Run. Setelah itu, anda bisa langsung mengetikkan kata CMD.

Untuk anda yang menggunakan Mac OS X,anda bisa langsung membuka Terminal. Caranya, silakan masuk ke folder Application. Setelah itu, pilih folder Utilities, dan langsung pilih Terminal.

Jika anda menggunakan Linux, anda bisa langsung menuju jendela Telnet atau Terminal. Biasanya, Terminal paling seiring di temukan di folder Accesories atau pada sektor aplikasi. Untuk pengguna Ubuntu lebih mudah lagi, anda hanya perlu menekan kombinasi tombol Ctrl+Alt+T.

  1. Masukkan Perintah PING
Masukkan Perintah PING wikipedia
Masukkan Perintah PING wikipedia

Setelah CMD atau terminal terbuka, selanjutnya abad hanya perlu mengetikkan perintah PING-nya. Ada dua pilihan yang bisa anda ketikkan untuk menguji sebuah alamat PING yaitu PING Hostname dan PING IP adress. Untuk nama host, biasanya adalah nama dari website itu sendiri. jadi jika anda ingin menguji situs web atau sebuah server, maka anda tinggal mengganti Hostname dengan nama server tua websitenya. Sebagai contoh, jika anda ingin menguji wikipedia, maka anda hanya perlu menulis PING https://www.wikipedia.com. Sedangkan untuk menguji alamat IP, maka anda tinggal mengisikan alamat IP yang ingin anda ujikan. Sebagai contoh, anda ingin menguji koneksi IP 192.168.1.1 maka anda tinggal mengetik PING PING 192.168.1.1. Sedangkan jika ingin menguji IP anda sendiri, maka tulis PING 127.168.1.1.

  1. Melihat hasil

Untuk melihat hasil dari PING tersebut, anda tinggal menekan tombol enter. Anda akan disajikan banyak informasi. Untuk membaca informasinya, anda bisa membaca petunjuk yang ada di bagian bawah CMD atau terminal.

Menggunakan Network Utility di MAC OS X

Selain melalui terminal, anda juga bisa menggunakan Network Utility untuk menguji alamat IP.caranya sebagai berikut:

  1. Buka Network Utility di folder Applications.
  2. Klik Tab PING
  3. Masukkan perintah PING seperti pada penjelasan sebelumnya. Anda bisa menguji server website atau ,emguji alamat IP komputer lain.
  4. Atur banyaknya PING yang anda inginkan. Ukuran yang ideal PING bisa menujukkan hasil akurat adalah sekitar 4 hingga 6 kali PING.
  5. Baca hasil PING-nya.

Itulah cara menguji koneksi PING alamat IP yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *