6 Aplikasi Cloud Storage Terbaik Gratis

Dropbox

Cloud Storage Terbaik Gratis 2019 – Cloud storage adalah layanan penyimpanan file di internet yang memungkinkan pengguna untuk meng-upload maupun back-up file berupa video, lagu, foto, dan dokumen. File-file yang tersimpan dapat dikelola dengan mudah selama masih ada koneksi internet.

Cloud storage sendiri merupakan solusi paling efektif pagi pengguna smartphone dengan internal memory terbatas atau bahkan tanpa slot external memory.

Nah, saat ini ada sederet aplikasi cloud storage yang mudah kita temukan secara gratis di perangkat android, iOS, maupun Windows 10 for Mobile. Berikut ini pilihan aplikasi cloud storage terbaik gratis untuk Anada.

1.     Google Drive

Google Drive
Google Drive

Ini merupakan layanan cloud storage langganan pengguna android. Hingga saat ini tetap menjadi favorit karena selain terintegrasi dengan akun Google dan mudah digunakan, Google Drive dilengkapi berbagai fitur canggih untuk menunjang aktivitas.

Google Drive menyediakan ruang penyimpanan gratis hingga 15GB. Fitur-fitur seperti Google Docs maupun Google Sheets-nya memudahkan pengguna untuk melakukan edit atau pengetikan dokumen secara langsung. Dengan Google Drive, pengguna dapat menjalankan aktvitas cukup melalui smartphone.

2.     Dropbox

Dropbox
Dropbox

Dropbox bukan termasuk cloud storage gratis terbesar sebab hanya menyediakan ruang penyimpanan 2GB. Kendati demikian dengan trik khusus maka storage bisa diperluas hingga 16GB.

Tak hanya Google Drive, Dropbox juga merupakan cloud storage langganan pengguna android. Dropbox terkenal sangat cepat dan intuitif. Selain fitur back up otomatisnya, aplikasi ini juga bisa digunakan pada beberapa perangkat sekaligus dengan akun yang sama.

3.     Onedrive

Onedrive
Onedrive

Berikutnya ada Onedrive besutan Microsoft. Adapun ruang penyimpanan gratis yang disediakan cloud storage ini sebesar 15GB. Onedrive sendiri merupakan contoh cloud storage yang power full sebab sudah terintegrasi dengan basic service dari Microsoft seperti Microsoft Word, PowerPoint, maupun Microsoft Excel.

4.     Amazon Cloud Drive

Cloud storage terbaik gratis 2019 selanjutnya ada Amazon Cloud Drive. Sayangnya disini gratis yang dimaksud berupa trial dan hanya berlaku selama 3 bulan. Selebihnya pengguna wajib berlangganan dengan biaya USD 11,99 atau Rp 150 ribuan per-tahun.

Layanan Amazon Cloud Drive ini memang memungkinkan pengguna menyimpan foto dalam jumlah tidak terbatas. Namun untuk menyimpan file-file lainnya (video, dokumen, dll) hanya disediakan ruang 5GB.

Untuk penyimpanan dengan kapasitas tidak terbatas mencakup semua jenis file, pengguna harus berlangganan dengan biaya USD 60 atau sekitar Rp 700 ribuan per-tahun. Tentu biaya unlimited file ini jauh lebih murah dibanding Google Drive dengan biaya berlangganan Rp 1,5 jutaan dan Dropbox Rp 1,3 jutaan per-tahun masing-masing untuk 1TB (terabyte).

5.     Box

Box
Box

Nama yang cukup simpel namun ruang penyimpanan gratis yang ditawarkan lumayan besar yakni 10GB. Sayangnya untuk upload dibatasi maksimal hanya 250MB. Untuk penyimpanan 25GB pengguna hanya perlu berlangganan Rp 131 ribu per-tahun.

Box sendiri merupakan cloud storage yang benar-benar simpel dan sangat mudah digunakan tanpa ada fitur-fitur khusus. Hanya terdapat 3 fitur yaitu download, upload, dan share. Meskipun begitu pengguna juga memungkinkan untuk mengomentari maupun mengedit file sebelum di-share.

6.     Mega

Bisa dibilang Mega adalah cloud storage paling royal sekaligus aplikasi penyimpanan terbaik versi android. Bagaimana tidak, aplikasi ini menyediakan ruang penyimpanan gratis berkapasitas sangat besar yaitu 50GB.

Semua file yang diunggah akan dienkripsi sehingga pengguna tidak perlu khawatir terkait soal privasi. Bahkan hasil tangkapan kamera dapat disinkronisasikan secara otomatis ke akun pengguna.

Bagi pengguna smartphone, layanan cloud storage memang cukup penting terlebih dengan semakin maraknya ponsel pintar berteknologi 4G-LTE. Minimal menyimpan cadangan data atau berbagi file dapat dilakukan dengan mudah meskipun kapasitas memori di smartphone kurang memadai. Nah, dari 6 cloud storage terbaik gratis 2019 diatas, mana pilihan Anda?

 

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *