4 Cara Membuat Server Data Untuk Kantor

Untuk membuat server data untuk kantor, Anda tidak harus membuatnya sendiri, kini sudah ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan server kantor yang berkualitas baik berupa server lokal (server yang berada di kantor) ataupun server remote (server yang ada di luar kantor). Untuk dapat menentukan server data yang tepat untuk kantor Anda, Anda harus mempertimbangkan kebutuhan dan sumber daya manusia yang ada. Jika Anda memilih server lokal, maka dibutuhkan ahli IT untuk melakukan maintenance hardware dan software pada server tersebut. Sementara itu, jika Anda memilih server remote, maka Anda hanya memerluan bantuan ahli dalam bidang software tanpa harus memikirkan perawatan hardware yang akan digunakan pada server kantor. Berikut akan dibahas mengenai beberapa langkah yang dapat Anda tempuh guna membuat server data di kantor. Namun sebelumnya, Anda perlu menyimak apa itu server data dan apa saja fungsinya.

Pengertian dan Fungsi Server Data

Fungsi Server Data
Fungsi Server Data

Server data merupakan komputer yang melayani permintaan komputer cient dengan menyediakan berbagai sumber daya, seperti memori yang lebih besar, hardisk dengan kapasitas yang lebih tinggi, serta printer yang dapat digunakan secara bersama-sama.

Dari pengertian tersebut kita tahu bahwa server data memiliki fungsi untuk melayani komputer client, menyediakan resource, mengatur lalu lintas data, menyimpan data yang bisa diakses bersama-sama, mengatur hak akses level dalam jaringan, menjalankan database yang dapat dijalankan di semua komputer, serta melindungi komputer client dari berbagai macam ancaman.

Cara Membuat Server Untuk Kantor

  1. Membuat Premises Server (Local Server)- Server Fisik Lokal

Jika Anda memilih server lokal atau server yang berada di kantor, maka Anda perlu memiliki server fisiknya untuk ditempatkan di kantor. Server berjenis premises /lokal tersebut dapat dijadikan sebagai server virtual dengan didukung oleh teknologi hypervisor agar dapat menginstall lebih dari satu server di dalam satu server fisik sehingga resource server dapat dimanfaatkan secara lebih efisien.

Jenis server ini sebenarnya cukup merepotkan karena Anda harus punya skill untuk membuatnya. Selain itu, dalam pembuatan server tersebut juga dibutuhkan biaya investasi hardware yang cukup mahal.

  1. Menyewa Bare Metal Server (Remote Server)-Server Fisik di Data Center

Anda dapat menyewa server fisik yang ada pada data center atau Bare Metal untuk membuat server dengan spec hardware tertentu. Disebut Bare Metal karena server tersebut masih dalam keadaan kosong sehingga Anda harus melakukan proses install seperti pada komputer lokal.

Bare Metal ini memungkinkan Anda untuk memanage server yang ada pada data center dari manapun secara remote, mulai dari menyalakan serta mematikan server, melakukan proses setting BIOS, dan juga melakukan proses install sistem operasi.

  1. Menyewa VPS Server (Remote Server)-Server Virtual

Jika Anda ingin membuat server data untuk kantor dengan biaya yang murah, Anda dapat menyewa VPS Server. Dengan menyewa VPS Server, Anda dapat membuat server data dengan mudah karena Anda tidak perlu repot-repot mengatur setup hardware dan Anda bisa langsung pilih dan install sistem Linux server pada VPS web panel.

Namun, VPS ini juga masih memiliki kekurangan. Anda perlu membayar sesuai dengan fix spec yang telah Anda pilih. Apabila fix spec tersebut masih kurang,maka Anda harus melakukan upgrade. Namun apabila spec yang Anda order ternyata tidak terpakai, maka tagihan yang harus Anda bayarkan tetap tidak akan berkurang.  Hal ini berbeda dengan cloud computing yang menyediakan resource yang tidak terbatas dan tagihan yang harus Anda bayarkan memang sesuai dengan resource yang Anda gunakan.

  1. Menyewa Cloud Computing (Remote Server)-Server Virtual

Jika Anda tak ingin repot-repot membuat server data sendiri, maka Anda dapat menyewa Cloud Computing. Dengan menyewa cloud computing, Anda akan mendapatkan resource besar dengan mudah dan lebih efisien. Menyewa cloud computing sangat sesuai untuk mendukung proyek besar karena cloud computing ini menawarkan fleksibilitas dalam pemakaian resource, dimana Anda hanya perlu membayar sejumlah resource yang Anda gunakan saja sehingga pengeluaran biaya untuk sewa server menjadi lebih efisien jika dibandingkan dengan VPS.

Kini banyak perusahaan-perusahaan besar, terutama yang bergerak di bidang e-commerce, menggunakan cloud computing ini sebagai webserver mereka karena dianggap memiliki efisiensi biaya serta mudah untuk di-rescale atau fleksibel.

Demikianlah pembahasan tentang server data dan cara membuat server data untuk kantor. Semoga artikel ini memberi informasi yang bermanfaat untuk Anda.

 

 

 

 

 

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *