Cara Menginstal Printer ke Laptop dengan Mudah

   Install Menggunakan CD Drive

Cara menginstal printer ke laptop memang sangat penting untuk dilakukan. Apalagi saat ini kamu memang membutuhkan printer tersebut untuk mencetak berbagai macam hal, baik gambar maupun tulisan dari laptop yang kamu gunakan. Biasanya proses printing memang merupakan hal yang biasa dan rutin untuk dilakukan. Tak ada salahnya jika kamu sekarang mulai belajar untuk melakukan proses printing ini sendiri. Hal ini akan jauh lebih efisien daripada kamu harus bolak-balik ke warnet hanya untuk melakukan rental agar bisa melakukan proses printing. Jika kamu masing merasa kebingungan untuk melakukan proses install printer ke laptop, maka kamu perlu menyimak pembahasan berikut ini!

1.     Letakkan Printer Dekat dengan Laptop

Cara menginstal printer ke laptop
Cara menginstal printer ke laptop

Salah satu cara mudah untuk melakukan install printer ke laptop adalah dengan meletkkan printer di dekat laptop tersebut. Kamu dapat menggunakan kabel USB untuk memastikan bahwa printer tersebut jaraknya cukup dekat dengan laptop yang akan kamu gunakan. Kamu juga harus memastikan bahwa kamu telah menginstall CD Drive yang pada umumnya terdapat pada printer box di menu control panel.

2.     Install Menggunakan CD Drive

   Install Menggunakan CD Drive
Install Menggunakan CD Drive

Cara menginstal Printer ke laptop dengan cara yang tak kalah mudahnya adalah dengan menggunakan CD Drive. Untuk memasang printer ke laptop  yang kamu gunakan, kamu dapat menyiapkan CD Driver yang sesuai dengan merk printernya. Setelah itu, kamu dapat memasukannya pada ROM driver. Atau jika kamu tak punya ROM driver, kamu dapat menggunakan ROM eksternal driver. Setelah kamu berhasil masuk ke halaman pemasangannya, kamu dapat mengikuti petunjuk yang terlampir.

Setelah proses pemasangan tersebut berjalan dengan baik, kamu dapat mengeluarkan CD-Driver tersebut. Selanjutnya kamu perlu memastikan apakah  printer tersebut sudah terpasang dengan sempurna ataukah belum. Bila CD Driver printer tersebut belum terinstall dengan sempurna atau masih terdapat masalah, maka kamu perlu memasang CD Driver yang baru. Selain itu, kamu juga dapat mengunjungi situs layanan yang disediakan oleh produsen printer yang akan kamu install.

3.     Install Tanpa Menggunakan CD Driver

Jika kamu ingin menginstall printer pada sebuah laptop namun kamu tidak mendapat CD Drivernya atau kamu mengalami kehilangan CD Driver, maka jangan khawatir karena kamu bisa menginstall printer tersebut tanpa perlu menggunakan CD drivernya. Cara install printer tanpa menggunakan CD Driver adalah sebagai berikut:

  • Kamu perlu membuka control pane untuk bisa masuk ke devices and printer
  • Lakukan Add a printer agar kamu dapat melakukan tahapan berikutnya
  • Pada tahapan yang selanjutnya akan muncul pilihan untuk printer port. Kemudian kamu dapat menggunakan port tersebut untuk mengatur pilihan yang terbaik.
  • Selanjutnya, kamu dapat melakukan pengecekan dari situs resmi dari merk printer yang akan kamu gunakan. Setelah itu, kamu dapat mencari link untuk mendownload software.

4.     Cara Instal Printer dengan Driver Unduhan dari Website Resmi

driver printer
driver printer

Untuk menginstal printer dengan unduhan dari website resmi, kamu perlu melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, kamu perlu membuka website resmi dari perusahaan penyedia printer untuk bisa mendapatkan software driver yang sesuai dengan tipe printer yang akan kamu gunakan. Kamu perlu selektif memiliki driver yang ada di dalam website tersebut karena ada banyak jenis driver di dalamnya.

Agar kamu mudah menemukan driver yang kamu butuhkan, kamu dapat menggunakan search bar yang biasanya ada pada bagian kanan atas website. Kamu dapat melakukan scrolling hasil pencarian tersebut hingga kamu menemukan software driver yang akan kamu unduh.

  • Driver yang telah kamu unduh pada umumnya berupa winrar sehingga kamu juga membutuhkan softwar winrar untuk mengekstraknya. Untuk mengekstrak file tersebut, kamu perlu melakukan klik kanan pada file tersebut, lalu klik Extract Here.
  • Selanjutnya kamu perlu mencari setup file dengan eksistensi EXE. Double klik file tersebut untuk dapat memulai proses penginstalan.
  • Kamu dapat mengikuti setiap perintah yang muncul pada layar komputer.
  • Saat proses penginstalan berakhir, kamu akan dimintai untuk melakukan restart laptop agar software driver terinstal dengan baik.
  • Setelah proses restart telah selesai, kamu perlu menyambungkn printer dengn laptop menggunakan kabel bawaan untuk memeriksa apakah laptop tersebut sudah dapat mengenali printer itu.

Itulah beberapa cara menginstal printer ke laptop yang cukup mudah untuk kamu lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

 

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *