5 Antivirus untuk Kemanan Jaringan Gratis dan Terbaik

Avast! Free Antivirus

Antivirus untuk keamanan jaringan – Ancaman malware atau virus pada komputer dan jaringan hingga kini masih menjadi momok bagi para pengguna internet. Bahkan beberapa virus ini bisa sangat sulit untuk diatasi dan pastinya merugikan kita sebagai pengguna. Virus tak hanya membuat komputer dan jaringan jadi hang saja, tetapi juga bisa mencuri data-data kita. Bahkan dengan kemajuan teknologi saat ini, seseorang bisa menanamkan virus dengan sangat cepat.

Tetapi kita juga pastinya mengenal dengan antivirus yang mana dibuat khusus sebagai solusi bagi para pengguna yang khawatir jaringannya terkena virus. Untuk itu pada ulasan kali ini kami akan memberi beberapa rekomendasi antivirus untuk keamanan jaringan terbaik yang pastinya bisa Anda instal secara gratis.

Avast! Free Antivirus

Avast! Free Antivirus
Avast! Free Antivirus

Avast adalah software antivirus yang sudah ada sejak tahun 1988. Bisa dibilang antivirus ini menjadi salah satu yang tertua dan paling banyak digunakan oleh orang-orang. Proses instalasi antivirus ini juga terbilang cukup mudah. Selain itu, tampilan Avast juga sangat minimalis dan mudah dimengerti bahkan oleh orang awam sekalipun.

Avast! Juga mempunyai beberapa fitur antivirus unggulan yang tak ada di software serupa lainnya. Diantaranya yaitu seperti boot-time scan yang memungkinkan pengguna untuk membersihkan virus dan malware sebelum sistem operasi windows bekerja. Antivirus dari Avast ini juga sangat mumpuni untuk digunakan memblokir alamat situs yang spamming atau mencurigakan.

AVG Free Antivirus

AVG Free Antivirus
AVG Free Antivirus

Selain Avast, kita juga mengenal AVG yang juga bisa diunduh secara gratis dan sudah terbukti mampu melindungi jaringan dan komputer dari serangan virus. Selain menjadi antivirus, AVG juga bisa digunakan sebagai alat scan untuk email atau situs yang terdapat virus didalamnya. Sehingga Anda bisa lebih lega ketika berselancar di dunia maya karena tidak perlu takut lagi dengan virus tersembunyi yang biasanya disematkan oleh hacker melalui email.

Tetapi kelemahan dari AVG adalah, software yang satu ini memiliki tampilan aplikasi yang kurang familiar dan cenderung rumit. Bagi orang awam, akan sangat sulit untuk memahaminya sehingga Avast masih dinilai lebih baik.

Avira Free Antivirus

Avira Free Antivirus
Avira Free Antivirus

Bagi Anda yang ingin melindungi komputer dan jaringan dari serangan virus atau malware bisa menggunakan Avira sebagai salah satu antivirus yang minimalis dan mudah pengoperasiannya. Antivirus ini juga tak kalah dengan software sejenis lainnya karena memiliki kemampuan yang mumpuni untuk memblokir malware yang bertebaran di jaringan internet.

Selain itu, antivirus ini juga dibekali dengan fitur toolbar browser yang memungkinkan adanya pengamanan aktif selama kita menjelajahi dunia maya.

Como Free Antivirus

Como Free Antivirus
Como Free Antivirus

Software yang satu ini merupakan salah satu alternatif bagi Anda yang tidak terlalu mementingkan tampilan atau fasilitas tambahan. Comodo hadir dengan menawarkan tampilan yang sangat minimalis dan mampu membasmi virus secara efektif. Walaupun didalamnya tidak ada fitur tambahan yang unik seperti software lainnya.

Malwarebytes Anti-Malware

Antivirus untuk keamanan jaringan yang terakhir adalah malwarebytes. Antivirus ini mampu melakukan scan pada perangkat komputer Anda agar terbebas dari malware. Hasil scanning dari software ini juga terbilang sangat teliti karena bisa membasmi malware secara menyeluruh. Hanya saja, pada versi gratisnya Anda tidak bisa menikmati fitur antivirus secara real time. Melainkan Anda perlu melakukan scan secara manual sesuai dengan kebutuhan.

Malwarebytes Anti-Malware
Malwarebytes Anti-Malware

Nah, demikianlah ulasan singkat yang bisa kami beri seputar 5 antivirus untuk keamanan jaringan yang gratis dan mudah digunakan. Semoga bermanfaat!

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *