Apakah Perlu Memasang Access Point di Perusahaan atau Rumah?

Pengertian Access Point

Sebagian orang mungkin masih bertanya-tanya apakah perlu memasang access point di perusahaan atau rumah. Ya, di era kecanggihan teknologi seperti sekarang ini penggunaan internet menjadi sebuah kebutuhan mendasar bagi banyak orang. Nah, dengan adanya access point inilah yang pada akhirnya bisa membuat sinyal wifi (wireless fidelity) yang tersedia di tempat-tempat tertentu bisa stabil dan tidak bermasalah. Hal ini membuat koneksi internet menjadi lancar sehingga Anda bisa browsing dan menikmati media sosial sepuasnya di rumah maupun di tempat kerja. Untuk lebih memahami apa itu access point, fungsi, serta cara kerjanya , Anda bisa menyimak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Access Point

Pengertian Access Point

Access point adalah salah satu perangkat yang ada di dalam jaringan komputer yang berfungsi untuk membuat jaringan nirkabel (tanpa kabel) yang bersifat lokal atau biasa disebut dengan istilah Wireless Local Area (WLAN). Terdapat 3 macam access point, antara lain access point indoor, access point outdoor, serta access point router.

Access Point memiliki antena serta transceiver yang berguna untuk memancarkan dan menerima sinyal dari client server ataupun menuju client server. Agar dapat memancarkan sinyal wifi tersebut, biasanya access point terhubung dengan perangkat keras, seperti misalnya router, hub atau switch melalui kabel Ethernet. Dengan demikian, sinyal wifi tersebut dapat menjangkau seluruh ruangan atau area meskipun meski terdapat dinding maupun sekat penghalang lainnya.

Untuk dapat menikmati akses internet di area tersebut dengan lancar, Anda hanya perlu mengetahui password yang ada pada access point.

Fungsi Access Point

Fungsi Access Point
Fungsi Access Point

Berikui ini adalah beberapa fungsi dari Access Point:

  1. Fungsi utama dari access point adalah untuk memancarkan sinyal internet melalui gelombang radio. Semakin baik kekuatan sinyal access point, maka area jangkauannya pun akan semakin luas. Sinyal biasanya dituliskan dalam satuan dBm atau mW
  2. Access Point dapat digunakan untuk mengatur akses yang terdapat di dalam suatu perangkat berdasarkan MAC address
  3. Berfungsi sebagai Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) server sehingga bisa memberikan IP address pada setiap perangkat yang terhubung.
  4. Access point juga memiliki fungsi untuk menggantikan hub yang menghubungkan jaringan lokal nirkabel dengan jaringan kabel.
  5. Access point dapat memberikan fitur keamanan WEP (Wired Equivalent Privacy) dan WAP (Wireless Application Protocol). WEP atau disebut juga dengan Shared Key Autenthication merupakan metoda pengamanan jaringan nirkabel dengan otentifikasi kecocokan kunci yang diberikan client pada access point. Sedangkan WAP merupakan fitur keamanan yang dibuat untuk melengkapi fitur keamanan WEP dengan menambahkan decryption.

Cara Kerja Access Point

Sebelum menentukan apakah perlu memasang access point di perusahaan atau rumah, sebaiknya terlebih dahulu Anda mengetahui bagaimana cara kerja acess point ini. Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa access point berperan sebagai penghubung perangkat nirkabel dengan jaringan lokal. Access point menyediakan koneksi antara jalur data sinyal RF yang dibentuk oleh wifi dengan jalur data yang dibentuk oleh kabel Ethernet. Access point juga akan melakukan pengontrolan akses enskripsi data, toleransi kesalahan, dan juga manajemen jaringan.

Access point bekerja saat ada perangkat yang mencoba untuk mengakses jaringan. Biasanya pada layar smartphone yang Anda gunakan akan muncul tampilan yang berisi permintaan untuk mengisi password.  Setelah itu, access point akan mengatur akan memastikan apakah perangkat tersebut dapat terhubung atau tidak berdasarkan kecocokan sandi yang dimasukkan ke access point. Jika sandi sudah benar, maka access point akan memberikan alamat IP ke perangkat agar dapat terhubung ke jaringan.

Apakah Perlu Memasang Access Point di Rumah atau Perusahaan?

Dengan melihat fungsi dan cara kerja dari access point, bisa dikatakan bahwa sebaiknya rumah atau perusahaan Anda memasang access point agar Anda dan orang-orang yang ada di rumah ataupun perusahaan dapat menikmati jaringan internet yang lebih stabil. Dengan menggunakan access point,  jangkauan koneksi serta jumlah perangkat yang terhubung dengan jaringan lokal juga dapat bertambah. Selain itu, penambahan perangkat tersebut juga dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Demikianlah pembahasan yang semoga dapat menjawab pertanyaan Anda ‘apakah perlu memasang access point di perusahaan atau rumah’. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

 

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *