4 Penyebab CD Drive Tidak Bisa Di eject Yang Harus Anda Tahu Serta Cara Mengatasinya

Mengatasi CD Drive Susah Di eject

Penyebab CD Drive tidak bisa di eject – Banyak orang menganggap CD Drive pada laptop tidak terlalu penting karena jarang dipakai. Tapi, ada sebagian orang yang masih menggunakannya untuk berbagai kepentingan. Misalnya menonton film, memutar lagu, menginstal driver, atau pekerjaan lain yang berhubungan dengan keping CD. Untuk mereka yang masih mengoperasikan CD Drive tentu akan kebingungan jika mendapati CD Drive tidak bisa di eject. Oleh karena itu, kami informasikan penyebab serta cara mengatasi CD drive tidak bisa di eject di bawah ini.

Penyebab Umum CD Drive Susah Di eject

CD Drive Susah Di eject
CD Drive Susah Di eject

CD Drive macet mengindikasikan adanya masalah pada komponen nya sehingga Anda tidak bisa meng-eject. Apa saja yang bisa menyebabkan hal itu terjadi? Berikut ulasan lengkapnya.

  1. Motor baki CD Drive rusak

Motor baki CD Rom adalah komponen penting untuk mengoperasikan keeping CD. Jika komponen tersebut rusak, maka kemacetan akan sangat mungkin terjadi. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati ketika memasukan CD Rom.

  1. Gigi roda dan karet mengembang

Penyebab CD Drive tidak bisa di eject mungkin ada pada komponen nya. Untuk banyak alasan, gigi roda dan karet pada CD Rom bisa mengembang. Misalnya karena temperatur laptop terlalu panas. Kondisi gigi roda dan karet yang tidak seperti semula ini bisa mengakibatkan kemacetan ketika menjalankan CD Drive.

  1. Ada yang mengganjal di sela-sela motor disk

Jika CD Drive jarang dibersihkan, biasanya akan banyak debu menempel di sana-sini. Tak jarang debu atau kotoran sejenisnya mengendap di sela-sela motor disk. Akibatnya, CD Rom mengalami kemacetan karena ada yang mengganjal motor disk yang seharusnya berjalan dengan lancar.

  1. Laptop atau komputer sudah tua

Seiring berjalannya waktu, komponen laptop atau komputer akan mengalami fluktuasi atau penurunan. Termasuk kinerja CD Rom yang biasanya mulai sering eror karena kondisinya tidak seprima ketika masih baru. Gejala yang menunjukkan CD Rom sudah using biasanya adalah macet, CD Drive tidak terbaca, keping CD tidak bisa dikeluarkan, dan sebagainya.

Cara Mengatasi CD Drive Tidak Bisa Di eject

Mengatasi CD Drive Susah Di eject
Mengatasi CD Drive Susah Di eject

Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan CD Drive. Anda dapat mencobanya sendiri tanpa harus membawanya ke service center. Berikut cara mengatasi CD Drive tidak bisa di eject.

  1. Tekan lubang di samping CD Rom menggunakan jarum

Cara pertama dalam mengatasi CD Drive yang tidak bisa di eject ialah menekan lubang di samping atau biasanya di bawah CD Rom menggunakan jarum atau alat sejenisnya. Lubang kecil tersebut memang didesain untuk membantu Anda mengeluarkan dengan paksa CD Rom yang mengalami kemacetan di dalam.

  1. Bersihkan CD Rom

Salah satu penyebab CD Drive tidak bisa di eject adalah kotoran yang ada di sela-sela motor disk. Oleh karena itu, setelah mengeluarkan dengan paksa, sebaiknya Anda membersihkan CD Rom menggunakan penghapus karet hingga tidak ada kotoran yang tersisa. Kalau bisa, bersihkan secara berkala untuk menghindari hal buruk terjadi.

  1. Ganti karet dan gigi roda

Jika sudah dibersihkan namun tetap macet, coba periksa karet dan gigi roda pada disk. Jika kondisinya rusak, sebaiknya Anda mengganti komponen tersebut dengan yang baru. Anda bisa membelinya ke service center atau toko yang menyediakan komponen lengkap laptop dan komputer.

  1. Gunakan pelumas

Alternatif lain untuk mengatasi permasalahan CD Drive susah di eject adalah dengan meneteskan pelumas pada motor disk sehingga bisa berjalan tanpa hambatan. Teteskan secukupnya dengan rapih agar tidak merusak komponen lain.

  1. Ganti CD Rom dengan yang baru

Jika semua cara di atas tidak membuahkan hasil, itu artinya ada kerusakan cukup serius pada komponen CD Rom. Kalau sudah begini, Anda tidak punya pilihan lain selain CD Rom lama dengan yang baru. Anda bisa membeli CD Rom bekas yang kondisinya masih prima untuk menghemat biaya.

Itulah penyebab CD Drive tidak bisa di eject yang biasanya ditemukan pada laptop baru atau lama. Anda juga bisa menerapkan 5 cara diatas untuk mengatasi permasalahan tersebut. Selamat mencoba!

 

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *