Apa itu Keamanan EndPoint? Simak Penjelasan Lengkapnya Di sini!

Keamanan Jaringan

Apa itu keamanan EndPoint – Mungkin masih banyak yang asing dengan istilah keamanan Endpoint. Padahal bagi seorang pebisnis, keamanan EndPoint ini sangat penting mengingat setiap perusahaan memiliki risiko tinggi mendapatkan serangan yang berbahaya dari pihak luar terlebih lagi saat ini persaingan bisnis begitu ketat.

Pengertian Keamanan EndPoint

Keamanan EndPoint
Keamanan EndPoint

Sebelum Anda tahu informasi lebih dalam tentang keamanan Endpoint, ada baiknya jika Anda tahu apa itu keamanan Endpoint terlebih dahulu. Pengertian dari keamanan Endpoint ini adalah sebuah sistem yang bisa melindungi komputer, jaringan komputer, dan perangkat lainnya dari serangan hacker, cracker, dan oknum lainnya yang tidak bertanggung jawab. Yang diserang adalah jaringan bisnis kemudian mengambil data atau asset penting di dalamnya sehingga perusahaan akan sangat dirugikan.

Keamanan Endpoint terus melakukan evolusi yang mana awalnya hanya antivirus perangkat lunak tradisional kemudian berubah menjadi perlindungan yang lebih komprehensif terhadap malware dan berbagai macam ancaman terhadap perangkat lunak lainnya yang tidak diketahui. Tindakan keamanan EndPoint ini juga menjadi cara yang bisa dilakukan untuk melindungi jaringan bisnis ketika diakses oleh perangkat dari jarak yang jauh, nirkabel seperti seluler, laptop, tablet, ataupun yang menggunakan kabel.

EndPoint Sangat Penting bagi Keamanan Jaringan Bisnis Perusahaan

Semakin berkembang suatu bisnis maka jaringannya akan semakin besar. Selain itu semua perangkat yang terhubung ke jaringan bisnis pun juga akan semakin besar. Perangkat tersebut berisiko untuk menyebarkan malware yang berbahaya bagi keamanan jaringan bisnis tersebut mulai dari komputer, laptop, seluler, dan masih banyak lagi lainnya. Staff yang menggunakan perangkat pribadi kemudian mengakses jaringan bisnis pun juga harus mendapatkan pelatihan agar tidak terjadi human error yang menyebabkan bocornya jaringan atau membuat keamanan jaringan melemah. Dengan keamanan EndPoint bisa digunakan untuk mendeteksi, menganalisa, dan memblokir serangan yang terjadi dari hacker. Sistem keamanan juga akan melakukan kolaborasi dengan sistem keamanan lainnya agar bisa memberikan visibilitas administrator terhadap ancaman tingkat lanjut yang bisa terjadi kapan saja.

Perbedaan Keamanan Jaringan dan EndPoint

Keamanan Jaringan

Setelah membaca pengertian tentang apa itu keamanan EndPoint banyak yang kemudian bertanya apa saja perbedaan keamanan jaringan dan juga keamanan EndPoint tersebut. Meski terlihat sama namun kedua hal ini berbeda. Sesuai dengan namanya keamanan EndPoint ini merupakan segala hal yang berhubungan dengan pengamanan proses, data bisnis, dan informasi sensitif yang disimpan maupun yang dikirimkan melalui perangkat yang terhubung ke dalam jaringan Anda. Sedangkan keamanan jaringan ini mencakup proses bisnis secara keseluruhan sehingga bisa dikatakan bahwa Anda tidak akan bisa mendapatkan perlindungan keamanan jaringan bisnis yang maksimal sebelum Anda mengamankan Endpoint. Jika tidak aman, perangkat yang terhubung bisa menebar virus dan ancaman ke jaringan Anda kapan saja dengan mudahnya.

Membuat Keamanan EndPoint Memadai

Agar keamanan jaringan bisnis terjaga, Anda harus menerapkan keamanan Endpoint terlebih dahulu. Untuk membuat keamanan Endpoint ini memadai Anda harus menghindari kerentanan potensial yang bisa menyebabkan jaringan menjadi tidak aman. Kerentanan yang pertama adalah sistem operasi perangkat di dalam bisnis ini tidak update sehingga masih ada celah dalam keamanan. Kerentanan lainnya yang bisa membuat keamanan jaringan bisnis menjadi terancam adalah tidak mengendalikan jumlah perangkat yang mana memiliki akses terhadap jaringan bisnis, oleh sebab itu Anda harus mampu mengontrol dan mengendalikan semua perangkat yang terhubung ke dalam jaringan bisnis Anda.

Setelah Anda tahu apa itu keamanan Endpoint, Anda harus bisa memaksimalkan pengamanan Endpoint dengan mengupdate program dan software yang terhubung ke jaringan bisnis dan gunakan kebijakan keamanan universal standar yang mencakup berbagai macam hal seperti kebocoran, kata sandi minimal, dan yang terakhir adalah pemeriksaan yang dikelola terpusat.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *