4 Contoh Serangan DDoS yang Pernah Ada dalam Sejarah

Contoh Serangan DDoS

Contoh serangan DDoS – DDoS merupakan kependekan dari Distributed Denial of Service atau dalam bahasa Indonesia di artikan sebagai Penolakan Layanan yang dilakukan secara terdistribusi. DDoS merupakan serangan yang dilakukan dengan cara membanjiri jaringan internet di server, sistem, atau jaringan. Umumnya adalah serangan tersebut menggunakan beberapa komputer host penyerang yang dilakukan oleh pra hacker. Selain banyak jenisnya,

DDoS juga memiliki konsep berupa membuat lalu lintas server bisa berjalan dengan beban yang berat sampai tidak bisa menampung koneksi dari user yang lain. Berhasil atau tidaknya teknik DDoS ini dipengaruhi oleh kemampuan server di dalam menampung semua request yang diterima dan juga kinerja firewall saat ada permintaan yang mencurigakan tersebut. Berikut ini adalah contoh serangan DDoS yang wajib untuk Anda ketahui:

Contoh Kasus Pertama

Contoh Serangan DDoS
Contoh Serangan DDoS

Salah satu contoh serangan DDoS adalah Tel-U memiliki web server yang mana melayani permintaan akses ke sebuah website resmi mereka. Web server ini harus bisa bekerja 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu untuk bisa melayani orang lain yang ingin mengakses website tersebut. Se canggih apapun sebuah server pasti memiliki sumber daya yang terbatas seperti memori maupun bandwidth yang terbatas. Karena hal tersebut terbatas maka server jaringan hanya bisa melayani 1 juta user untuk mengakses website tersebut secara bersamaan. Ketika ada penerimaan mahasiswa baru maka server tersebut bisa menerima 2 juta user sehingga website tersebut akan memori atau bandwidthnya akan penuh sehingga sever akan ngehang bahkan sampai down tidak bisa di akses.

KasKus

Contoh serangan DDoS yang pernah terjadi adalah serangan yang dilakukan oleh Yogyafree terhadap website Kaskus di tahun 2008. Serangan ini dilangsungkan pada tanggal 16 sampai dengan 17 Mei 2008. Serangan yang dilakukan oleh Yogyafree ini membuat situs KasKus tidak bisa di akses dan juga corrupt. Penyerangan ini bisa menyebabkan thread-thread yang sudah dibuat harus dikunci oleh pihak administrator Kaskus. Karena hal ini berlangsung cukup lama maka administrator KasKus terpaksa mematikan server.

Serangan ini adalah balasan dari komunitas Yogyafree terhadap KasKus yang dicela di forum tersebut. Akhirnya pertikaian bisa diselesaikan dengan melakukan tanda tangan memorandum online agar bisa menyudahi pertikaian di antara KasKus dan Yogyafree. Berkaca pada pengalaman yang sudah terjadi kepadanya ini Kaskus meluncurkan server baru yang dilengkapi dengan pengamanan data yang lebih tangguh dan siap menghadapi berbagai macam serangan berbagai pihak.

Contoh Serangan Botnet

Teknik yang banyak digunakan oleh para hacker yang menyerang adalah Botnet. Botnet ini bisa menginfeksi 1 juta komputer dengan menggunakan malware. Dengan menggunakan malware ini penyerang akan bisa mengendalikan 1 juta komputer tersebut dari jauh, sehingga di ibaratkan komputer tersebut seperti robot. Contoh dari serangan botnet ini adalah komputer A telah terinfeksi kemudian komputer tersebut bisa bergerak tanpa kendali seperti zombie dan robot bahkan bisa melakukan instruksi di luar kendali karena memang komputer tersebut dikendalikan oleh hacker dari jarak jauh.

Cyber War

Ada beberapa situs nasional yang tidak bisa di akses sejak cyber war berkecamuk.  Serangan DDoS tersebut pernah menyerang situs dalam negeri sehingga situs tersebut tidak bisa diakses bahkan down, contohnya adalah bnn.go.id situs milik Badan Narkotika Nasional tersebut tidak bisa dibuka melalui jaringan internet, meski begitu saat ini situs tersebut sudah beroperasi seperti sedia kala. Namun sampai detik ini belum diketahui apa yang menyebabkan situs BNN sempat down tahun 2017 silam.

Demikianlah contoh serangan DDoS yang penting untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *