4 Cara Screenshot Laptop Lenovo dengan Mudah

Tombol Print Screen

Sebenarnya cara screenshot laptop Lenovo sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Namun belum banyak pengguna yang mengetahui cara untuk melakukan screenshot di laptop buatan Tiongkok ini. Untuk itu, bagi kamu yang penasaran dengan bagaimana caranya melakukan screenshot di laptop Lenovo, maka kamu perlu menyimak pembahasan yang berikut ini!

1.     Cara Screenshot di Laptop Lenovo dengan Tombol Print Screen

Tombol Print Screen
Tombol Print Screen

Cara melakukan screenshot di laptop Lenovo melalui tombol Print Screen ini cukup mudah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Kamu perlu menentukan area yang akan di-screenshot.
  • Setelah itu, kamu dapat menekan tombol bertuliskan print screen (pada laptop Lenovo pada umumnya dilabeli dengan PtrScn/ PrntScrn/ PrtSc atau sejenisnya) yang biasanya terletak di ujung kanan atas keyboard.
  • Sesaat setelah tombol tersebut ditekan, kamu dapat membuka software paint yang dapat digunakan untuk mengedit gambar secara langsung pada Windows 10
  • Setelah software tersebut terbuka, kamu bisa langsung menekan tombol CTRL+V secara bersamaan untuk melakukan Paste. Nantinya gambar hasil screen shoot juga dapat diedit terlebih dahulu sebelum disimpan pada folder yang telah ditentukan.
  • Untuk menyimpan gambar tersebut, kamu dapat mengklik pada menu file kemudian pilih save atau bisa juga menekan tombol CTRL + S secara langsung.
  • Apabila kamu ingin menginput hasil screenshot ke microsoft word secara langsung, maka kamu cukup membuka microsoft word, klik kanan, pilih paste. Atau kamu dapat mencoba cara kedua dengan menekan tombol CTRL+V dan screenshot, maka secara otomatis gambar tersebut masuk ke dalam halaman microsof word.

2.     Cara Melakukan Screenshot di Laptop Lenovo dengan Tombol Print Screen+Tombol Windows

cara screenshot laptop Lenovo
cara screenshot laptop Lenovo

Cara screenshot laptop Lenovo yang cukup banyak dilakukan pada Windows 8 dan 10 adalah dengan tombol Print Screen+ Tombol Windows. Cara screenshot dengan cara ini cukup mudah untuk dilakukan. Untuk melakukan screenshot, kamu cukup menekan tombol Windows+ PrintScreen. Setelah menekan tombol kombinasi tersebut, maka tampilan layar akan otomatis tersimpan. Untuk melihat gambar hasil screenshot, kamu hanya perlu membuka windows explorer>pada this pc klik picture>klik folder screenshot.

3.     Cara Melakukan Screen Shot pada Laptop Lenovo dengan Snipping Tool

Snipping Tool

Snipping Tool merupakan software bawaan vista. Cara ini cukup mudah untuk dilakukan karena menggunakan software bawaan Windows. Untuk melakukan screenshot, kamu perlu melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Kamu perlu menentukan area yang akan di-screenshot
  • Setelah area tersebut dipilih, kamu dapat mencari software Snipping Tool yang ada pada menu Start dengan cara mengetikkan namanya di kolom pencarian.
  • Sesaat setelah software tersebut terbuka, maka akan muncul daftar menu melayang dan setelah itu kamu dapat memilih tombol New.
  • Kemudian, kamu dapat secara langsung melakukan screenshot dan menyimpannya pada foder yang telah ditentukan.

Sebagai tambahan informasi, snipping tool memiliki beberapa mode yang terdiri atas Free-form Snipping, Rectangular Snniping, Windows Snipping, serta Fullscreen Snipping.

  • Free-form Snipping merupakan mode yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot dengan bentuk yang cenderung bebas sesuai dengan keinginanmu.
  • Rectangular Snipping adalah mode yang memungkinkan untuk melakukan screenshot untuk jendela aplikasi yang terbuka.
  • Fullscreen Snipping, yaitu mode pada Snipping tool yang dapat kamu gunakan untuk melakukan screenshot dengan area satu layar penuh.

4.     Cara Screenshot Pada Laptop Lenovo dengan Software Screenshot

Kalau kamu merasa kurang puas dengan cara screenshot dengan tiga cara di atas, maka kamu dapat melakukan screenshot dengan menggunakan software screenshot yang mempunyai lebih banyak fitur dari ketiga cara yang sebelumnya kita bahas.

Salah satu software yang paling banyak digunakan adalah LightShot. Software ini memiliki fitur yang sangat lengkap, seperti image editor, menambahkan tulisan, tanda panah, dan berbagai keterangan lainnya. Selain itu, software LightShot ini sangat sesuai untuk digunakan oleh orang-orang yang suka membuat laporan atau menulis buku dalam bentuk tulisan yang disertai gambar-gambar.

Demikianlah 4 cara screenshot laptop Lenovo yang bisa kamu coba. Berbagai cara tersebut terbilang cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

 

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *