3 Cara Menggunakan VPS untuk Pemula Mudah dan Praktis

Akses VPS via Control Panel

Mungkin karena kehadiran VPS yang belum sepopuler Shared Hosting, cara menggunakan VPS untuk pemula masih banyak jadi bahan perbincangan. VPS sendiri adalah salah satu model hosting yang menyediakan server virtual khusus berdasarkan server fisik sebuah komputer. jadi nantinya, anda akan memiliki server virtual sendiri sama persis dengan server fisik yang menyimpan semua data yang dibutuhkan website yang anda hosting-kan. Bukan hanya itu, VPN membuat server virtual yang bersifat pribadi, maksudnya, meskipun dalam satu server fisik terdapat banyak VPN, anda dan user yang lain tidak bisa salin melihat data. Jadi bisa dikatakan anda sudah memiliki Server Dedicated sendiri jika sudah memiliki VPS. Nah, bagi anda yang ingin mencoba VPS, berikut adalah cara menggunakan VPS untuk pemula.

Remote VPS via PuTTY

VPS Remote VPS via PuTTY
VPS Remote VPS via PuTTY

Jika anda pernah mendengar istilah Remote Server sebelumnya, maka anda tidak akan terlalu kesulitan dalam menggunakan VPS. Benar sekali, cara kerja Remote Server sama halnya dengan mengakses server menggunakan SSH. dengan demikian, anda bisa mengendalikan VPS yang anda miliki dari jarak jauh seperti mengatur akses kontrol, konfigurasi, hingga melakukan instalasi software yang bisa mendukung berjalannya website yang anda hosting di VPS tersebut.

Nah, untuk bisa mengakses VPS dengan Remote Server, anda akan membutuhkan akses SSH. Anda tidak perlu khawatir karena akses SSH bisa dilakukan di semua VPS melalui software bernama PuTTY atau melalui terminal. Software PuTTY sendiri hanya dikhususkan untuk para pengguna Windows saja. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Download PuTTY dari website resminya, kemudian instal aplikasinya. Selanjutnya, anda hanya tinggal mengisi  IP Adress VPS yang sudah anda miliki. Jangan lupa juga untuk mengisi Port SSH yaitu 22. Pastikan komputer anda terhubung dengan internet untuk mulai melakukan Remote VPS menggunakan PuTTY.

Remote VPS via Terminal

Remote VPS via Terminal
Remote VPS via Terminal

Cara Remote VPS yang selanjutnya dikhususkan bagi anda yang menggunakan Mac OS dan juga Linux sebagai sistem operasi. Kedua sistem operasi tersebut bisa melakukan Remote VPS menggunakan terminal yang sudah disediakan sebelumnya. Cara menghubungkannya juga hampir sama dengan Remote Server via PuTTY. Namun cara dengan terminal ini tergolong lebih mudah. Anda hanya perlu menuliskan SSH di terminal tersebut. Selanjutnya, masukkan Password VPS yang sudah anda daptkan sebelumnya, dan anda siap melakukan proses Remote VPS.

Akses VPS via Control Panel

Akses VPS via Control Panel
Akses VPS via Control Panel

Jika anda merasa mengakses VPS melalui konsol terlalu sulit, maka anda bisa mencoba cara yang ketiga, yaitu mengakses VPS via Control Panel seperti cPanel Hosting. Anda bisa memilihsalah satu dari sekian banyak layanan Control Panel yang banyak ditawarkan di internet seperti Webuzo, Plesk, CentOS Web Panel, dan lain –lain. Atau jika anda ingin lebih murah, anda bisa mencari layanan VPS lokal Indonesia yang juga sangat beragam jenis paketnya. Dengan begitu, anda tidak perlu lagi direpotkan dengan konfigurasi yang ribet dan sulit karena secara otomatis, Control Panel akan menghantarkan anda ke VPS yang sudah anda beli sebelumnya.

Demikianlah informasi mengenai cara menggunakan VPS untuk pemula yang bisa anda ketahui. Jika anda masih ragu dengan kemampuan anda dalam mengoperasikan VPS, anda tentu bisa mendapatkan dukungan dari pihak penyedia layanan VPS yang anda beli. Nah, inilah pentingnya selektif dalam membeli VPS. Pastikan penyedia layanan juga menyediakan panduan dan pengoperasian khususnya bagi pemula. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *