Apakah Sama Antara Kamera Indoor dan Outdoor?

Kamera Indoor

Jika Anda penasaran apakah sama antara kamera indoor dan outdoor, maka Anda perlu mencari tahu lebih banyak informasi tentang CCTV agar mendapatkan jawabannya. Ternyata, kamera Closed Circuit Televison atau kamera CCTV memiliki beragam jenis dan fungsi yang berbeda. Dengan demikian, kamera CCTV indoor tentu saja berbeda dengan kamera outdoor. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini!

Kamera Indoor

Kamera Indoor
Kamera Indoor

Jenis kamera CCTV yang pertama akan kita bahas adalah kamera indoor. Kamera yang satu ini biasanya memiliki lensa 3,6 mm dengan sudut panjang 70% yang dapat digunakan untuk memantau di dalam ruangan. Pada umumnya, kamera CCTV indoor berbentuk sedikit melengkung dan memiliki efek semi fisheye. Kamera ini juga memiliki cangkupan lebar video yang besar.

Kamera CCTV indoor biasanya terbuat dari bahan plastik fiber. Kamera CCTV yang satu ini memiliki lubang udara yang berfungsi untuk mengeluarkan sensor panas pada chipset. Kamera jenis ini tidak memiliki topi kamera untuk melindungi dari panas dan hujan sehingga tidak dapat dipasang pada posisi yang tidak memiliki atap. Meski demikian,pemasangan kamera indoor bisa saja dilakukan di luar ruangan asalkan terdapat penutup seperti beton maupun atap.

Kamera Outdoor

Kamera outdoor
Kamera outdoor

Kamera outdoor merupakan kamera yang pada umumnya terbuat dari bahan material berupa metal atau besi. Kamera jenis ini bersifat waterproof atau tahan air sehingga tetap dapat digunakan pada tempat-tempat yang biasanya terkena hujan. Jarak pandang pada kamera outdoor biasanya lebih jauh dibandingkan kamera indoor karena kamera outdoor memang didesain untuk memantau hingga pada jarak yang cukup jauh. Meski demikian, kamera outdoor tidak memiliki sudut pandang yang selebar kamera indoor.

Beberapa kelebihan kamera outdoor:

  • Penggunaan kamera CCTV outdoor dapat memberikan kelebihan cakupan pengawasan keamanan di luar ruangan yang lengkap sehingga sangat cocok untuk dipasang pada rumah maupun kantor.
  • Kamera outdoor mampu menghasikan gambar atau video dengan warna dan kejelasan yang berkualitas.
  • Mudah untk diinstal
  • Dapat digunakan pada banyak situasi
  • Harganya yang relatif terjangkau
  • Menyediakan monitoring 24 jam sehingga dapat merekam segala kejadian, termasuk jika terjadi tindak kejahatan.

Manfaat Penggunaan Kamera CCTV Outdoor

Pemasangan kamera CCTV outdoor ternyata dapat menurunkan tingkat kejahatan serta vandalisme di tempat yang dipasangai kamera tersebut. Hal ini membuat banyak pemerintah daerah memanfaatkan kamera CCTV outdoor untuk meminimalisir tindak kejahatan di wilayahnya. Salah satu pemerintah daerah yang secara intensif melakukan pemasangan kamera keamanan outdoor adalah Pemda DKI. Sebagian mal dan pusat perbelanjaan kini juga telah banyak dipasangi CCTV outdoor untuk memantau tempat parkir dan sekitarnya. Dengan demikian, penggunaan kamera CCTV yang berfungsi sebagai kamera keamanan di luar ruangan tersebut dapat memberi perlindungan sehingga menghilangkankekhawatiran banyak orang.

Perbedaan Antara Kamera Indoor dan Kamera Outdoor

Bagi Anda yang bertanya-tanya apakah sama antara kamera indoor dan outdoor, maka Anda harus mencari tahu spesifikasi dari kedua kamera tersebut agar mendapat jawaban atas pertanyaan Anda. Kamera outdoor dan indoor pada dasarnya sama, hanya saja kamera outdoor memiliki beberapa spesifikasi yang membuatnya berbeda dengan kamera indoor. Pada kamera outdoor biasanya terdapat pembungkus yang dapat menjadi pelindung yang baik dari debu, air, serta bisa melindungi dari kondisi cuaca yang buruk. Kini, ada pula kamera outdoor yang tahan terhadap ledakan alias explosion proof.

Pada umumnya kamera outdoor memiliki stadar tingkat perlindungan yang disebut dengan Ingress Protection Code atau rating IP. Karena itulah,  pada saat Anda membeli kamera outdoor, pada spesifikasi kamera terdapat istilah IP66 atau IP67. Kamera yng memiliki spesifikasi IP66 berarti kamera tersebut dapat menahan semprotan air. Sedangkan rating IP67 menandakan bahwa kamera tersebut dapat bertahan dengan baik dan tetap berfungsi dengan normal saat berada pada kedalaman air hingga mencapai satu meter.

Hal lain yang membedakan antara kamera indoor dan kamera outdoor adalah bahan pembuatannya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kamera indoor dibuat dari bahan plastik fiber. Sementara itu, kamera outdoor terbuat dari bahan metal ataupun besi.

Untuk gambar yang dihasilkan, pada dasarnya gambar video yang dihasilkan oleh kamera CCTV outdoor sama dengan kamera indoor. Pada dua kamera ini sensor bisa menggunakan CCD dan CMOS. Ukuran sensor bermacam-macam tetapi yang sering digunakan adalah yang berkisar antara ¼ sampai 1 inci.

Demikianlah penjelasan yang mungkin dapat menjawab rasa penasaran apakah sama antara kamera indoor dan outdoor. Dua jenis kamera CCTV tersebut meski pada dasarnya memiliki persamaan, namun tetap saja ada perbedaannya.

 

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *