4 Penyebab Server Website Down Sehingga Tidak Bisa Diakses

Penyebab Server Website Down – Mungkin Anda pernah mengalami hal buruk pada website Anda, seperti tidak bisa membuka website Anda atau website terlalu lama loading. Hal tersebut dikarenakan server pada website mengalami down, sehingga website Anda tidak bisa di buka atau menjadi semakin berat. Akan tetapi, sebagian orang malah beranggapan website mereka dipenuhi dengan berbagai file yang besar atau terjadi eror pada website mereka. Lalu, apa saja penyebab server website down sehingga Anda tidak bisa mengakses website Anda. Berikut 6 penyebab yang membuat server website down.

Traffic Pengunjung Yang Membludak

Penyebab yang pertama adalah karena website yang Anda miliki mengalami kebanjiran begitu banyak pengunjung, bisa jadi konten yang Anda sajikan didalam website saat ini sedang viral sehingga mampu mengundang begitu banyak pengunjung. Hal ini juga bisa menyebabkan down di website yang akan diakses.

Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara menaikkan kapasitas dari web hosting yang Anda gunakan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fasilitas yang diberikan oleh penyedia hosting agar hosting yang Anda gunakan bisa diatur traffic setiap harinya dan cache yang yang masuk kedalam website Anda bisa teratur sehingga tidak membuat website Anda mengalami down atau membuat website Anda sulit untuk diakses.

Oleh karena itu gunakan layanan penyedia hosting yang lengkap dan juga terpercaya sehingga website Anda tidak sulit untuk di akses.

DNS Mengalami Masalah

Penyebab server website down yang selanjutnya adalah karena DNS yang mengalami masalah. Hal ini bisa menjadi salah satu masalah yang membuat server website Anda mengalami down. Pastikan juga apakah hosting Anda sudah terpasang DNS dengan cara yang benar atau tidak, karena jika memang DNS Anda mengalami masalah maka server tak akan ditemukan ataupun tidak terintegrasi dengan tepat dan malah menyebabkan website tak bisa diakses sama sekali.

Pastikan Anda sudah mengatur DNS dengan benar, jika Anda tidak memahami cara mengatur DNS, Anda bisa meminta bantuan pada customer service dari pihak penyedia hosting. Hal tersebut akan memudahkan Anda dalam mengatasi website yang tidak bisa diakses. Terkadang DNS yang salah juga bisa membuat website Anda sulit diakses dengan waktu loading yang lama. DNS menjadi hal yang penting agar website Anda bisa berjalan dengan baik dan tidak mengalami masalah.

IP Akses Yang Terblokir

Jika memang terlalu sering mengakses server, Anda juga akan disangka sudah melakukan DDOS sehingga nantinya IP yang Anda gunakan terblokir oleh keamanan firewall server yang sebetulnya berfungsi untuk bisa melindungi semua server Anda.

Sistem yang satu ini juga biasanya bekerja dengan otomatis dimana jika sistem ini mendeteksi berbagai aktifitas yang dirasa mencurigakan maka akan langsung memblokirnya  secara otomatis. Jika memang hal ini terjadi kepada Anda, disarankan agar Anda bertanya langsung pada penyedia layanan hosting agar IP komputer Anda tak terblokir.

Anda juga bisa menggunakan beberapa software keamanan sehingga IP yang Anda gunakan tidak dianggap melakukan hal bermasalah dan membuat Anda kesulitan mengakses website Anda.

Bagian Data Center Sedang Mengalami Down

Adanya berbagai proses yang akan terjadi di server yang tak Anda ketahui. Didalam proses ini juga seringkali akan mempengaruhi kinerja dari server, meski pihak pengelola sudah membuat schedule backup di waktu tertentu, tetap saja bisa membuat server mengalami down, apalagi jika memang ada kesalahan teknis yang terjadu pada data senter.

Faktor alam juga bisa membuat kendala pada data center, seperti kerusakan pada aliran listrik, kerusakan pada generator yang digunakan oleh data center sebagai supply tenaga cadangan saat listrik mati, dan lain sebagainya.

Biasanya, alasan website Anda mengalami down adalah karena terjadi kesalahan teknis pada data center penyedia hosting. Anda bisa coba menanyakan apakah adalah atau tidak pada hosting Anda dengan menghubungi customer service penyedia layanan hosting.

Itulah beberapa penyebab server website down yang membuat website Anda sulit untuk diakses atau bahkan mati sepenuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *