Cara Menghubungkan Server dengan Router Menggunakan CISCO Packet Tracer

CISCO Packet Tracer

Cara menghubungkan server dengan router menggunakan CISCO Packet Tracer – Bagi Anda yang tertarik untuk menghubungkan server ke komputer dengan menggunakan router, maka Anda berada di artikel yang tepat. Di sini akan dijelaskan secara mudah bagaimana cara untuk menyambungkan komputer ke server dengan router menggunakan CISCO packet tracer.

Cisco packet tracer adalah sebuah software yang diproduksi oleh Cisco System,sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jaringan dan internet. CISCO berfungsi menjadi simulasi dari suatu jaringan. Untuk mengetahui lebih detail tentang cara menghubungkan server dengan router menggunakan CISCO packet tracer, Anda bisa langsung menyimak ulasan dibawah ini.

Menghubungkan Server dengan Router Menggunakan CISCO Packet Tracer

CISCO Packet Tracer
CISCO Packet Tracer

Pertama-tama siapkan 1 PC Client, 1 server, dan 1 router. Kemudian sambungkan setiap device tersebut menggunakan Cross-over cable. Jika sudah tersambung, selanjutnya Anda bisa mengatur IP komputer client dengan IP sebagai berikut, 192.168.1.2/24 dan mengisi gateway 192.168.1.254.

Apabila tahap di atas sudah berhasil dilakukan, Anda bisa melanjutkan ke tahap pengaturan IP FastEthernet yang ada di client dan server. Gunakan IP 192.168.1.254 untuk menghubungkan ke client dan gunakan IP 192.168.2.254 untuk menghubungkan dengan server.

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa IP router ini merupakan IP yang berfungsi untuk menghubungkan antara client dengan gateway atau yang juga disebut sebagai server. Jangan lupa juga centang para kolom Port Status untuk mengaktifkan bagian Fast Ethernet-nya.

Selanjutnya Anda bisa melanjutkan ke tahap pengecekkan dengan cara mengirim data paket. Klik pada gambar surat di bagian kanan lalu taruh paket itu di PC Client dan server. Caranya cukup dengan klik kedua device tersebut agar terhubung.

Jika tahap ini berhasil, di bagian kanan bawah akan terlihat tulisan ‘Successful’ yang muncul sebagai tanda bahwa pengiriman paket berhasil dilakukan. Dengan demikian, PC Anda sudah siap untuk digunakan karena CISCO Packet Tracer telah berhasil menghubungkan server dengan router.

Bagaimana, caranya sangat mudah kan? Tentu saja, CISCO Packet Tracer memang memungkinkan penggunanya untuk merekayasa proses penghubungan server dengan router menjadi sangat mudah. Selain kemudahan, CISCO juga memberikan penawaran lain yang pastinya mampu memenuhi kebutuhan kalian di bidang jaringan dan internet. Apa saja sih kelebihan yang ditawarkannya? Berikut ulasan singkatnya.

Kelebihan Software CISCO Packet Tracer

Salah satu kelebihan yang paling dicari oleh para pegiat jaringan internet adalah biaya yang relatif lebih murah. Dengan menggunakan software ini maka anggaran untuk pembuatan jaringan dari nol bisa dipangkas.

CISCO juga mampu meningkatkan kreatifitas individu melalui setiap pembelajarannya. Dengan CISCO pula setiap orang bisa mengeluarkan gagasan ide kreatifnya. Bahkan lebih jauh dari itu, seorang ahli CISCO juga bisa merancang suatu topologi jaringan. Pastinya penempatan perangkat jaringan juga bisa ditentukan secara maksimal.

Penggunaan CISCO Packet Tracer
Penggunaan CISCO Packet Tracer

Nah, demikianlah ulasan singkat yang bisa kami bagikan seputar cara menghubungkan server dengan router menggunakan CISCO Packet Tracer dan beberapa kelebihan yang dirasakan. Untuk itu bagi Anda yang kekurangan sumber daya manusia, CISCO bisa dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan jaringan Anda.

Semoga ulasan ini bermanfaat dan Anda bisa mencoba untuk menerapkan sendiri cara sederhana dari menghubungkan server dengan menggunakan CISCO Packet Tracer. Pastinya dengan memaksimalkan software ini, kreatifitas dan daya ingat serta konsentrasi bisa lebih terjaga. Jadi bagi Anda yang baru ingin mulai belajar, tidak ada salahnya untuk segera bereksperimen dengan jaringan bersama CISCO Packet Tracer.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *