Cara Instalasi CCTV Sendiri Untuk Kamera Dome

Cara instalasi CCTV sendiri – Saat membeli kamera CCTV, Anda mungkin akan membayar dengan jasa pemasangannya sekaligus. Hal tersebut dikarenakan Anda tak mau dibuat repot harus memasangnya sendiri dan ingin tinggal menggunakannya saja. Padahal, harga jasa pemasangan CCTV cukup tinggi, sehingga bagi Anda yang memiliki budget minim harus memasangnya sendiri. Nah, pada artikel kali ini akan membahas cara instalasi CCTV sendiri untuk kamera jenis dome agar menghemat pengeluaran Anda saat akan memasang CCTV.

Memilih Lokasi Pemasangan CCTV Yang Tepat

Langkah yang pertama adalah memilih lokasi dimana CCTV akan dipasang. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih lokasi pemasangan CCTV. Pasalnya, jika Anda sembarang memasang kamera Dome, selain tidak akan mendapatkan titik pantau yang tepat, perangkat juga akan mengalami kerusakan sehingga tentunya akan merugikan Anda. Berikut ini beberapa poin yang harus Anda perhatikan saat memilih lokasi pemasangan CCTV.

  1. Perhatikan apa yang ingin Anda pantau dan dimana nantinya Anda bisa mendapatkan titik pantau terbaik.
  2. Perhatikan bagaimana nantinya Anda akan mengkoneksikan kamera CCTV jenis dome infrared ke dalam sistem pemantauan. Harus diingat bahwa kabel dan juga koneksi CCTV harus dijauhkan dari cuaca buruk seperti  halnya. Karena jika tidak, koneksi kamera akan buruk dan malah mengalami kerusakan.
  3. Pastikan untuk memasang kamera CCTV pada posisi yang tinggi agar terhindar dari kerusakan seperti tersenggol dan lain sebagainya.
  4. Usahakan penempatan kamera Anda dekat dengan area yang ingin Anda awasi.
  5. Pastikan kamera Anda tidak menangkap banyak cahaya agar semua kejadian bisa tertangkap dengan jelas

Lima poin diatas bisa Anda terapkan agar bisa mendapatkan titik pantau yang tepat dan juga hasil rekaman yang baik nantinya.

Merakit dan Memasang Kamera Dome

Cara instalasi CCTV sendiri yang selanjutnya adalah merakit CCTV dan juga memasangnya pada titik yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Sebelum Anda memasng CCTV pada lokasi yang sudah di tentukan, tentunya Anda harus merakit komponen agar bisa berfungsi dengan baik, berikut langkah-langkahnya.

  1. Koneksikan output video dan juga kabel power DC pada kamera dengan koneksi yang sudah disesuaikan.
  2. Hubungkanlah ujung dari kabel masing-masing koneksi tersebut ke input video yang ada pada DVR.
  3. Pastikanlah ujung kabel sudah terkunci dengan sangat baik agar proses perekaman tidak mengalami gangguan.
  4. Sambungkanlah power adaptor kedalam stopkontak.
  5. Jika Anda menggunakan banyak kamera di beberapa titik, gunakanlah kabel power jenis splitter.

Setelah proses perakitan sudah selesai, selanjutnya adalah memasang kamera pada lokasi yang sudah ditentukan. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Posisikanlah kamera pada lokasi yang memang sudah Anda tentukan sebelumnya, setelah itu tandai posisi lubang untuk sekrup di permukaan dengan menggunakan pensil atau sejenisnya. Gunakanlah sekrup yang pas sesuai dengan permukaan tempat pemasangan agar nantinya kamera bisa terpasang dengan cukup kuat.
  2. Jika memang Anda memasang kamera CCTV jenis dome menggunakan kayu, sekruplah kamera tersebut langsung ke permukaan kayu.
  3. Untuk bisa mengarahkan kamera, coba Anda kendurkan tiga sekrup yang sudah terletak pada dasar kamera. Kubah penutup yang ada pada kamera nantinya bisa diputar kekiri ataupun kanan.
  4. Kamera juga bisa diarahkan ke hampir segala arah. Jika Anda sudah selesai menyesuaikan posisi pandangan kamera, kencangkan kembali semua sekrup untuk bisa mengunci posisi kamera pada tempatnya.
  5. Saat akan memasangkan kabel CCTV, cobalah menghindari menekuk kabel di sudut yang tajam. Hindari juga kabel listrik. Pasalnya arus listrik bisa menghasilkan noise yang tentunya akan mengganggu sinyal pada kamera CCTV Anda.

Itulah cara instalasi CCTV sendiri yang bisa Anda terapkan saat akan memasng CCTV di rumah atau di kantor Anda agar tidak mengeluarkan dana lebih untuk menyewa jasa pemasangan CCTV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *