4 Tips Memilih Spesifikasi Komputer Server Kantor beserta Jenisnya

Spesifikasi Komputer Server

Spesifikasi komputer server kantor tentu saja akan berbeda dengan spesifikasi pada komputer rumah ataupun komputer untuk gaming. Komputer server yang ada di kantor bisa dikatakan sebagai otak utama dari seluruh komputer yang ada di sana. Karena itu, Dalam menentukan komputer server kantor, Anda harus melakukannya secara teliti agar bisa dimanfaatkan secara optimal. Penggunaan komputer server tersebut agar operasional kantor menjadi lebih baik dan lebih sistematis. Untuk itu, mari simak tips memilih spesifikasi komputer server untuk digunakan di kantor berikut ini!

Spesifikasi Komputer Server
Spesifikasi Komputer Server
  1. Pahami Kebutuhan Pokok Kantor

Untuk mendapatkan spesifikasi komputer server yang sesuai untuk kantor Anda, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami kebutuhan pokok kantor. Setiap kantor pastinya memiliki kebutuhan komputer server yang berbeda. Jika Anda hanya mengoperasikan komputer kurang dari 10 unit, maka Anda dapat menggunakan server jenis Value Server. Server jenis ini memiliki spesifikasi yang dapat memenuhi kebutuhan kantor Anda yang memang hanya memiliki jumlah komputer yang sedikit. Dengan menggunakan server ini, unit komputer yang ada di kantor Anda akan dilengkapi dengan sejumlah kelengkapan dasar berupa single-processor yang jumlahnya terbatas.

  1. Siap dengan Segala Perubahan di Masa Akan Datang

Dengan memikirnya segala perubahan yang mungkin saja terjadi di masa depan, Anda akan dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga. Maka dari itu, saat memilih spesifikasi komputer server untuk kantor, Anda perlu memikirkan bagaimana perkembangan jaringan server tersebut di masa yang akan datang. Anda perlu memperkirakan secara lebih cermat apakah nantinya jaringan server tersebut mampu disesuaikan dengan perubahan teknologi atau tidak. Anda perlu memastikan bahwa nantinya spesifikasi komputer server tersebut tidak membutuhkan penyesuaian yang terlalu besar sehingga nantinya tetap bisa digunakan dengan baik.

  1. Server Teruji dan Berkualitas

Sebagai dasar aktivitas atau otak yang ada di kantor,  server yang digunakan telah teruji dan memiliki kualitas yang baik. Tingkat kualitas dari server menjadi dasar bagaimana natinya sistem operasi unit komputer kantor tersebut dapat berjalan. Maka dari itu, Anda harus memastikan bahwa komputer server yang akan digunakan sudah teruji dan memiliki kualitas yang bisa diandalkan.

  1. Perhatikan Produk

Untuk memastikan spesifikasi komputer server kantor yang tepat untuk digunakan, maka Anda perlu memastikan kelebihan dan kekurangan dari produk yang akan Anda gunakan. Pabila Anda memilih Value Server, biasanya dibutuhkan kapasitas RAM yang besarnya minimal 2GB dan harddisk berkapasitas minimal 1 terabyte.

Rekomendasi Spesifikasi Minimum Komputer Server Kantor

Platform Tower
Processor Intel Xeon E3-1220v5 3.0GHzTurbo 3.5Ghz 8Mb Cache
Chipset Intel® C232 Chipset
Memori 8 GB DDR4 ECC
Kapasitas Penyimpanan 1 TB SATA HDD/1 TB SSD
HDD Bays 2 x Internal  3.5”HDD Bays

1 x Internal 2.5”Disk Bay

Jaringan 2 x Intel® 1210AT
Grafis Aspeed AST1400 with 64MB VRAM
Front I/O Ports 2 x USB 2.0 ports

2 x USB 3.0 ports

1 x Microphone port (with optional MIO card

1 x Headphone port (with optional MIO card)

Rear I/O Ports 1 x External Serial Port

2 x RJ-45 ports

2 x USB 3.0 ports

2 x USB 2.0ports

1 x VGA port

1 x PS/2 KB/ MS port

 

Sistem Operasi Pendukung Windows®Server2008

Windows®Server 2012

RedHat®Enterprise Linux

SuSE®Linux Enterprise Server

CentOS

VMware

Citrix XenServer

 

Power Supply Single 500W 80 PLUS Bronze

Power Supply Rating: 100-240V, 6/3A, 50-60Hz, Class I

Jenis-Jenis Komputer Server

  1. Server Aplikasi

Server aplikasi merupakan jenis server yang menjadi media penyimpanan aplikasi yang dapat diakses oleh seluruh komputer client. Biasanya komputer jenis ini digunakan pada perusahaan atu instansi yang skalanya besar.

  1. Data Server

Data Server merupakan komputer yang berfungsi sebagai penyedia layanan pengelolaan data bagi komputer client. Selain itu, komputer yang bertindak sebagai data server ini juga dapat digunakan untuk menganalisis data, pengarsipan, serta penyimpanan data.

  1. Mail Server

Mail server adalah komputer yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi atau perangkat lunak mail server. Mail server memunginkan para pengguna untuk mengirimemail atau surat elektronik melalui jaringan internet.

  1. Web Server

Komputer server jenis ini merupakan komputer yang dilengkapi denan software yang berfungsi untuk menerima permintaan melalui protocol HTTP atau HTTPS yang berupa halaman web dari client. Setelah itu, seb server akan merespon hasil permintaan tersebut dalam bentuk halaman-halaman web.

Demikianlah pembahasan tentang cara memilih spesifikasi komputer server kantor dan jenis-jenis server yang biasa digunakan.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *