Cara Membuat Server Cloud Storage di Jaringan LAN Bagi Pemula

Cara membuat server cloud storage di jaringan LAN – Bagi sebagian orang mungkin tidak terlalu membutuhkan penggunaan server cloud storage. Pasalnya, ada yang belum mengetahui apa itu server cloud storage dan sebagian orang tidak tahu cara menggunakan atau membuat server cloud storage. Padahal, cloud storage bisa mempermudah para penggunanya dalam mengakses datadari berbagai perangkat di manapun dan kapan pun. Sudah banyak perusaah IT yang menawarkan jasa penggunaan cloud storage, tentunya dengan harga yang cukup mahal. Nah, sebelum membahas mengenai cara membuat server cloud storage di jaringan LAN. Berikut pengertian mengenai server cloud storage.

Pengertian Server Cloud Storage

Cloud Storage sendiri ialah sebuah teknologi penyimpanan data secara digital yang memanfaatkan adanya atau penggunaan server virtual sebagai media penyimpanan data tersebut. Tak seperti media penyimpanan hardware pada umumnya seperti halnya CD ataupun hard disk, teknologi Cloud Storage tak membutuhkan perangkat tambahan. Yang Anda butuhkan untuk bisa mengakses file digital Anda hanyalah sebuah perangkat komputer atau gadget yang sudah dilengkapi layanan internet atau hubungan ke jaringan cloud storage tersebut.

Teknologi cloud storage ini jauh lebih effisien daripada penggunaan media penyimpanan lainnya. Salah satunya adalah keamanan dan kebersihan data yang terjamin. Data yang Anda simpan tetap aman dan juga bersih dari berbagai malware maupun virus yang merusak data. Ada banyak perusahaan yang menyediakan layanan cloud storage ini. Namun, Anda sebenarnya bisa membuat cloud storage sendiri dengan memanfaatkan jaringan LAN di rumah atau di kantor Anda. Berikut cara membuat server cloud storage di jaringan LAN yang bisa Anda praktikkan di rumah.

Cara Membuat Server Cloud Storage Dengan Memanfaatkan Jaringan LAN

Untuk membuat server cloud storage dengan memanfaatkan jaringan LAN di rumah atau di kantor Anda. Ada beberapa perangkat lunak yang bisa Anda gunakan. Untuk perangkat lunak server cloud storage, Anda bisa menggunakan distro Linus Ubuntu versi 12.04 yang nanti berfungsi sebagai sistem operasi servernya., Setelah itu gunakan LAMP untuk dijadikan web server dan databasenya dan terakhir gunakan perangkat lunak ownCloud sebagai software untuk cloud storagenya itu sendiri. Berikut langkah pembuatannya.

  1. Instal sistem operasi Linux Ubuntu ver 12.04 agar fungsi dari database dan perangkat lunak cloud storage bisa berjalan dengan baik dan sekaligus terjauh dari berbagai jenis malware.
  2. Setelah itu, install web server LAMP.  Anda bisa menggunakan perintah “sudo apt-get install lamp-server^” pada linux.
  3. Setelah itu konfigurasikan database dengan login ke musql. Gunakan perintah “mysql -u root –p”.
  4. Jika sudah login ke database, buat database dengan nama db_owncloud berikut perintah membuat database di linux “create database db_owncloud;”
  5. Atur hak akses database dengan membuat username owncloud dan password owncloud. Berikut perintah pembuatan hak akses database di linux, “grant all privileges on db_owncloud.* to “owncloud”@”localhost” identified by “owncloud”;”
  6. Aktifkan modul rewrite dan headers pada owncloud, gunakan perintah “sudo a2enmod rewrite” dan perintah “sudo a2enmod headers”.
  7. Lakukan konfigurasi di /etc/apache2/sites-available/default. Masukan perintah ini pada terminal linux “sudo nano /etc/apache2/sites-available/default”
  8. Carilah blok kode 
  9. Options Indexes FollowSymLinks MultiViews
  10. AllowOverride None
  11. Order allow,deny
  12. allow from all
  13. Lakukan perubahan pada baris AllowOverride None menjadi AllowOverride all.
  14. Lakukan restart pada apache 2 dengan menggunakan perintah “sudo service apache2 restart” pada terminal linux.
  15. Selanjutnya install ownCloud dengan perintah dibawah ini
  16. sudo sh -c “echo ‘deb http://download.opensuse.org/repositories/isv:/ownCloud:/desktop/xUbuntu_12.04/ /’ >> /etc/apt/sources.list.d/owncloud-client.list”
  17. wget http://download.opensuse.org/repositories/isv:ownCloud:desktop/xUbuntu_12.04/Release.key
  18. sudo apt-key add – < Release.key  
  19. sudo apt-get update
  20. sudo apt-get install owncloud owncloud-client
  21. Buat folder link /usr/share/owncloud ke /var/www/owncloud. Anda bisa menggunakan perintah di bawah ini pada terminal linux
  22. cd /var/www
  23. sudo ln -s /usr/share/owncloud/ owncloud
  24. Ubah kepemilikan folder owncloud dengan menggunakan perintah “sudo chown -R www-data:www-data /var/www/owncloud”
  25. Coba Anda akses http://NO_IP_SERVER/owncloud untuk instalasi.
  26. Masukkan username dan password untuk admin owncloud
  27. Masukkan juga username, password dan nama database mysql yang sudah diset sebelumnya.
  28. Proses instalasi owncloud pun sudah selesai dan server siap Anda gunakan

Anda bisa melakukan beberapa konfigurasi di perangkat lunak cloud storage tersebut seperti menyingkronkan folder pada computer, memberikan hal akses kepada perangkat lain dan lain sebagainya. Yang harus Anda pahami dari cara membuat server cloud storage di jaringan LAN ini adalah usahakan jaringan LAN Anda disetting dengan benar agar nantinya tidak terjadi kerusakan saat transfer data akibat hardware yang digunakan tidak memadai atau kabel jaringan tidak sesuai dengan minimum requirement perangkat lunak.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *