Apa itu Access Point, Cara Kerjanya, dan Cara Setting Access Point di TP Link

Agar Anda dapat menikmati akses internet dengan lebih lancar, Anda perlu tahu cara setting Access Point di TP Link. Dengan menempatkan satu atau beerapa access point, Anda dapat tetap terhubung ke jaringan meskipun Anda berpindah-pindah lokasi. Mungkin Anda sudah terbiasa menggunakan access point untuk menghubungkan perangkat, seperti laptop, PDA, ataupun smartphone dengan jaringan internet. Artikel ini akan membahas seputar apa itu Access Point, fungsinya, dan cara untuk melakukan setting Access Point di TP Link.

Pengertian Access Point

Access Point
Access Point

Access Point adalah sebuah perangkat yang berisi sebuah transceiver dan antenna untuk transmisi dan menerima sinyal dari dank e client remote. Access Point memungkinkan Anda untuk terhubung kepada jaringan LAN kabel secara wireless dengan mudah dan cepat.

Access Point merupakan hub bagi jaringan wireless baik itu di ruangan,maupun di jaringan dalam kota. Utuk jaringan dalam kota, biasanya Access Point ditempatkan di ISP berada pada tower yang memiliki ketinggian 20 meter atau lebih.

Definisi lain dari Access Point adalah perangkat komunikasi nirkabel yang memungkinkan antar perangkat untuk terhubung ke jaringan nirkabel dengan menggunakan WiFi ataupun Bluetooth. Karena itulah, biasanya Access Point itu disebut dengan Wireless Access Point atau WAP). Pada umumnya, WAP terhubung ke jaringan kabel, dan juga dapat relay data antara perangkat nirkabel dan kabel pada perangkat jaringan.

WAP dapat berfungsi untuk mengakses jaringan yang ada di daerah internal dari sebuah jaringan LAN. Misalnya, dalam jaringan lokal atau LAN, Anda dapat membuat penamaan IP 192.168.0.1, maka secara otomatis Anda dapat memfordward IP 192.168.0.xxx pada client.

Cara Kerja Access Point

Access point bisa bekerja saat ada perangkat yang berusaha untuk mengakses jaringan internet. Biasanya pada layar smartphone ataupun laptop akan muncul tampilan yang berisi permintaan untuk memasukkan password. Apabila password yang Anda masukkan sudah benar, maka perangkat yang Anda gunakan pun dapat langsung terkoneksi dengan internet. Access point dapat menyediakan jalur data sinyal RF atau Radio Frekuensi yang dibentuk oleh WiFi dengan jalur data elektrik pada kabel Ethernet.

Cara Setting Access Point di TP Link

Sebelumnya telah dibahas mengenai definisi atau pengertian Access Point, dan berikut ini adalah cara setting Access Point di TP Link.

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan Access Point-nya, lalu pasang antena, kabel arus/power, kabel LAN pada Access Point dan menghubungkan kabel LAN ke perangkat komputer maupun laptop.
  2. Selanjutnya Anda perlu melakukan setting IP Address dengan masuk ke Control Panel-Network Connection, kemudian klik dua kali pada icon Local Area Connection, pilih Internet Protocol TCP/IP, klik Properties, dankemudian pilih Use the Following IP Adress.
  3. Langkah ketiga adalah mengisi IP Adress. Contohnya, IP Adress: 192.168.1.2, Subnet mask: 225.255.255.0, dan masukkan Preferred DNS server: 192.168.1.254. Klik OK dan close.

Access Point

  1. Untuk memeriksa apakah sudah dapat terkoneksi dengan benar atau tidak, Anda dapat klik Star-Run-ketik cmd-tekan enter. Setelah masuk ke dalam command prpmt, Anda dapat memanggil IP Address komputer dengan cara ketik: ping 192.168.1.2-tekan Enter.

  1. Setelah berhasil, akan muncul “Reply from…”. Setelah itu, Anda data melihat pada bagian bawah Access Point untuk mengetahui IP Addressnya. Pada command promt, Anda dapat mengetik ping 192.168.1.254, lalu tekan Enter.

  1. Selanjutnya Anda tinggal melakukan setting Access Point dengan cara membuka browser dan ketik IP Adress Access Point yang tadi ditentukan sebelumnya, kemudian tekan Enter.

  1. Masukkan username dan password

Username: admin

Password: admin

Kemudian tekan Enter

  1. Lakukan konfigurasi Access Point di halaman AP

  1. Masuk ke tab Network dan lakukan pengaturan standar, lalu klik Save

  1. 10. Selanjutnya Anda perlu masuk ke tab Wireless untuk melakukan setting SSID, Region, Channel, dan Mode. Contohnya adalah sebagai berikut:

Nama SSID : Alvin in the Web

Region        : Indonesia

Channel      : Automatic

Mode          : 54Mbps (802.11g)

Kemudian klik Save

  1. Masuk ke Wireless Mode-pilih Access Point-checklist Enable SSID Broadcast-klik Save

  1. Proses terakhir yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke DHCP-pilih Enable-klik Save

 

Demikianlah pembahasan tentang apa itu Access Point, cara kerjanya,  dan juga bagaimana cara setting Access Point ke TP Link. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *