Alasan Mengapa NAS Butuh HDD Khusus

Mengapa NAS butuh HDD khusus – Saat ini banyak di jual HDD khusus untuk NAS. Sebenarnya, HDD untuk NAS tidak jauh berbeda dengan HDD yang biasa digunakan di PC atau komputer mulai dari bentuk, kapasitas dan ukuran yang sama. Akan tetapi ada yang membedakan antara HDD untuk NAS dengan HDD untuk digunakan di PC. Lalu, mengapa NAS butuh HDD khusus? Berikut penjelasan lengkapnya.

Mengenal NAS Lebih Jauh

NAS atau Network Attached Storage sebenarnya adalah sebuah komputer yang pada penggunaannya lebih difokuskan untuk media penyimpanan data. NAS juga umumnya dipasang dalam jaringan LAN (Local Area Network). Hal tersebut membuat data yang ada di dalamnya bisa diakses oleh seluruh perangkat yang terhubung ke dalam jaringan LAN itu sendiri, baik itu PC, gadget, server, dan juga perangkat lainnya. Bahkan saat ini NAS semakin populer untuk digunakan sebagai private cloud storage.

NAS memberikan kemudahan kepada para penggunanya untuk mengambil data dimanapun dan kapanpun sesuai dengan kebutuhan mereka jika di jadikan cloude storage. Begitu juga penggunaan NAS di jaringan LAN, si pengguna tak harus menggunakan flash drive untuk memindahkan data, mereka cukup mengakses data melalui jaringan LAN.

Sebuah NAS juga biasanya mampu menampung hingga lebih dari satu HDD. 2-8 buah HDD bisa dimasukkan kedalam sistem NAS ini sehingga kapasitas semakin besar. HDD yang ada di dalam NAS juga biasanya digunakan dalam Settingan RAID yakni dua atau lebih perangkat HDD bisa berjalan bersamaan untuk bisa menawarkan fungsi yang lebih. RAID ini juga akan membawa keuntungan sendiri untuk para pengguna NAS.

Alasan NAS Membutuhkan HDD Khusus

Dilihat pada penejelasan di atas, NAS memiliki kegunaan yang berbeda, tidak seperti PC desktop. Hal tersebut dikarenakan beban kerja yang harus dilakukan oleh sebuah storage yang terpasang di dalam setiap perangkat tersebut tentunya juga jauh berbeda. Agar NAS mampu beroperasi dengan jauh lebih baik, maka produsen akhirnya membuat HDD yang dibekali dengan beberapa fitur yang mampu mendukung penanganan semua beban kerja di NAS lebih baik, dan hal tersebut melahirkan HDD khusus yang akhirnya memiliki perbedaan dari HDD bagi PC desktop.

Untuk saat ini, sudah ada beberapa HDD yang khusus dibuat untuk NAS dari produsen HDD. Memang, dilihat secara fisik HDD tersebut tak jauh berbeda dengan jenis HDD 3.5” yang digunakan PC desktop pada umumnya. Walau begitu, set fitur yang ada di dalam HDD ini ternyata terlihat jauh berbeda dengan perangkat HDD pada PC , dan tentu saja sudah dioptimasi khusus supaya sesuai dengan semua beban kerja yang ditanggung oleh NAS, termasuk penggunaan hingga 24 jam non-stop.

Sangat berbeda dengan HDD PC yang pada dasarnya tak ditujukan untuk digunakan non-stop 24/7, NAS biasanya akan dihidupkan secara terus menerus oleh usernya. Selama itu juga, HDD yang ada di dalam NAS tak akan bisa benar-benar beristirahat, karena sewaktu-waktu harus siap menerima panggilan tugas.

Itulah mengapa NAS butuh HDD khusus karena NAS harus bekerja tanpa henti untuk melakukan share, read dan delete data. NAS juga akan melakukan backup data secara otomatis untuk mengamankan data si penggunanya tersebut. Nah, bagi Anda yang bertanya mengapa NAS butuh HDD khusus? Anda mungkin sudah mendapatkan jawabannya pada penjelasan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *