Bagusan Mana Linux Server vs Windows Server? Simak Selengkapnya disini!

Linux Server vs Windows Server

Bagusan mana Linux server vs windows server? – Ada dua jenis sistem operasi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia di mana yang pertama adalah Linux server dan yang kedua adalah Windows server.  Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing sehingga tidak bisa disamakan. Banyak yang kemudian membandingkan bagusan mana Linux sever dan juga Windows server tersebut mengingat kedua sistem operasi ini lebih sering digunakan ketimbang sistem operasi yang lainnya, untuk lebih jelasnya simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Linux Server vs Windows Server

Linux Server vs Windows Server
Linux Server vs Windows Server

Bagusan mana Linux server vs Windows server? Untuk mengetahuinya bisa membandingkan beberapa hal yang mana sering dijadikan sebagai bahan perbandingan. Hal tersebut menjadi tolak ukur mana yang lebih bagus antara Linux sever vs Windows server tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dijadikan perbandingan untuk menjawab bagusan mana Linux server vs Windows server?:

  1. Distro

Salah satu hal yang bisa dijadikan pembanding adalah distro. Distro ini merupakan struktur keluarga di Linux sedangkan di Windows tidak ada distro. Windows tidak memiliki distro dikarenakan sistem operasinya tertutup yang mana hanya bisa dikembangkan oleh developer Microsoft sendiri, dimana hal tersebut tidak berlaku di Linux. Linux memiliki puluhan bahkan sampai ratusan sistem operasi disebabkan oleh kernel dari Linux yang tersebar secara bebas atau open source. Hal inilah yang menyebabkan Linux bisa dicustom oleh setiap orang sehingga banyak distro Linux ini kemudian muncul.

Distro Linux ini memiliki spesifikasi dan juga tujuan yang berbeda contohnya adalah Kali Linux yang digunakan khusus untuk Penetrasi Keamanan, Steam yang mana dikhususkan untuk main game, kemudian ada juga Linux yang bisa digunakan secara umum seperti Ubuntu. Untuk Windows Anda hanya bisa memilih Windows 7, 8, atau yang terbaru 10.

  1. Instalasi

Selanjutnya ada instalasi. Instalasi ini merupakan proses implementasi dari program ke hardware bahkan menjadi instalasi awal dari segala sesuatu di dalam bidang komputer. Proses instalasi Windows dan Linux memiliki tingkatan mudah sampai sedang. Windows bisa menginstal dengan DVD Drive, USB, atau Live Update dan hal ini sangat mudah bagi orang yang awam sekalipun. Anda hanya tinggal mengikuti panduan penginstalan yang tertera pada layar tanpa harus takut error.

Untuk Linux ini kebanyakan distro Linux bisa di instal dengan menggunakan CD dan USB dan memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga bisa disimpan dengan menggunakan CD. Anda tinggal mengikuti panduan dengan beberapa kali setting yang mana bisa Anda isi sendiri. Instalasi Linux juga lebih cepat dibandingkan dengan Windows. Meski begitu untuk urusan instalasi Windows ini lebih user friendly atau lebih mudah dibandingkan dengan Linux.

  1. Kestabilan

Hal yang bisa dijadikan acuan dalam memilih sistem operasi selanjutnya adalah kestabilan. Untuk kestabilan Linux lah juaranya karena bisa berjalan selama bertahun-tahun tanpa harus takut gagal. Dalam implementasinya banyak pengguna Linux yang mengatakan bahwa tidak pernah melihat dan mengalami crash pada sistem dan hal tersebut sangat bagus bagi pengguna. Sistem operasi Linux ini juga sangat pas untuk usaha kecil dan menengah.

  1. Keamanan

Hal yang bisa digunakan sebagai pembanding antara Linux sever dan Windows server yang terakhir adalah keamanan. Untuk keamanan ini Linux lebih aman dibandingkan dengan Windows karena basisnya adalah Unix, selain itu di desain dari awal untuk sistem operasi multiuser sehingga keamanannya harus benar-benar terjamin. Hanya administrator atau root user saja yang akan memiliki hak akses administratif. Linux pun bisa diserang virus maupun  malware namun hal tersebut bisa cepat diperbaiki oleh pengguna.

Demikianlah beberapa penjelasan untuk menjawab bagusan mana Linux server vs Windows server?, untuk kesimpulannya Linux server ini performanya lebih stabil, keamanan dan variannya juga lebih banyak, sedangkan Windows jauh lebih user friendly dalam hal instalasi.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *