Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop Ternyata Sangat Mudah

tombol Wifi laptop

Cara mengaktifkan Wifi di laptop merupakan sesuatu yang sangat penting untuk diketahui. Dalam hal ini penggunaan adapter Wifi sangatlah penting agar Anda bisa berselancar di dunia maya dengan lebih mudah. Jika Wifi sudah menyala, maka laptop atau komputer yang Anda miliki akan bisa menangkap sinyal hotspot atau internet yang ada di sekitarnya dengan mudah. Sebagaimana diketahui, Wifi yang ada di komputer Anda tidak selalu aktif setiap saat. Salah satunya adalah ketika Anda hendak melakukan penghematan laptop. Dari sini Anda mungkin akan menyalakannya lagi jika ingin menggunakannya lagi.

Untuk lebih jelasnya tentang cara mengaktifkan wifi di laptop, berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan di dalamnya:

1. Memakai Tombol WiFi

tombol Wifi laptop
tombol Wifi laptop

Tahapan atau langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memakai tombol WiFi. Tombol yang satu ini bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai opsi laptop seri terbaru. Meski demikian, ada juga beberapa seri laptop lama yang juga masih memiliki tombol WiFi yang sudah ready dan bisa ditekan kapan saja. Dari sinilah Anda akan mampu memperoleh kemudahan untuk menyalakan Wifi yang diinginkan dengan lebih mudah di dalamnya.

2. Memakai Tombol Fn + F1 atau F2

Cara mengaktifkan wifi di laptop yang berikutnya adalah dengan memakai tombol Fn + beberapa tombol yang berfungsi untuk menyalakan WiFi Anda tersebut. Tombol yang umum digunakan biasanya adalah F1 atau F2. Tapi Anda bisa menyesuaikannya sesuai dengan yang Anda butuhkan. Ada kalanya juga terletak di bagian tombol angka. Jadi lihat baik-baik keyboard yang ada di laptop Anda. Apakah ada gambar keyboard atau tombol yang bericon WiFi? Jika iya, maka Anda tinggal mengkombinasikan memencet tombol tersebut diikuti dengan Fn yang terdapat di dalamnya.

3. Memanfaatkan Windows Mobility Center

Windows Mobility Center
Windows Mobility Center

Anda juga bisa langsung menerapkan tahapan cara mengaktifkan wifi di laptop yang lebih mudah dengan masuk ke Windows Mobility Center. Dari sinilah Anda bisa mencoba untuk melakukan langkah-langkah yang ada sebagai berikut:

  • Untuk Windows 7, maka Anda hanya tinggal masuk pada Start di Taskbar, kemudian pilih opsi Control Panel yang terdapat di dalamnya.
  • Bagi pengguna Windows 8, Anda bisa menerapkan langkah berikutnya, yaitu menyapu kursor Anda ke pojok kanan atas, kemudian lakukan opsi Settings dan Control Pannelyang ada di dalamnya.
  • Dalam tahapan berikutnya, yangbisa Anda lakukan adalah dengan memilih opsi Adjust Commonly Used Mobility Settings. Dari sini Anda akan bisa menggunakan Hardware and Sound.
  • Nantinya Anda tinggal melihat pada bagian WiFi, kemudian yang Anda lakukan adalah dengan memilih Turn On Wireless yang ada di dalamnya.
  • Jangan lupa lihat logo Wireless Anda. Jika sudah menyala berarti WiFi Anda tersebut sudah menyala.

4. Mengaktifkan WiFi Pada Windows 10

Dalam tahapan cara mengaktifkan wifi di laptop berikutnya, yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencoba untuk menerapkan beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sebagai berikut:

  • Tahapan awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih Icon Network yang terdapat di bagian Taskbar. Bagian tersebut berbentuk Logo Sinyal WiFi yang bisa Anda pergunakan dengan mudah.
  • Kemudian, jika Airplane Mode menyala, maka Anda hanya perlu untuk mematikan terlebih dahulu Airplane Mode tersebut dengan mengekliknya sekali lagi.
  • Setelah itu, tahapan berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyalakan WiFi yang Anda miliki. Cara tersebut bisa Anda terapkan dengan mengeklik Icon yang terdapat pada WiFi yang Anda miliki itu sendiri.

5. Install Wireless Driver

Langkah selanjutnya dalam cara mengaktifkan wifi di laptop yang bisa Anda lakukan adalah dengan menginstall Wireless Driver yang ada di dalamnya. Anda bisa menggunakannya pada Windows 7, Windows 8, Windows 10, dan lain sebagainya. Tinggal Anda hanya langsung memilih menu Setup yang terdapat di dalamnya untuk langsung memulai instalasi. Jika sudah tinggal tunggu saja sampai proses instalasi selesai. Anda pun akan bisa mendapatkan kemudahan dalam menyalakan WiFi Anda kembali dengan sukses.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *