Cara Kerja Big Data dan Perannya dalam Perusahaan

Definisi Big Data

Cara kerja Big Data – Bagi Anda para digital marketer, tentu sudah tak asing mendengar istilah ‘Big Data’. Tapi tak jarang pula masih banyak diantara kita yang bingung dan bertanya-tanya seputar pengertian lengkap serta cara kerja big data. Pada dasarnya istilah ini muncul untuk menyebut sekumpulan data “mentah” yang ada di internet. Lalu bagaimana seorang scientist data mengumpulkan dan menelaah data tersebut satu per satu untuk kemudian dikelola baik dalam hal penggolongan data-data ataupun mengambil konlusi dan keputusan. Dan untuk mengenal Big Data lebih dalam, mari kita simak ulasan dibawah ini.

Mengenal Pengertian Big Data

Definisi Big Data
Definisi Big Data

Teknologi Big Data telah berkembang sangat pesat dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Apabila merujuk pada pendapat para pakar terkait product cycle maka Big Data dalam perusahaan berperan untuk menyimpan data, kategorisasi data, analisis, dan pembersihan data yang tak sesuai. Kehadiran teknologi ini mampu mengelola berbagai data dengan volume tak terbatas. Hal ini jelas jadi solusi bagi perusahaan besar. Bahkan hampir semua perusahaan multi nasional menerapkan sistem pengelolaan data dengan teknologi Big Data.

Perlu dipahami bahwa pemanfaatan Big Data pada suatu perusahaan tidak hanya sebatas pengelolaan data saja. Tetapi juga untuk menjaga keamanan dan kerapihan penggolongan data-data tersebut. Dan dengan menggunakan serta mempelajari Big Data, maka artinya kita telah belajar self service analytics untuk diterapkan di seluruh elemen perusahaan.

Hal ini sesuai dengan yang disampaikan Jean Michel Franco, seorang Director Porduct Marketing dari Big Data provider yang mengatakan bahwa Big Data hadir sebagai pendekatan baru yang mampu memberi akses data seluas-luasnya kepada para karyawan perusahaan. Selainitu, juga mampu mendorong karyawan untuk berkreasi dan melakukan kombinasi dengan kumpulan data dari berbagai sumber. Sehingga tidak perlu bergantung secara penuh terhadap bidang departemen IT karena analisis data dapat dilakukan oleh tiap pegawai dari berbagai latar belakang yang tidak harus memiliki basic pengetahuan informatika.

Peran dan Keuntungan Penggunaan Big Data dalam Revolusi Bisnis

Manfaat Big Data
Manfaat Big Data
  1. Karyawan dapat menganalisis data secara mandiri. Dalam hal ini tak diperlukan adanya SDM tambahan yang ahli di bidang informatika. Hasil riset dan pengambilan keputusan untuk mendukung operasional kerja bisa didapat secara langsung melalui analisis pribadi. Seperti misalnya petugas customer service & sales yang bisa menawarkan produknya secara langsung kepada pelanggan yang sesuai dengan target marketing setelah sebelumnya melakukan riset kecocokan data.
  2. Penggunaan data dengan sistem ini mampu membuat siapa saja mengambil keputusan secara tepat dan cepat. Perusahaan bisa memaksimalkan sistem analisis data tuggal yang terintegrasi agar lebih efisien karena lingkup pengerjaannya masih dalam satu tim perusahaan tanpa harus menggandeng departemen informatika. Hal ini tentu juga dapat menghemat pengeluaran dana untuk SDM perusahaan karena cara kerja big data yang sudah efisien.
  3. Dengan penggunaan Big Data, arus komunikasi dapat lebih efisien karena tidak menimbulkan perdebatan. Ketika pengambilan keputusan dilakukan, maka hal itu sudah melalui tahap riset sesuai data sehingga tidak perlu lagi dipertanyakan efektifitasnya terhadap target capaian. Bahkan teknologi ini sudah sangat mumpuni untuk mengolah, mengekstraksi, dan mengubah model analisis untuk kemudian dipresentasikan dalam rapat manajemen.

Demikianlah ulasan singkat seputar pengertian dan cara kerja big data serta apa saja keuntungannya dalam suatu perusahaan dan revolusi bisnis. Semoga dapat menambah wawasan Anda seputar Big Data di era digital.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *