Cara Memperbaiki Kerusakan UPS yang Sering Terjadi

UPS komputer

 Cara memperbaiki kerusakan UPS – UPS adalah peralatan elektronik yang dalam penggunaannya selalu aktif menyedot daya listrik bertengangan tinggi. Tak jarang UPS juga bekerja secara terus-menerus seiring banyaknya waktu pakai sebuah komputer. Dengan kondisi ini, tak heran jika terkadang UPS sering mengalami beberapa kerusakan. Walaupun kerusakan tersebut tidak parah, tetapi akan sangat merugikan apabila Anda tidak tahu bagaimana cara mengatasinya.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi seputar cara memperbaiki kerusakan UPS yang sering dan umum terjadi. Untuk info lebih jelasnya langsung saja simak ulasan berikut.

Kerusakan pada Baterai UPS

UPS komputer
UPS komputer

Baterai adalah salah satu komponen terpenting dari UPS. Baterai ini berfungsi untuk menyimpan daya listrik yang nantinya akan disalurkan apabila listrik utama tiba-tiba mati mendadak. Apabila UPS sudah digunakan dalam waktu yang lama, maka biasanya baterai akan drop dan cepat habis. Kondisi ini tidak hanya berdampak pada jangka waktu pemakaian baterai saja, tetapi juga dari kinerja UPS itu sendiri.

Baterai yang drop umumnya akan kering dan hal ini menghambat kinerja UPS, terutama dalam menjalankan fungsinya sebagai stabilizer listrik. Untuk itu sebaiknya segeralah ganti baterai apabila dirasa kinerja UPS dan baterai sudah menurun.

UPS Berbunyi ‘Beep’ secara Terus-menerus

UPS berbunyi
UPS berbunyi

Kondisi semacam ini biasanya mengindikasikan ada kegagalan sistem pada UPS. Jika hal ini terjadi Anda juga tidak perlu panik karena UPS hanya perlu di restart saja. Caranya juga sangat mudah, cukup cabut kabel power dan hidupkan UPS. Setelah beberapa saat, UPS akan mati dan lepaskan baterainya. Selanjutnya Anda bisa memasang kembali kabel power dan hidupkan UPS selama beberapa menit.

Setelah itu kembali matikan UPS dan lepas kabel power lalu pasang kembali baterai yang sebelumnya dilepas. Apabila langkah-langkah tersebut sudah dilakukan, Anda bisa menggunakan UPS sebagaimana mestinya dan bunyi ‘beep’ pun tidak lagi terdengar.

UPS Mati saat Listrik Padam

Saat listrik padam, seharusnya UPS berfungsi untuk menjaga komputer agar tidak mati, yaitu dengan menyuplai daya listrik cadangan melalui baterai. Namun apa jadinya jika UPS juga ikutan mati saat listrik pada? Kejadian ini memang umum terjadi pada beberapa UPS yang sudah berumur. Apabila Anda juga mengalaminya, maka kemungkinan besar kerusakan terjadi pada bagian baterai.

UPS Mati
UPS Mati

Baterai UPS yang sudah digunakan dalam jangka waktu lama memang bisa drop dan mati. Solusi dari permasalahan ini adalah Anda cukup membeli baterai baru dan mencoba kembali menggunakan UPS sebagaimana mestinya.

PCB Mati / Rusak

Jika UPS Anda terindikasi mengalami kerusakan PCB, maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan memeriksa papan PCB, apakah terbakar atau hangus. Jika papan PCB tampak hangus, maka Anda harus mengganti part tersebut dengan yang baru.

Apabila Anda tidak berani membongkar UPS sendirian, sebaiknya serahkan kepada toko sparepart PC yang memang menyediakan jasa servis. Karena pada dasarnya penggantian part PCB ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Alih-alih UPS sehat kembali, justru UPS Anda akan rusak parah apabila ada kesalahan dalam pemasangan papan PCB.

Nah, demikianlah ulasan singkat yang bisa kami bagikan seputar cara memperbaiki kerusakan UPS yang umum terjadi. Apabila Anda mengalami gejala-gejala di atas, maka tidak perlu panik karena gejala tersebut masih bisa diatasi dengan mudah. Kami juga mengingatkan bagi Anda yang kurang berpengalaman dalam memperbaiki UPS, sebaiknya membawa UPS ke tempat service yang terpercaya agar tidak terjadi kerusakan yang semakin parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *