3 Jenis Server Storage Yang Wajib Anda Ketahui

Jenis Server Storage – Server storage merupakan salah satu teknologi yang banyak digunakan saat ini. Dengan terus berkembangnya teknologi informasi, Anda tidak akan kesulitan lagi dalam menyimpan atau mengambil data Anda. Semua bisa dilakukan secara digital, Anda juga tidak usah khawatir data Anda akan hilang karena server storage akan mengamankan semua data Anda. Akan tetapi masih banyak orang yang tidak mengetahui apa saja jenis server storage yang ada saat ini. Untuk lebih jelasnya, berikut pengertian server storage berikut jenis server storage yang banyak digunakan saat ini.

Pengertian Server Storage

Storage server adalah sebuah server yang mampu menyimpan data server dalam kapasitas yang sangat besar. Server storage ini biasa digunakan oleh berbagai perusahaan besar yang memiliki database pelanggan, penjualan, produk dan data lainnya dalam jumlah yang sangat besar.  Server storage bukan hanya untuk menyimpan data tapi juga berfungsi sebagai bridge agar Anda bisa mengakses data perusahaan atau pribadi Anda dimana saja dan kapan saja dengan bantuan aplikasi tertentu.

Anda akan mendapatkan keamanan yang lebih jika menggunakan storage server ini sehingga Anda tidak usah khawatir lagi data Anda rusak atau hilang. Hal tersebutlah yang membuat server storage banyak digunakan oleh para perusahaan besar. Ada 3 jenis server stirage yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk menytimpan datanya, yakni DAS, NAS dan SAN. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan lengkapnya.

Jenis-Jenis Storage Server Yang Banyak Digunakan

Storage server terbagi menjadi 3 jenis. Masing-masing memiliki kelebihan tersendiri yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  • NAS (Network Attached Storage)

Jenis server yang satu ini seringkali disebut dengan pilihan hybrid. Server ini juga biasanya menggunakan dedicated server ataupun sebuah alat yang bisa melayani array storage. Pada umumnya penyimpanan biasanya akan dibagi kepada beberapa klien dalam waktu yang bersamaan di semua jaringan Ethernet yang ada. Server NAS ini juga biasanya memanfaatkan transfer ditingkatkan file. Penyimpanan NAS juga biasanya memiliki biaya startup yang jauh lebih rendah meskipun jika dibandingkan dengan server DAS.

 Hal ini tentunya membuat penyimpanan NAS ini juga sangat cocok digunakan oleh usaha kecil dan juga usaha menengah. Anda juga bisa menggunakan berbagai protocol yang jauh berbeda untuk membagikan file misalnya saja protocol seperti halnya UNIX, CIF dan juga NFS. Biasanya NAS menggunakan array penyimpanan ISCI target yang bisa dibagi kepada semua jaringan yang ada. Jaringan ini juga bisa dikonfigurasi sehingga throughput jaringan akan menjadi jauh lebih maksimal.

  • SAN (Storage Area Network)

Jenis storage sever dengan tipe SAN ini adalah solusi yang dirasa sangat tepat untuk bisnis menengah hingga ke bisnis besar. Beberapa infrastruktur yang sangat dibutuhkan oleh SAN ialah SAN Switch, HBA, Kabel fiber dan juga controller disk. Salah satu keunggulan dari jenis penyimpanan ini ialah kemampuannya untuk bisa berbagi storage server ke beberapa server yang ada.

Hal ini juga akan memungkinkan Anda untuk bisa melakukan konfigurasi kapasitas dari penyimpanan yang Anda butuhkan. Namun dengan performa yang tentu saja jauh lebih baik dari dua server yang sudah dijelaskan di atas, server SAN ini juga memiliki harga yang jauh lebih tinggi.

Selain itu SAN ini memiliki inheren yang jauh lebih kompleks untuk bisa mengelola. Namun semua ini tentu saja akan sebanding dan juga cocok terlebih lagi memang server ataupun penyimpanan ini dikhususkan untuk bisnis ataupun usaha dengan kelas menengah ke atas.

  • Direct Attached Storage

Direct-Attached Storage (DAS) merujuk kepada sistem penyimpanan digital secara langsung yang sudah terpasang ke server ataupun workstation, tanpa storage network sebagai perantaranya. Dengan kata lain storage yang sudah menempel langsung atau point-to-point pada server ataupun komputer.

Penyimpanan DAS hanya bisa langsung diakses dari host dimana DAS sudah terpasang. Sebuah DAS tak akan memasukkan perangkat keras jaringan dan juga lingkungan operasi terkait untuk bisa memberikan fasilitas dalam berbagi sumber daya dari penyimpanan secara independen. Termasuk kedalam kategori Direct-Attached Storage yaitu jika Anda menggunakan eksternal storage yang dihubungkan langsung ke channel eksternal SCSI card yang sedang digunakan.

Teknologi ini juga cocok untuk berbagai kondisi yang memang membutuhkan akses cepat ke dalam system disk karena memang DAS memiliki transfer rate yg dirasa sangat cepat antara server dan juga hard disk. Jadi, sangat banyak aplikasi yang umumnya sangat compatible dengan teknologi ini. DAS juga sangat cocok untuk jaringan yang kecil. Dari segi biaya dan juga kapasitas media penyimpanan atau hard disk, maka teknologi ini juga masih jauh lebih murah jika dibandingkan dengan teknologi yang lainnya.

Itulah beberapa jenis server storage yang wajib Anda ketahui. Anda bisa menyesuaikan budget Anda jika ingin menggunakan salah satu jenis storage sever yang sudah di jelaskan diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *