4 Manfaat Arsitektur Komputer dan Jenisnya

Arsitektur Komputer

Manfaat arsitektur komputer dan jenisnya – Saat Anda membuat sesuatu tentu sudah memikirkan seperti apa konsep yang akan Anda buat misal bentuknya seperti apa, modelnya bagaimana, cara kerjanya, sistemnya bagaimana, dan masih banyak lagi lainnya. Konsep tersebut sangat mirip dengan arsitektur komputer yang mana menjadi ilmu dari dunia komputer yang lebih fokus pada perencanaan sistem komputer yang nantinya akan dibuat menggunakan biaya yang lebih rendah. Di dalam arsitektur komputer seorang teknisi atau desainer komputer harus memikirkan semua komponen di dalam komputer agar bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Arsitektur Komputer
Arsitektur Komputer

Arsitektur komputer sendiri merupakan konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Untuk pengertian lainnya adalah ilmu atau seni tentang cara interkoneksi dari berbagai jenis komponen supaya bisa melahirkan suatu komputer yang bisa melengkapi keperluan fungsional, kinerja, dan juga target keuangan. Ada beberapa manfaat arsitektur komputer dan jenisnya yang wajib untuk diketahui semua pengguna komputer berikut ini:

Merencanakan Awal Sebuah Komputer

Dengan arsitektur komputer seorang programmer atau teknisi bisa mengetahui seperti apa rancangan komputer itu dibuat, sehingga ketika ada masalah yang terjadi dengan komputer para teknisi sudah tahu bagian mana yang harus diperbaiki tanpa harus membongkar lebih jauh.

Menanamkan Banyak Prosesor

Manfaat arsitektur komputer selanjutnya adalah mampu menanamkan banyak prosesor. Pada umumnya prosesor komputer yang dibutuhkan hanya satu komponen saja, namun dengan arsitektur komputer ini satu unit komputer bisa ditanamkan dua prosesor bahkan lebih. Dengan banyaknya prosesor yang ditanam akan membuat komputer bisa bekerja lebih cepat terutama jika didukung dengan RAM yang maksimal pula.

Multiuser

Manfaat arsitektur komputer selanjutnya adalah multiuser. Jika kebanyakan komuter hanya digunakan untuk satu user maka dengan arsitektur ini sistem komputer mampu mendukung banyak user. Konsepnya adalah komputer server-client yang juga merupakan salah satu arsitektur komputer yang saat ini terus digunakan.

Multitasking

Manfaat selanjutnya adalah multitasking. Pada awal komputer dibuat mungkin hanya bisa digunakan untuk menjalankan satu aplikasi saja, sedangkan setelah ada arsitektur komputer bisa membuka beberapa aplikasi dalam waktu yang sama. Tentunya hal ini sangat bermanfaat dan menguntungkan.

Jenis

Manfaat arsitektur komputer dan jenisnya sangat penting untuk diketahui karena komputer menjadi perangkat yang banyak digunakan untuk membantu pekerjaan masyarakat sehari-hari karena dengan komputer ini semuanya jadi lebih mudah. Berikut adalah jenis arsitektur komputer yang wajib diketahui:

  1. SISD

Single Instruction Single Data menjadi model komputer yang dibuat oleh Von Neumann dimana ciri khasnya prosesor yang digunakan lebih dari satu buah. Konsepnya adalah setiap menjalankan skema aritmetika maupun logika hanya bisa dilakukan satu kali perhitungan saja. Ketika terjadi instruksi maka mesin komputer hanya bisa membaca data hanya sebanyak satu kali saja. Contoh dari komputer dari SISD adalah komputer mini dan juga PC.

  1. SIMD

Single Instruction Multiple Data merupakan jenis arsitektur komputer yang dibangun secara paralel. Konsepnya adalah mengendalikan semua prosesor di dalam satu unit kontrol saja.

  1. MSID

Multiple Instruction Single Data menjadi jenis arsitektur komputer yang mana fungsinya mengeksekusi data kemudian data tersebut bisa diproses oleh prosesor yang berbeda-beda. Secara struktur MSID ini tidak jauh beda dengan SISD hanya saja prosesor yang digunakan lebih dari satu unit.

  1. MIMD

Yang terakhir ada MIMD yang konsepnya adalah paralel. Jenis komputer ini fungsi prosessornya masing-masing diatur oleh satu unit pengontrol. Selain itu perintah yang masuk ke dalam prosessor bisa dijalankan meski perintahnya beda-beda, oleh sebab itu MIMD ini termasuk komputer yang bisa menjalankan aplikasi yang di dalamnya membutuhkan operasi tingkat tinggi.

Demikianlah manfaat arsitektur komputer dan jenisnya yang wajib untuk Anda ketahui, setelah melihat manfaat dan jenisnya bisa disimpulkan bahwa perkembangan komputer saat ini tidak bisa dilepaskan dari arsitektur komputer yang ada sejak generasi komputer pertama dibuat.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *