Cara Kerja Cloud Storage dan Jenis-jenisnya

Cara kerja cloud storage – Anda pasti sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan cloud storage. Saat ini cloud storage banyak digunakan untuk menambah effisiensi dari penyimpanan data, pengambilan data dan share data dengan pengguna lainnya. Namun, masih banyak yang belum memahami bagaimana cara kerja cloud storage dan apa saja jenis-jenis dari cloud storage yang ada saat ini. Berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Cloud Storage Bekerja

Sebuah cloud storage bisa bekerja jika ada satu data server yang sudah terhubung dengan jaringan internet. Dengan menggunakan internet, client atau yang menggunakan layanan cloud storage akan mengirimkan salinan dari file yang dimilikinya dan kemudian server akan otomatis mencatat file tersebut kedalam media penyimpanan.

Saat client akan mengambil kembali file miliknya tersebut, si client bisa mengakses data yang dimaksud lewat interface yang sudah berbasis web. Setelah itu, file tersebut nantinya otomatis dikirimkan ke komputer client atau server akan memberikan izin kepada client untuk mengakses, merubah dan mengambil data yang ada pada server tersebut.

Biasanya, sebuah sistem cloud storage akan mengandalkan lebih dari satu server. Hal tersebut dikarenakan komputer server membutuhkan perawatan ataupun perbaikan nantinya, sehingga data akan diakses melalui komputer server lainnya. Cloud storage akan menyimpan data yang sama atau disebut dengan redudancy agar jika salah satu data server mati atau dalam perbaikan, client tetap bisa mengakses data miliknya dari komputer server lainnya.

Jika cloud server tak memiliki redudancy, maka klien akan kesulitan mengakses data atau file miliknya jika komputer server sedang down atau mati. Sehingga sistem cloud server akan mengcopy data dari client ke beberapa komputer server yang terhubung agar client bisa mengakses datanya walau salah satu dari komputer server sedang mengalami gangguan.

Jenis Cloud Storage yang banyak Digunakan

Setelah memahami cara kerja cloud storage, selanjutnya Anda harus mengetahui jenis-jenis cloud storage yang saat ini banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Personal Cloud Storage

Personal cloud storage atau yang banyak dikenal dengan mobile cloud storage  adalah penyimpanan cloud yang digunakan untuk menyimpan berbagai jenis data dari perorangan. Cloud storage jenis ini bisa diakses oleh para penggunananya dimana saja dan kapan saja sehingga memudahkan para penggunanya yang akan mengakses data penting mereka.

Saat ini, layanan personal cloud storage sendiri melayani sinkronisasi data dan juga sharing data ke berbagai jenis device sehingga akan memudahkan para penggunanya saat akan berbagi atau mengirim file data.

  • Public Cloud Storage

Public cloud storage adalah layanan penyimpanan yang biasa digunakan oleh berbagai perusahaan untuk menyimpan datanya sehingga bisa diakses oleh banyak pengguna. Perusahaan nantinya akan menyewa jasa layanan penyedia cloud storage agar mengatur semua data di perusahaan tersebut dalam sebuah sistem cloud.

Public cloud storage ini cocok digunakan bagi jenis data yang tak terstruktur sehingga data tersebut tetap bisa Anda akses dan juga bisa diakses oleh para staff di sebuah perusahaan.

  • Private Cloud Storage

Seperti namanya, jenis cloud storage ini merupakan penyimpanan khusus yang digunakan oleh sebuah perusahaan tanpa adanya data dari perusahaan lainnya. Biasanya, si penyedia cloud storage akan membangun infrastruktur sendiri di sebuah perusahaan agar data perusahaan tersebut tersimpan di sebuah sistem cloud sendiri.

Tujuan dari penyimpanan cloud jenis ini adalah untuk meningkatkan keamanan dan juga kecepatan akses data sehingga sebuah perusahaan tidak akan khawatir akan kehilangan datanya karena mereka memiliki infrastruktur penyimpanan data sendiri.

  • Hybrid Cloud Storage

Cloud storage jenis ini merupakan penggabungan dari public cloud storage dengan private cloud storage. Hybrid cloud storage ini akan menyimpan data-data penting di sebuah perusahaan didalam private cloud sedangkan data dan arsip lainnya akan disimpan dan bisa diakses melalui public cloud storage sehingga semua bagian dari perusahaan tersebut bisa mengakses data yang mereka kehendaki.

Itulah cara kerja cloud storage dan jenis cloud storage yang saat ini banyak dimanfaatkan untuk media penyimpanan data baik bagi perorangan maupun sebuah perusahaan.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *