5 Cara Menonaktifkan Update Otomatis Windows 10

Update Windows 10 dengan Defer Upgrade

Dengan mengetahui cara menonaktifkan update otomatis Windows 10, Anda tidak akan merasa terganggu lagi dengan adanya install Windows 10 secara otomatis tiap kali PC Anda terhubung dengan internet. Update otomatis yang dilakukan oleh Windows dirasa cukup mengganggu dan merepotkan karena biasanya update yang dirilis tidak sesuai dengan program yang biasanya Anda gunakan. Selain itu, ukuran update juga biasanya cukup besar sehingga dapat menguras kuota internet. Dengan menonaktifkan update otomatis Windows 10, Anda dapat menghindari malfungsi aplikasi pada PC yang Anda gunakan, sekaligus menghemat kuota yang Anda punya. Berikut ini adalah beberapa cara mematikan update otomatis Windows 10 yang bisa Anda lakukan:

1.     Menghentikan Sementara Update Windows 10 dengan Defer Upgrade

Update Windows 10 dengan Defer Upgrade
Update Windows 10 dengan Defer Upgrade

Bagi Anda pengguna Windows 10 Pro, Anda dapat menonaktifkan update Windows 10 dengan menggunakan Defer Upgrade. Cara ini memang tidak serta merta dapat mematikan update Windows 10 secara permanen. Menonaktifkan update Windows 10 dengan Defer Update ini hanya akan menunda pembaruan Windows 10 dalam beberapa bulan ke depan. Meski demikian, cara yang satu ini sangat membantu Anda apabila ingin menonaktifkan update Windows jika sedang memiliki kuota internet yang terbatas.

Cara menonaktifkan sementara update otomatis Windows 10 dengan Defer Update ini cukup mudah untuk Anda lakukan. Anda hanya perlu membuka menu Start, dan masuk ke aplikasi Settings. Selanjutnya, cobalah untuk klik Update & Security> Windows Update yang ada pada sisi kiri> klik Advanced options. Pada bagian bawah Pause Update, klik toggle yang ada dan tunggu hingga menjadi On.

2.     Membatasi Koneksi Internet dengan Fitur Metered Connection

Metered Connection Windows 10
Metered Connection Windows 10

Update Windows 10 yang biasanya berlangsung secara tiba-tiba memang bisa sangat mengganggu. Karena itulah, Anda harus berusaha untuk menonaktifkan pembaruan otomatis Windows 10 yang tidak Anda inginkan.

Cara menonaktifkan update Windows 10 dengan fitur Metered Connection ini hanya dapat Anda lakukan jika PC yang Anda gunakan sedang terhubung dengan jaringan internet WiFi.

Caranya, klik Network & Internet> klik WiFi pada kolom sebelah kiri. Selanjutnya cari nama koneksi WiFi yang Anda pakai, scroll ke bawah hingga Anda menemukan bagian Metered Connection, klik toggle, dan tunggu hingga On.

3.     Mencegah Update Windows 10 Terinstall di PC

Ketika Windows telah mengunduh update namun belum terinstall, maka Anda dapat menghentikannya. Caranya adalah dengan ketik Security and Maintenance pada search bar Windows 10. Setelah itu, klik hasil pencarian pertama untuk membuka Control Panel, klik Maintenance, scroll ke bagian Automatic Maintenance.

Untuk mencegah update Windows 10 terinstall di PC Anda, klik Stop Maintenance. Namun apabila Anda berubah pikiran, Anda dapat melakukan update dengan cara klik Start Maintenance.

4.     Matikan Windows Update Startup Service

Windows Update Startup Service
Windows Update Startup Service

Cara menonaktifkan update otomatis Windows 10 yang berikutnya adalah dengan mematikan Windows startup service. Caranya adalah dengan mengetik “Service” pada search bar Windows 10. Selanjutnya, klik kanan pada hasil pencarian teratas, pilih “Run as administrator”, scroll ke bawah sampai menemukan entri Windows update.

Anda perlu melakukan klik kanan Windows Update entri dan klik OK apabila pada kolom status tertulis “Running”. Selanjutnya, Anda perlu melakukan klik menu Properties. Pada bagian bawah Startup type, pilih Disabled, dan klik OK.

5.     Menonaktifkan Update Windows 10 Melalui Configure Automatic Updates

Configure Automatic Updates
Configure Automatic Updates

Bagi Anda pengguna Windows 10 versi Professional, Enterprise, dan Education, Anda dapat menonaktifkan update Windows 10 melalui configure automatic updates. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama, klik logo Windows pada keyboard + R, kemudian klik gpedit.msc, klik OK
  • Pilih Computer Configuration> klik Administrative Templates> klik Windows Components> pilih Windows Update
  • Selanjutnya, klik 2 kali Configure Automatic Updates> pilih Disabled> klik OK
  • Untuk kembali menghidupkan update Windows 10, Anda hanya perlu mengganti Enabled pada Configure Automatic Updates.

Demikianlah beberapa cara menonaktifkan update otomatis Windows 10 yang dapat Anda lakukan. Dengan menerapkan cara-cara yang telah disebutkan tadi, Anda pun tak akan lagi merasa terganggu dengan adanya update Windows 10  otomatis yang muncul secara tiba-tiba pada PC Anda.

 

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *