Cara Menghubungkan Router ke Access Point

cara menghubungkan router ke Access Point

Agar internet dapat terpancar secara luas dalam jaringan lokal yang telah dibuat, Anda harus mengetahui bagaimana cara menghubungkan router ke Access Point. Access Point dan router merupakan dua fungsi perangkat jaringan yang digunakan secara bersamaan untuk membentuk pemancar sinyal wifi sehingga user dapat menikmati akses internet dengan mudah dalam jaringan tersebut. Sebelum membahas bagaimana caranya menghubungkan router pada access point, terlebih dahulu Anda harus memahami apa itu router dan access point yang digunakan dalam sebuah jaringan.

Pengertian Router dan Fungsinya

cara menghubungkan router ke Access Point
cara menghubungkan router ke Access Point

Sebelum membahas bagaimana cara untuk menghubungkan router pada acces point, ada baiknya Anda memahami apa sebenarnya router yang biasa digunakan dalam sebuah jaringan. Secara sederhana, router dapat diartikan sebagai alat yang bisa digunakan untuk mengirim paket data di jaringan tertentu. Proses pengiriman data tersebut dikenal sebagai routing dan proses tersebut terdapat pada sebuah Internet Protocol atau IP. Berdasarkan pengertian tersebut, kita mengetahui bahwa router dapat menghubungkan lebih dari satu jaringan sehingga dapat menerusakan data ke jaringan yang lain.

Dalam sebuah jaringan, peran router ini sangat penting keberadaannya. Hal ini tidak terlepas dari kemampuan router untuk mengirimkan data dari satu jaringan ke jaringan yang lainnya. Router juga berfungsi untuk mentransmisikan informasi dari satu jaringan ke jaringan yang lainnya.

Pengertian Access Point dan Fungsinya

Access point merupakan salah satu perangkat dalam jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena yang digunakan untuk mengirim dan menerima sinyal dari dan ke clients server. Access point yang terdapat pada jaringan komputer mampu menciptakan jaringan lokal nirkabel. Untuk itu, access point perlu dihubungkan dengan router ataupun hub sehingga dapat memancarkan sinyal wifi pada suatu area atau tempat tertentu.

Acces point tidak dapat mengatur aliran data seperti router. Access Point hanya mampu menghubungkan atau tidak menghubungkan suatu perangkat yang mencoba untuk masuk ke dalam jaringan berdasarkan password yang dimasukkan.

Fungsi dari Access point adalah untuk mengatur lalu lintas data sehingga memungkinkan banyak client untuk saling terhubung melalui sebuah jaringan atau Network. Pada Access Point, koneksi data internet dikirimkan melalui gelombang radio yang kekuatan sinyalnya mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau. Semakin besar kekuatan sinyalnya, maka semakin luas pula jangkauannya.

Cara Menghubungkan Router ke Access Point

Setelah kita membahas tentang pengertian dan fungsi dari  router dan access point, kini kita akan membahas mengenai cara menghubungkan router ke access point sehingga nantinya sinyal internet dapat terpancar secara luas dalam jaringan lokal yang  telah dibuat. Untuk itu, simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pertama-tama, Anda harus melakukan remote pada router terlebih dahulu dengan menggunakan winbox.
  2. Setelah masuk ke Winbox, hapus konfigurasi pabrikannya. Kemudian masuk ke menu System> Reset Configuration>  No Defaults Configuration> Reset Configuration.
  3. Selanjutnya, untuk mengaktifkan interface wireless, Anda harus masuk ke menu Wireless> Klik wlan1> klik ikon “centang”.
  4. Setelah itu, klik 2 kali bagian wlan1> klik Wireless untuk mencari Access Point, dan setelah itu klik “scan”
  5. Access Point akan ditemukan setelah Anda menekan tombol “Start”. Selanjutnya, klik Wifi yang akan dihubungkan dengan router dengan klik “Connect”.
  6. Kemudian, Anda dapat memasukkan assword dari WiFi dengan masuk ke menu “Wireless table”, kemudian ke tab “Securitu Profile”. Selanjutnya Anda bisa membuat nama yang sesuai keinginan Anda, masuk ke password di bagian “Pre-Shared Key”, dan klik OK.
  7. Anda harus masuk ke interface wlan 1 lagi untuk mengubah bagian security profile dari default menjadi yang telah kita buat tadi, lalu klik Apply dan OK.
  8. Saat proses tersebut berhasil dilakukan, akan muncul huruf “R” di depan interface wlan 1. Hal ini merupakan tanda bahwa interface wireless telah berhasil dikonfigurasi.
  9. Saat telah terhubung ke Access Point, Anda harus masuk ke menu IP> DHPC Client> “+”, untuk mendaptkan IP dari DHPC Client.
  10. Setelah Anda mendapatkan IP dari DHPC Client, Anda bisa terhubung ke internet. Untuk memastikannya, cobalah lakukan PINK ke google.com. Caranya adalah dengan membuka “New Terminal” dan ketik PING google. Apabila PING google berhasil, maka Anda sudah bisa menikmati internet.

Demikianlah pembahasan tentang cara menghubungkan router ke Access Point. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

 

 

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *