4 Cara Kerja Server Google yang Bikin Geleng-geleng Kepala

Cara kerja server Google

Cara kerja server Google – Server memiliki tanggung jawab untuk melakukan sejumlah tugas penting dan juga merupakan bagian penting dalam infrastruktur IT. Meski bagi user melakukan segala sesuatunya mudah namun tidak bagi perancang sistem di balik layar dimana ada banyak sekali hal yang harus dilakukan mulai dari keamanan, otentikasi, dan masih banyak lagi lainnya. Sebagai contohnya adalah Anda akan melakukan belanja online, tentu Anda akan mudah dalam melakukan belanja online tersebut tapi bagi perancang sistem tentu akan sulit untuk menjadikan satu operasi menjadi satu kesatuan. Selain itu pembelian dan permintaan tidak akan bisa dilakukan tanpa beberapa server yang bisa menangani beban tersebut.

Server sendiri adalah sebuah komputer yang mana di desain untuk bisa memproses permintaan atau request kemudian mengirimkan data ke komputer lain melalui jaringan internet atau jaringan lokal, fungsi dasarnya adalah menerima permintaan jaringan yang masuk. Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang cara kerja server Google. Seperti yang kita ketahui bahwa Google adalah mesin pencarian raksasa terbesar di dunia. Google ini juga mengakuisisi YouTube hingga menjadi besar seperti saat ini. Berikut adalah cara kerja dari sever miliki Google yang menarik untuk Anda ketahui:

Crawling

Google crawling
Google crawling

Cara kerja server Google yang pertama adalah crawling. Crawling adalah proses mengumpulkan informasi dari sebuah website caranya dengan menyusuri setiap link yang ada di website tersebut satu per satu. Hal ini tidak bisa dilakukan dengan cara manual namun menggunakan crawler yang bernama googlebot. Crawler bisa berjalan secara otomatis dalam mengumpulkan informasi di setiap sistem yang sudah disediakan oleh pemilik website.

Googlebot sendiri akan lebih mementingkan mengumpulkan informasi tentang website baru, perubahan dari website yang sudah ada dan link yang sudah tidak aktif lagi di Google. Google pun mengakui bahwa crawling yang mereka lakukan tidak menerima bayaran dari pihak tertentu.

Indexing

Cara kerja server Google

Ada juga indexing. Indexing adalah mengatur informasi tersebut kemudian menyimpannya ke dalam server Google. Indexing di ibaratkan sebagai perpustakaan besar yang menyimpan buku secara terorganisir.  Dalam melakukan indexing Google ini akan menyimpan informasi secara jelas dan terstruktur. Ketika mengetikkan kata kunci di kotak penelusuran maka page yang ditampilkan akan sesuai dengan yang di ketikkan.

Algoritma

Tentu algoritma ini sudah tidak asing terutama yang berkutat dalam dunia IT. Algoritma adalah suatu formula yang di dalamnya memiliki langkah logis untuk menyelesaikan sebuah masalah, formula tersebut erat kaitannya dengan bahasa pemrograman sehingga algoritma Google adalah sebuah program untuk memecahkan masalah, dalam hal ini akan menentukan hasil relevan dari sebuah kata atau kalimat yang di ketikkan oleh pengguna kotak pencarian.

Agar hasil yang ditunjukkan oleh Google ini relevan maka akan mengandalkan lebih dari 200 rujukan informasi sehingga memungkinkan untuk menebak informasi apa saja yang benar-benar dicari oleh user tersebut. Tidak hanya itu saja ada banyak komponen yang bisa digunakan untuk menentukan hasil pencarian selain itu Google juga bisa mengembangkan berbagai fitur agar pengguna menjadi lebih nyaman dalam mendapatkan informasi yang di inginkan lebih mudah seperti Google Instant atau knowledge graph.

Fighting Spam

Cara kerja server Google yang terakhir adalah fighting spam. Spam adalah teknik curang yang mana mengulang kata kunci tertentu secara berulang-ulang atau membeli link agar mendapatkan page rank yang cukup tinggi sehingga pemilik website akan mendapatkan keuntungan  dengan berhasil menduduki halaman teratas pencarian. Untungnya adalah server Google ini bisa mendeteksi sebagian besar spam dan juga menurunkan website tersebut secara otomatis, sedangkan sisanya adalah ditinjau secara manual.

Karena termasuk mesin pencarian raksasa maka server Google ini menjaga keamanan data dan kecepatan aksesnya. Semoga cara kerja server Google di atas bermanfaat bagi Anda dan memberikan sedikit gambaran bagaimana server pada Google tersebut bekerja terutama bagi Anda yang sering bekerja dengan Google Ads.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *